Australian Catholic University - image gallery 1

Ikhtisar

Australian Catholic University (ACU) terkenal di dunia karena kualitas pengajaran dan penelitiannya. Universitas ini berperingkat sebagai universitas Katolik nomor satu dan berada di 80 universitas teratas di kawasan Asia-Pasifik (Times Higher Education Asia-Pacific University Rankings 2019). ACU berada dalam peringkat dua persen teratas dari universitas di seluruh dunia dan merupakan salah satu dari 100 universitas baru terbaik (THE Young University Rankings 2019).

ACU berkembang pesat selama beberapa tahun terakhir dan sekarang memiliki delapan kampus di seluruh Australia - di Adelaide (saat ini tidak tersedia untuk mahasiswa internasional), Ballarat, Brisbane, Canberra, Melbourne dan Sydney (Blacktown, North Sydney dan Strathfield) - dan kampus internasional di Roma, Italia. Universitas ini ditempatkan secara ideal untuk memberikan pendidikan yang sangat baik. Hal tersebut tercermin dari tingginya tingkat kepuasan mahasiswa sehingga menempatkan ACU dalam posisi sepuluh besar di Australia. Penelitian di ACU dievaluasi oleh Excellence in Research for Australia (ERA) dan mendapatkan penilaian jauh melampaui kelas dunia di sejumlah besar bidang.

ACU bangga karena mampu menyediakan lingkungan yang ramah dan inklusif bagi para mahasiswa internasional. Kampus multikultural ACU menunjukkan keberagaman komunitas mahasiswa. Universitas ini sangat dihormati oleh para mahasiswa, dianugerahi lima bintang untuk tingkat keterlibatan mahasiswa, pengembangan keterampilan dan pekerjaan penuh waktu (Good Universities Guide 2020).

Universitas ini secara aktif terlibat dalam industri dan memberikan para mahasiswa kesempatan yang luas untuk penempatan profesional, pengalaman kerja langsung dan layanan masyarakat yang bermakna. Hal inilah yang menempatkan ACU dalam tiga universitas teratas di Australia untuk tingkat prospek kerja lulusan berdasarkan Survey Hasil Lulusan dari Pemerintah Federal, 2019.

Para mahasiswa memiliki kesempatan untuk mengalami kehidupan yang dinamis dan menyenangkan di ACU, dengan tersedianya beragam aktivitas mulai dari pelajaran gitar hingga kegiatan olahraga. Partisipasi dalam kegiatan ekstra kurikuler di ACU memberi para mahasiswa kesempatan yang ideal untuk bersosialisasi dan bertemu teman-teman baru.

Australian Catholic University - image gallery 2

Yang Terbaru

THE Peringkat Dampak

ACU adalah salah satu dari 101-200 universitas terbaik dalam Times Higher Education Impact Rankings 2020. Peringkat tersebut mengukur dampak universitas terhadap masyarakat, sejalan dengan keberhasilannya dalam memenuhi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG) PBB. ACU terkenal karena keunggulannya dalam bidang-bidang SDG berikut ini:

  • Kesehatan dan Kesejahteraan yang Baik: ke-8 secara global
  • Pendidikan Berkualitas: ke-86 secara global
  • Kesetaraan Gender: ke-23 secara global
  • Kedamaian, Keadilan, dan Kelembagaan yang Kuat: ke-46 secara global

Kampus ACU Blacktown

Mulai 2021, ACU akan meluncurkan program S1 dan S2 di kampus terbarunya di Blacktown. Para mahasiswa di kampus Blacktown akan bergabung dengan komunitas kecil yang merawat mereka berkat dukungan dari kemitraan lokal dan peluang internasional. 

EAP online

Pusat Bahasa ACU baru-baru ini meluncurkan kursus EAP online. Kursus ini mencakup muatan yang sama dengan kursus EAP tatap muka dan mengembangkan kemahiran bahasa Inggris dan keterampilan akademik yang diperlukan untuk berhasil di universitas di Australia.

Kursus online ini menggabungkan pengalaman kelas interaktif online dengan kerja kolaboratif sejawat, serta konsultasi individu dengan para guru dan bimbingan dengan penilaian. Keberhasilan penyelesaian EAP online akan memberi peluang jalur langsung ke berbagai program S1,S2 dan S3 ACU.

