Foundation Studies

Trinity College - The University of Melbourne - image gallery 1

Ikhtisar

Didirikan pada tahun 1870, Trinity College merujuk pada model kolese di Oxford dan Cambridge, Inggris. Trinity merupakan kolese residensial di University of Melbourne, dengan afiliasi yang dimulai pada tahun 1876. Mahasiswa internasional berbakat yang ingin berkuliah di University of Melbourne dapat mengikuti jalur persiapan di Trinity College Foundation Studies (TCFS) yang sangat berkualitas. Terdapat sekitar 25% mahasiswa S1 internasional di University of Melbourne yang berasal dari program Foundation di Trinity.

TCFS merupakan program Foundation satu-satunya yang memberikan jaminan masuk ke program S1 di University of Melbourne, bagi mahasiswa yang memenuhi nilai-nilai persyaratan. Diajar oleh para dosen terbaik, program TCFS sangat ketat dan menantang. Program ini telah dirancang bersama dengan University of Melbourne, dengan pengawasan dari dewan akademis universitas.

Menerima mahasiswa berprestasi dari lebih dari 60 negara, Trinity bangga akan sejarah yang kaya sejak 140 tahun yang lalu. Berlokasi hanya satu setengah kilometer dari pusat kota, Trinity College berada di kampus University of Melbourne yang tenang dan damai.

Trinity College - The University of Melbourne - image gallery 2

Yang Terbaru

Mahasiswa Trinity meraih penghargaan di kompetisi robotika nasional di Australia.

Rechel Ye, mahasiswa Trinity College Foundation Studies meraih Juara Keterampilan Robot dan Juara Turnamen (VRC/VEXU) di kompetisi robot nasional Australia. Dengan kemenangan tersebut, ia akan mengikuti Kejuaraan Robotika Dunia 2019 di Amerika Serikat.

Rachel sangatlah berdedikasi, menghabiskan minimal 12 jam sehari untuk menggeluti robotika. Trinity College mendukungnya dalam hal menyeimbangkan perkuliahan dan pengembangan robotnya, serta mendorongnya untuk mengikuti kejuaraan nasional.

Desain robot mengharuskan mereka untuk dapat membawa bola dan menembakkannya pada target-target yang berbeda. “Robotika seperti merawat seorang anak dan melihatnya tumbuh dan berkembang, menggunakan sarana kreatif dan logis,” ujar Rachel. “Ketika saya membuat robot, saya memulai dengan dasarnya, kemudian bereksperimen dengan berbagai metode untuk menembak bola, seperti menggunakan ketapel atau pukulan,” jelas Rachel.

Kini berada di peringkat pertama di Australia, Rachel berhasil memenangkan beberapa kompetisi robotika nasional dan menghargai kebebasan dan dukungan yang diberikan oleh Trinity College dalam bidang akademis maupun robotika.

Trinity College - The University of Melbourne - image gallery 3

Kualitas Pengajaran

Mahasiswa foundation meraih bimbingan individu dalam memilih jalur masuk yang paling ideal ke University of Melbourne, yang merupakan universitas terkemuka di dunia atas keungglan akademis dan penelitiannya. Selain mempelajari dua mata kuliah utama, mahasiswa foundation akan belajar 3 dari 11 mata kuliah pilihan.

Bimbingan dari para staf membantu mahasiswa memilih program yang dapat secara langsung masuk ke program S1 pilihan mereka di University of Melbourne. Program-program ini memastikan mahasiswa mempelajari berbagai mata kuliah prasyarat program S1 dan memberikan mereka peluang untuk meningkatkan nilai TCFS mereka, yang menjamin mereka diterima di universitas.

Dengan pengalaman 30 tahun, Trinity College menawarkan silabus yang fleksibel yang mempersiapkan mahasiswa untuk berbagai pilihan jurusan di berbagai universitas terkemuka di Australia. University of Melbourne juga merupakan universitas terkemuka di Australia berdasarkan Times Higher Education Rankings 2019.

Trinity College - The University of Melbourne - image gallery 4

Program Jalur Masuk ke Universitas

Program Trinity College Foundation Studies dirancang secara khusus bagi mahasiswa internasional yang memenuhi persyaratan masuk akademis dan Bahasa Inggris. Program ini juga berguna bagi mahasiswa yang ingin mencoba kehidupan universitas di Australia dan masuk ke University of Melbourne atau universitas-universitas lain di Australia.

