Informasi penting
Amerika Serikat: Info Jurusan

KULIAH SEKALIGUS MENGEJAR IMPIAN BERMUSIK DI LOS ANGELES

share image

Kalau membahas film-film musikal terbaik dalam dekade terakhir, pasti wajib hukumnya membahas La La Land. Selain menyentuh hati, perjalanan dua pekerja seni meraih mimpi mereka di Los Angeles dalam film ini juga menginspirasi banyak orang untuk mengejar cita-cita di kota tersebut. Hal ini memang wajar, berhubung Los Angeles alias 'La La Land' adalah salah satu pusat industri kreatif terbesar di dunia saat ini. Menurut 2018 Otis Report on the Creative Economy, industri kreatif di LA menghasilkan USD 198 miliar di tahun 2017 dan tingkat penyerapan tenaga kerjanya terus meningkat pesat tiap tahunnya.

 

Sebastian, tokoh utama La La Land, tinggal di LA karena kota tersebut merupakan salah satu pusat industri musik global. Buktinya adalah fakta bahwa penghargaan Grammy selalu diadakan di kota ini. Jadi kalau kamu punya target untuk sukses di industri musik global seperti Sebastian, kuliah di LA patut kamu pertimbangkan. Mengejar gelar akademis di kota ini bisa memberimu kesempatan untuk bertemu dan bekerjasama dengan berbagai musisi berbakat serta pelaku industri musik lainnya. Lowongan di LA yang tersedia untuk lulusan jurusan musik pun beragam, mulai dari musisi klasik sampai komposer film.

 

Tertarik untuk kuliah musik di LA? Coba cek dulu beberapa tempat kuliah yang direkomendasikan Hotcourses Indonesia berikut ini:

 

 

1. University of Southern California

(Peringkat 18 di AS versi Times Higher Education)

University of Southern California berdiri pada tahun 1880 dan fakultas musiknya, USC Thornton School of Music, didirikan 4 tahun setelahnya. Universitas ini dielu-elukan sebagai pemilik program pendidikan musik terbaik untuk genre klasik dan jazz. Kalau kamu lebih tertarik akting seperti Mia di La La Land, USC juga memiliki program sarjana untuk jurusan Musical Theatre!

 

Alumni ternama dari USC Thornton School of Music antara lain Lee Ritenour (pemain gitar genre jazz), Sara Gazarek (pemenang Outstanding Jazz Vocalist Award dari Ella Fitzgerald Foundation) dan MUNA (band dengan genre dark-pop)

 

Berminat kuliah di University of Southern California? Lihat dulu semua jurusan musik yang terbuka bagi mahasiswa internasional di USC untuk program S1 dan pascasarjana.

 

 

 

 

2. University of California, Los Angeles

(Peringkat 25 di AS versi Times Higher Education)

Universitas ini pertama kali berdiri pada tahun 1919, namun baru resmi dinamakan UCLA di tahun 1927. Fakultas musik universitas ini didirikan pada tahun 2007 dan menawarkan 5 program sarjana serta 7 program pascasarjana untuk mahasiswa internasional. Uniknya, UCLA juga mengajarkan musik tradisional Bali di bawah bimbingan Prof. I Nyoman Wenten dari Departemen Etnomusikologi.

 

Alumni berprestasi dari fakultas musik UCLA antara lain: James Horner (komposer musik untuk film Avatar dan Titanic), Randy Newman (komposer musik untuk film Toy Story) dan John Williams (komposer musik untuk film Star Wars dan Jaws). Jadi kalau kamu tertarik menjadi komposer musik film, UCLA mungkin pilihan tepat untukmu.

 

Mau sekolah di UCLA? Coba telusuri dulu program S1 dan pascasarjana di bidang musik yang bisa diambil mahasiswa asal Indonesia di universitas ini.

 

 

3. Loyola Marymount University

(Peringkat 90 di AS versi Times Higher Education)

Didirikan pada tahun 1865, LMU memiliki jurusan musik yang berfokus pada pendidikan musik klasik. Jurusan ini hanya memiliki 1 program sarjana musik dengan 6 penjurusan spesifik: Instrumental Studies, Vocal Studies, Theory/Composition, Musicology, Ethnomusicology, dan Conducting. Selain itu, LMU juga menawarkan program sarjana Recording Arts untuk kamu yang tertarik bekerja di bidang pengolahan audio dan musik untuk berbagai proyek multimedia seperti film, TV dan game.

 

Beberapa alumni sukses dari LMU adalah Michael Shuman (pemain bass band Queens of the Stone Age) dan Mario A. Vitale (editor musik untuk film Thor dan The Avengers)

 

Berminat kuliah di Loyola Marymount University? Klik di sini untuk informasi perkiraan biaya hidup dan kuliah di sana.

 

 

4. Colburn School

Keistimewaan institusi pendidikan yang berdiri tahun 1950 ini adalah semua mahasiswanya mendapatkan beasiswa penuh yang meliputi biaya kuliah, akomodasi dan makanan harian. Untuk jurusan musik, Colburn School hanya memiliki 1 program Bachelor of Music dan 1 program Master of Music. Alumni ternama dari Colburn school antara lain adalah Albert Cano Smit (juara pertama 2017 Naumberg International Piano Competition) dan Tamaki Kawakubo (juara pertama 2001 Pablo de Sarasate International Violin Competition)

 

Masih ingin melihat universitas-universitas lain di dunia yang menawarkan jurusan musik? Coba klik di sini untuk melihat daftar lengkapnya.

 

Kalau kamu masih bingung menentukan universitas luar negeri terbaik untukmu dari daftar di atas, langsung saja daftar untuk konsultasi GRATIS dengan konselor IDP Education. Kamu akan mendapatkan informasi lengkap serta bimbingan untuk bisa kuliah jurusan musik di universitas terbaik mancanegara!

 

 

Sumber:

Universities.com

Colburnschool.edu

Wikipedia.org

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Amerika'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Amerika Serikat dalam satu buku digital praktis.