Respon untuk Covid-19

ACU telah membuat penyesuaian cepat untuk mengakomodasi para mahasiswa dalam konteks pandemi COVID-19. Universitas ini terus memantau situasi dengan cermat dan selalu mengikuti perkembangan terbaru dari dampak keputusan pemerintah tentang kebijakan, perawatan kesehatan dan perlindungan perbatasan.

Layanan dukungan khusus universitas untuk para mahasiswa internasional selalu memberikan dukungan mahasiswa yang disesuaikan kebutuhan individu. Penasihat mahasiswa internasional tersedia untuk konsultasi privat dan untuk memberikan nasihat tentang layanan seperti akomodasi, dukungan untuk masalah keuangan, konseling, pengembangan karir, layanan hukum, layanan mahasiswa dan pelayanan kampus.

Australian Catholic University - image gallery 3

Struktur Departemen

Australian Catholic University (ACU) menawarkan pilihan studi di sejumlah fakultas:

Fakultas Pendidikan dan Seni

Fakultas Pendidikan dan Seni Australian Catholic University meliputi Jurusan Seni Nasional dan Jurusan Pendidikan Nasional, dan merupakan pencetak tenaga pengajar penting di Australia. Fakultas Pendidikan dan Seni mengajak para mahasiswa yang ingin mendalami beragam permasalahan rumit dalam bidang pendidikan, pekerjaan generasi muda, studi global, media, komunikasi dan desain.

Fakultas Ilmu Kesehatan

Fakultas Ilmu Kesehatan adalah fakultas terbesar di ACU dan merupakan pencetak profesi perawat, bidan serta paramedis terkemuka di Australia. Fakultas ini terdiri dari tiga jurusan, yaitu Kesehatan Terpadu, Ilmu Perilaku dan Kesehatan, serta Keperawatan, Kebidanan, dan Ilmu Paramedis. Jurusan-jurusan ini berfokus pada keunggulan, inovasi dan dampak pada masyarakat di semua bidang studi.

Fakultas Hukum dan Bisnis

Fakultas Hukum dan Bisnis merayakan kesuksesan keberlanjutan dengan sentuhan manusia serta dengan menekankan tanggungjawab sosial, etika, lingkungan serta sistem hukum dan komersial. Fakultas Thomas More dan Fakultas Bisnis Peter Faber menyampaikan program-program studi bidang hukum, akuntansi, keuangan, sumber daya manusia dan pemasaran.

Fakultas Teologi dan Filsafat

Fakultas Teologi dan Filsafat ACU berperingkat teratas di dunia untuk studi agama dan ketuhanan, serta teologi. Para mahasiswa belajar memadukan keahlian-keahlian baru dengan etika-etika serta rasa haus akan kebenaran dan ilmu. Fakultas ini terbagi menjadi Jurusan Teologi dan Jurusan Filsafat, dan juga memberikan layanan konsultasi profesional untuk beragam organisasi Katolik.

Australian Catholic University - image gallery 4

Pusat Bahasa ACU

Kursus bahasa Inggris ACU membantu para mahasiswa menuju program bergelar di ACU, mempersiapkan mereka untuk cakap berkomunikasi dalam bahasa Inggris di tempat kerja, dan membantu mereka berhasil dalam ujian IELTS atau OET.

Semua pusat bahasa berlokasi di kampus ACU (Brisbane, Melbourne dan North Sydney), sehingga para mahasiswa memiliki akses lengkap dan langsung ke fasilitas ACU sejak hari pertama menjadi mahasiswa. Belajar di ACU lebih dari sekadar menghadiri kelas, para mahasiswa akan memiliki kesempatan untuk berinteraksi, berteman dan melatih kemampuan bahasa Inggris mereka dengan para mahasiswa lokal. Para mahasiswa dapat memilih untuk belajar dari kursus-kursus berikut:

  • Persiapan menuju ACU: Bahasa Inggris Akademik, Studi Awal dan Persiapan Tersier (Ilmu Kesehatan)
  • Bahasa Inggris untuk Mobilitas Global: Bahasa Inggris Umum untuk komunikasi sehari-hari atau untuk tujuan kerja
  • Persiapan Tes: Persiapan IELTS, IELTS online, dan Persiapan OET

Pusat Bahasa ACU diakreditasi oleh Badan Standar Kualitas Pendidikan Tersier Pemerintah Australia (TEQSA), kualitas terjamin oleh NEAS, dan merupakan anggota dari badan-badan profesional terkemuka: Pusat Bahasa Inggris Australia dan Universitas Inggris Australia (UECA).