Program ini menawarkan jalur masuk langsung ke program S1 di University of Melbourne. Program-program ini memberikan fokus rumpun bidang, peluang bagi mahasiswa untuk belajar sesuai gaya mereka, bimbingan personal, serta pengalaman universitas untuk mempersiapkan mereka untuk pendidikan di universitas.

Trinity College menyelenggarakan salah satu program foundation terbaik di Australia, mempersiapkan lebih dari 1.500 mahasiswa internasional setiap tahunnya untuk kesuksesan mereka di University of Melbourne, dan universitas-universitas lain di Australia.

Trinity College - The University of Melbourne - image gallery 5

Cara Pendaftaran

Langkah-langkah Pendaftaran

Mahasiswa internasional mengunjungi situs dan mengikuti langkah-langkah pendaftaran ke Trinity College.

Setelah pendaftaran berhasil, mahasiswa akan menerima surat penawaran yang berisi informasi mengenai penerimaan, tanggal masuk kuliah, biaya perkuliahan, dan informasi lain yang relevan.

Menerima Penawaran

Untuk menerima penawaran, mahasiswa harus:

  • memenuhi seluruh persyaratan yang tercantum di surat penawaran.
  • membubuhkan tanda tangan dan tanggal di halaman penerimaan.
  • membayar cicilan pertama yang tercantum di surat penawaran.

Metode Pembayaran Biaya Perkuliahan

Mahasiswa dapat membayar biaya perkuliahan melalui kartu kredit, bank draft, atau transfer.

Akomodasi bagi Mahasiswa

Mahasiswa yang berusia di bawah 18 tahun harus mendapat persetujuan dari Trinity College akan pilihan akomodasi mereka sebelum mengajukan visa pelajar.

Konfirmasi Penerimaan

Setelah melakukan pembayaran dan memenuhi persyaratan dari Departemen Dalam Negeri, Trinity College akan mengkonfirmasi penerimaan mahasiswa.

Pendaftaran Visa

Mahasiswa harus menunjukkan surat Konfirmasi Penerimaan elektronik (e-COE), surat CAAW (bagi mahasiswa berusia di bawah 18 tahun), dan dokumen-dokumen lain yang dipersyaratkan untuk mengajukan visa pelajar.

Trinity College - The University of Melbourne - image gallery 6

Beasiswa & Pendanaan

Pada tahun 2020, Trinity College akan memberikan 40 potongan biaya perkuliahan senilai 50% bagi mahasiswa baru program foundation. Beasiswa ini dialokasikan secara kompetitif dan akan diberikan berdasarkan prestasi akademis mahasiswa.

Untuk memenuhi persyaratan beasiswa, calon mahasiswa harus memiliki nilai-nilai yang sangat baik di tingkat SMA/sederajat, bukan penduduk tetap Australia, dan telah mengirimkan formulir pendaftaran Trinity College Foundation Studies. Pendaftaran terpisah untuk beasiswa tidak diperlukan.

Terdapat empat putaran seleksi dengan jumlah beasiswa yang ditentukan untuk setiap putaran:

  • November 2019 untuk periode masuk Januari hingga Maret 2020
  • April 2020 untuk periode masuk Juli 2020
  • Mei 2020 untuk periode masuk Agustus 2020
  • Juli 2020 untuk periode masuk Oktober 2020

Kandidat yang lolos akan dinotifikasi melalui email dalam waktu dua minggu setelah putaran seleksi.

Trinity College - The University of Melbourne - image gallery 7

Lokasi

Australia merupakan negara yang terkenal akan kota-kota pesisir dan pantai, situs-situs budaya, margasatwa yang unik, kuliner berkelas dunia, prestasi olahraga, dan populasi multibudaya.

Mengapa Melbourne?

Sering terpilih sebagai salah satu kota paling layak huni di dunia, Melbourne merupakan tempat yang menarik dan menghibur. Melbourne adalah kota modern yang multibudaya dengan populasi empat juta jiwa, terkenal akan arsitekturnya, keberagaman, trem, surga belanja, dan olahraga. Kota Melbourne juga terkenal akan kopi dan kulinernya, dengan banyak restoran dan kafe tersembunyi untuk dijelajahi.

Melbourne dinilai sebagai pusat budaya Australia dan merupakan rumah bagi berbagai teater, universitas, tempat musik, museum, galeri seni, bioskop, dan perpustakaan. Melbourne juga menjadi tuan rumah bagi berbagai festival dan ajang seni, termasuk Fetival Seni Internasional Melbourne, Festival Komedi Internasional Melbourne, Festival Film Internasional Melbourne, dan Festival Fringe Melbourne.

 

close