Informasi penting
Amerika Serikat: Pendaftaran Universitas

4 hal yang perlu kamu ketahui tentang kuliah di Amerika Serikat

share image
1455

Kehidupan kampus di universitas Amerika dapat menjadi suatu tantangan bagi mahasiswa internasional, terutama jika yang berasal dari latar belakang budaya yang berbeda. Dengan lebih dari 3.000 institusi pendidikan tinggi yang ada, dan sekitar 20,4 juta mahasiswa, ada saatnya mahasiswa internasional merasa “hilang”.

 

Tetapi jangan khawatir, ini adalah fenomena yang sangat umum, Ingatlah kalau kamu tidak sendirian. Terdapat lebih dari 1,2 juta mahasiswa internasional yang kuliah di Amerika Serikat, dan dengan beberapa tips mudah di bawah ini, kamu tetap bisa merasa nyaman seperti di rumah selagi menikmati pengalaman universitas Amerika yang menarik.

 

 

1. Tahu ‘aturan main’

 

Mengetahui hirarki dan struktur universitas bisa membantu kamu lebih mudah berbaur dan menjadi bagian dari komunitas, juga membantu kamu untuk mengetahui dimana kamu dapat menemukan bantuan ketika membutuhkannya. Sebelum masuk ke universitas Amerika, penting bagi kamu untuk melakukan beberapa penelitian tentang struktur, ekspektasi dan perbendaharaan kata akademik Amerika Serikat.

 

Dengan melihat titel seperti president (kepala petugas operasional), provost (kepala petugas akademik), registrar (yang bertanggung jawab dalam proses pendaftaran), resident director (yang bertanggung jawab akan akomodasi/asrama), dan banyak lagi akan membantu kamu untuk menemukan orang yang tepat.

 

Sistem penilaian di Amerika Serikat adalah berdasarkan persentase, dan kemudian dikonversikan kedalam penilaian huruf. Silabus program, biasanya sudah dibagikan ketika awal mulainya program, termasuk bagaimana nilai akhir didapatkan. Sebagai catatan, mendapatkan nilai bagus di setiap tes tidak berarti kamu bisa mendapatkan nilai akhir yang sempurna. Karena banyak program yang juga memperhitungkan partisipasi, kehadiran, tugas dan hal lainnya kedalam nilai akhir. Setiap program berbeda, akan tetapi silabus berfungsi sebagai pedoman yang disepakati antara mahasiswa dan dosen.

 

 

 

2. Ketahui beragam layanan mahasiswa yang tersedia

 

Kantor internasional di setiap universitas tidak saja menjadi tempat berkumpul mahasiswa internasional. Kantor ini berfungsi sebagai titik awal hubungan kamu dengan universitas dan menjadi rumah baru kamu di sana.

 

Tidak yakin kemana harus bertanya? Mulai dengan kantor internasional, dan mereka akan memberikan nasihat dan langkah terbaik untuk kamu. Jangan lupa bahwa mereka adalah para profesional yang terlatih untuk membimbing dan membantu kamu.

 

Selain kantor internasional, universitas Amerika Serikat menawarkan beragam layanan bantuan mahasiswa khusus untuk memastikan semua mahasiswa menemukan bantuan/dukungan yang mereka butuhkan untuk dapat sukses dalam pendidikan. Misalnya, di kampus kamu akan menemukan bantuan untuk menulis, perawatan medis ketika sakit, atau tempat konsultasi/curhat ketika kamu sedang depresi.

 

Luangkan waktu untuk menjelajahi sekitar kampus dan pelajari beragam layanan dukungan mahasiswa yang penting untuk kamu ketahui, misalnya: layanan akomodasi, layanan konseling, pusat kesehatan mahasiswa, bantuan hukum, keamanan kampus, layanan tutor dan pusat penulisan.

Selain layanan di atas, kampus juga biasanya menawarkan bantuan seperti beasiswa, bantuan penelitian dan mentor.

 

 

3. Bergaul dan mengambil catatan

 

Kuliah di luar negeri adalah kesempatan unik untuk belajar budaya baru. Akan tetapi, jangan lupa kamu juga bisa memaparkan komunitas baru kamu tentang budaya kamu sendiri.

 

Mengatakan ya adalah kesempatan bagi kamu untuk belajar hal ini dan bertemu dengan teman baru. Walaupun lebih mudah berkumpul bersama mahasiswa internasional lain, cobalah juga untuk bergaul dengan mahasiswa Amerika. Banyak organisasi mahasiswa di universitas kamu yang dapat kamu ikuti.

 

Jangan canggung ketika bertemu dengan mahasiswa Amerika Serikat. Sebagai mahasiswa internasional berati kamu memiliki pandangan yang tidak dimiliki orang lain. Cobalah untuk berlatih bagaimana mengenalkan diri kamu kepada orang lain, hal ini akan memudahkan orang lain untuk mengenal kamu.

 

 

 

4. Tidak perlu mengetahui semuanya & jangan takut untuk bertanya

 

Jangan pernah ragu untuk bertanya jika kamu ingin mendapatkan jawaban tentang hal yang tidak kamu mengerti.

 

Walaupun penting untuk mempersiapkan perbedaan budaya dan mengenal kampus, kehidupan kuliah berarti juga waktu untuk belajar dan menjelajahi sebagai komunitas. Sangat membantu untuk ingat bahwa banyak mahasiswa lain juga yang berasal dari tempat yang jauh.

 

Sebagai penutup, ini yang harus kamu ingat: cari tahu layanan bantuan yang tersedia, katakan ya pada semua hal, dan jangan lupa untuk bergaul dengan orang lain sebanyak-banyaknya.

 

Pada umumnya, rasa tidak aman dan bingung disebabkan oleh mahasiswa internasional belum mengenal ‘medan’. E-book gratis ini mengulas lengkap tentang Amerika dan panduan untuk kuliah di sana. Semoga E-book ini bisa membantu persiapan kuliahmu dengan lebih mantap.

 

 

 

 

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Amerika'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Amerika Serikat dalam satu buku digital praktis.

Mencari jurusan

Amerika Serikat
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

author image