Australian Catholic University - image gallery 5

Persyaratan Pendaftaran

Semua program dan penilaian yang ditawarkan di Australian Catholic University (ACU) disampaikan dalam bahasa Inggris. Para mahasiswa wajib mendemonstrasikan kemahiran bahasa Inggris mereka ke pihak universitas untuk memaksimalkan studi.

Jika para mahasiswa bukanlah penutur asli bahasa Inggris, mereka harus menyelesaikan tahun terakhir pendidikan Australia (Year 12), atau memiliki kualifikasi alternatif yang setara.

Jika para mahasiswa bukanlah penutur asli bahasa Inggris, mereka perlu menunjukkan bukti kelancaran berbahasa Inggris dengan penilaian, kualifikasi atau hasil tes terbaru.

Penilaian, kualifikasi atau hasil tes yang diserahkan para mahasiswa harus merupakan hasil yang diperoleh dalam waktu dua tahun terakhir sebelum memulai perkuliahan di ACU.

Persyaratan Kemahiran Berbahasa Inggris

Para mahasiswa yang ingin mendaftar ke ACU dapat mengikuti penilaian kelancaran berbahasa Inggris berikut ini:

  • Tes Inggris ACU
  • Test of English as a Foreign Language (TOEFL)
  • Pearson Test of English (PTE)
  • International English Language Testing System (IELTS)
  • Cambridge Advanced English (CAE)
Australian Catholic University - image gallery 6

Cara Pendaftaran

Para mahasiswa harus memastikan mereka memiliki salinan yang telah dilegalisir untuk semua dokumen yang diperlukan untuk pendaftaran. Dokumen-dokumen tersebut termasuk:

  • Bukti Kemahiran Berbahasa Inggris
  • Paspor
  • Kualifikasi-kualifikasi akademik (sertifikat kelulusan dan transkrip)
  • Dokumen-dokumen lain yang mendukung pendaftaran para mahasiswa termasuk bukti pendaftaran profesional, pengalaman kerja, serta surat-surat referensi yang sesuai dengan program mereka.

Dokumen-dokumen yang terlegalisir

Salinan dari dokumen-dokumen resmi harus dilegalisir. Salinan yang terlegalisir adalah fotokopi dari dokumen asli yang telah diverifikasi sebagai salinan asli.

Pendaftaran

Ketika para mahasiswa telah siap untuk mendaftar, mereka dapat mendaftar melalui metode-metode berikut ini:

  • Sistem pendaftaran online ACU
  • Agen pendidikan resmi di negara asal mahasiswa
  • Mendaftar secara langsung di kantor internasional ACU di kampus-kampus Melbourne, Brisbane, atau Sydney.
Australian Catholic University - image gallery 7

Beasiswa dan Pendanaan

Terdapat sejumlah beasiswa yang ditawarkan bagi para mahasiswa internasional di Australian Catholic University (ACU). Beasiswa untuk mahasiswa internasional paling populer antara lain:

Beasiswa Mahasiswa Internasional ACU

Beasiswa Mahasiswa Internasional ACU diberikan kepada para mahasiswa internasional S1, S2 dan S3 yang memulai pendidikan mereka di universitas dan telah menunjukkan prestasi akademik yang sangat baik dalam studi mereka sebelumnya. Pelamar yang berhasil akan menerima pengurangan setengah biaya total kuliah purnawaktu untuk durasi minimum program yang diambil (termasuk RPL/Kredit).

Beasiswa Keunggulan Global ACU

Dalam rangka merayakan keberhasilan ACU dalam peringkat global, Sekolah Bisnis Peter Faber akan memberikan beasiswa hingga AUD5.000 per tahun untuk para mahasiswa yang mendaftar untuk program bisnis dan teknologi informatika. Para mahasiswa dapat menerima beasiswa setiap tahun perkuliahan, jika mereka telah berhasil lulus setidaknya 3 mata kuliah per semester.

close