Informasi penting
Amerika Serikat: Before you leave

TIPS SUKSES KULIAH S2 DI STANFORD ALA MAUDY AYUNDA

Simak tips bagaimana Maudy Ayunda berhasil menyelesaikan pendidikan magister di dua jurusan di Stanford University

TIPS SUKSES KULIAH S2 DI STANFORD ALA MAUDY AYUNDA

Aktor sekaligus penyanyi Maudy Ayunda mengumumkan kelulusannya dari Stanford University, Amerika Serikat, melalui akun Instagram bulan Juni lalu. Maudy Ayunda berhasil menyelesaikan pendidikan magister di dua jurusan di Stanford University, yakni Administrasi Bisnis dan Bidang Pendidikan. Pada artikel ini kita akan membahas tips sukses ala Maudy Ayunda sehingga dia berhasil lulus di Stanford University.

 


 

Tips 1

Gunakan ingatan. Setelah kamu membaca satu halaman, lihatlah dan ingat kembali ide-ide utamanya. Soroti sedikit demi sedikit, dan jangan pernah soroti apa pun yang belum kamu pikirkan terlebih dahulu dengan mengingatnya. Cobalah mengingat ide-ide utama ketika kamu berjalan ke kelas atau di ruangan yang berbeda dari tempat kamu mempelajarinya. Kemampuan mengingat-untuk menghasilkan ide-ide dari dalam diri sendiri-merupakan salah satu indikator kunci pembelajaran yang baik.


 

Tips 2

Uji dirimu. Pada segalanya. Sepanjang waktu. Minta bantuan temanmu untuk selalu mengujimu.

 

Tips 3

Pecahkan masalah kamu menjadi beberapa bagian. Ini disebut teknik Chunking, artinya memahami dan mempraktekkan dengan solusi masalah sehingga semuanya dapat muncul dalam pikiran secara cepat. Setelah kamu memecahkan masalah, berlatihlah. Pastikan kamu bisa menyelesaikannya dengan dingin di setiap langkah. Berpura-pura itu adalah sebuah lagu dan belajar memainkannya berulang-ulang dalam pikiran kamu, sehingga informasi tersebut digabungkan menjadi satu potongan halus yang dapat kamu tarik kapanpun kamu mau.

 

 

Tips 4

Beri jarak pengulangan pembelajaran kamu. Sebarkan pembelajaran kamu dalam mata pelajaran apa pun sedikit setiap hari, seperti seorang atlet. Otakmu seperti otot - ia hanya dapat menangani latihan dalam jumlah terbatas pada satu subjek pada satu waktu.

 

Tips 5

Alternatif teknik pemecahan masalah yang berbeda selama latihan kamu. Jangan pernah berlatih terlalu lama pada satu sesi dengan hanya menggunakan satu teknik pemecahan masalah—setelah beberapa saat, kamu hanya meniru apa yang kamu lakukan pada masalah sebelumnya. Campurkan dan kerjakan berbagai jenis masalah. Ini mengajarkan kamu bagaimana dan kapan menggunakan suatu teknik. (Buku umumnya tidak diatur dengan cara ini, jadi kamu harus melakukannya sendiri.) 

 

Setelah setiap tugas dan ujian, periksa kesalahan kamu, pastikan kamu memahami mengapa kamu membuatnya, dan kemudian ulangi solusi kamu. Untuk belajar paling efektif, tulis tangan (jangan ketik) masalah di satu sisi kartu flash dan solusi di sisi lain. (Tulisan tangan membangun struktur saraf yang lebih kuat dalam memori daripada mengetik.) Kamu juga dapat memotret jika kamu ingin memuatnya ke dalam aplikasi belajar di ponsel cerdas kamu. Kuis sendiri secara acak pada berbagai jenis masalah. Cara lain untuk melakukannya adalah dengan membolak-balik buku kamu secara acak, memilih masalah, dan melihat apakah kamu dapat menyelesaikannya dengan dingin.

 

 

 

 

Tips 6

Istirahat. Adalah umum untuk tidak dapat memecahkan masalah atau menemukan konsep dalam matematika atau sains saat pertama kali kamu menemukannya. Inilah sebabnya mengapa sedikit belajar setiap hari jauh lebih baik daripada banyak belajar sekaligus. Ketika kamu merasa frustasi dengan masalah matematika atau sains, istirahatlah agar bagian lain dari pikiran kamu dapat mengambil alih dan bekerja di latar belakang.

 

Tips 7

Gunakan pertanyaan penjelasan dan analogi sederhana. Kapan pun kamu bergumul dengan sebuah konsep, pikirkan pada diri kamu sendiri, Bagaimana saya bisa menjelaskan ini sehingga anak berusia sepuluh tahun dapat memahaminya? Menggunakan analogi sangat membantu, seperti mengatakan bahwa aliran listrik seperti aliran air. Jangan hanya memikirkan penjelasan kamu—ucapkan dengan lantang atau tulis. Upaya tambahan untuk berbicara dan menulis memungkinkan kamu untuk menyandikan lebih dalam (yaitu, mengubah menjadi struktur memori saraf) apa yang kamu pelajari.

 

 

Tips 8

Fokus. Mematikan semua notifikasi dan alarm yang mengganggu di ponsel dan komputer kamu sangat membantu, lalu nyalakan timer selama dua puluh lima menit. Fokuslah dengan sungguh-sungguh selama dua puluh lima menit itu dan cobalah untuk bekerja dengan tekun semampu kamu. Setelah penghitung waktu berbunyi, beri diri kamu hadiah kecil yang menyenangkan. Beberapa sesi ini dalam sehari benar-benar dapat memajukan studi kamu. Cobalah untuk mengatur waktu dan tempat di mana belajar-tidak melirik komputer atau ponsel kamu-adalah sesuatu yang biasa kamu lakukan.

 

Tips 9

Lakukan hal tersulit paling awal di hari itu, ketika kamu masih segar.

 

 

Tips 10

Buat afirmasi positif. Bayangkan dari mana kamu berasal dan bandingkan itu dengan mimpi tentang kemana studi kamu akan membawa kamu. Posting gambar atau kata-kata di ruang kerja kamu untuk mengingatkan kamu tentang impian kamu. Lihatlah ketika kamu menemukan motivasi kamu tertinggal. Pekerjaan ini akan membuahkan hasil untuk kamu dan orang yang kamu cintai!

 

 

 

Baca juga:

7 TIPS SUKSES TEMBUS KULIAH DI IVY LEAGUE

BIAYA KULIAH DI AMERIKA SERIKAT

10 UNIVERSITAS DENGAN BIAYA TERJANGKAU DI AMERIKA SERIKAT

 

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Amerika'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Amerika Serikat dalam satu buku digital praktis.