Informasi penting
Amerika Serikat: Once you arrive

5 TIPS UNTUK KEAMANAN ANDA DI AMERIKA SERIKAT

share image

Amerika Serikat merupakan destinasi kuliah populer di dunia. Daerah-daerah yang terkenal sebagai kota pelajar kadang mengundang kejadian kriminal, karena para pelaku kriminal membidik laptop dan gadget yang selalu dibawa oleh para mahasiswa. Berikut ini ada beberapa tips untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan:

 

Kurangi aktifitas di malam hari

Sebaiknya hindari mengunjungi tempat asing di malam hari, karena akan lebih gampang tersesat. Jika Anda harus keluar di malam hari, hindarilah tempat-tempat yang sepi atau lorong-lorong yang gelap. Ada baiknya Anda bertanya kepada pihak universitas atau senior Anda mengenai kondisi keamanan sekitar. Jika Anda bekerja sampai malam di perpustakaan atau laboratorium, atau Anda harus belajar hingga larut malam untuk mempersiapkan ujian di perpustakaan, ajaklah seseorang untuk mengantarkan Anda pulang, atau jika bisa, jangan bawa laptop atau gadget lain yang mengundang perhatian.

 

Berteman

Memiliki banyak teman akan memberikan Anda banyak keuntungan. Anda jadi punya banyak teman yang bisa menemani Anda kemana saja. Jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, Anda bisa mengharapkan bantuan teman. 

 

Media Sosial

Kadang para mahasiswa suka meng-update status mereka di media sosial, atau ‘check in’ di lokasi tertentu. Hal ini secara tidak langsung memberitahukan posisi Anda dan kebiasaan hidup Anda. Jika informasi ini dimanfaatkan oleh orang yang memiliki niat buruk terhadap Anda, tentunya akan sangat membahayakan kemanan Anda.

 

Kartu Identitas

Perolehlah kartu identitas begitu Anda tiba di Amerika, misalnya kartu mahasiswa. Karena biasanya untuk masuk ke bar atau memesan minuman beralkohol diperlukan kartu identitas. Biasanya mahasiswa tahun pertama yang belum memiliki kartu identitas harus menunjukkan paspor mereka. Tetapi lebih baik paspor Anda disimpan di tempat yang aman daripada selalu dibawa setiap kali Anda berpergian, karena kesempatan untuk hilang lebih besar. Sebagai ganti paspor untuk menunjukkan identitas Anda, milikilah kartu identitas.

 

Keamanan di tempat tinggal

Ketika mencari akomodasi, perhatikanlah fasilitas keamanan sekitar seperti apakah bangunan tersebut mengharuskan kata sandi untuk keluar masuk? Kondisi jendela dan pintu juga perlu diperhatikan. Hindari jendela yang terlalu rendah karena akan lebih dimasuki oleh orang luar.

 

 

BACA JUGA:

KEBIJAKAN IMIGRASI TERBARU AMERIKA SERIKAT AKAN MEMBANTU MAHASISWA INTERNASIONAL

MENGAJUKAN VISA PELAJAR UNTUK AMERIKA SERIKAT

APA YANG POPULER DI AMERIKA SERIKAT?                

PELAYANAN KESEHATAN MAHASISWA DI AMERIKA

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Amerika'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Amerika Serikat dalam satu buku digital praktis.