Skip to main content Skip to footer
Carleton University - image gallery 1

Ikhtisar

Terletak di ibukota Kanada Ottawa, Carleton University didirikan pada tahun 1942 dan senantiasa bertujuan untuk menyediakan pendidikan bermutu tinggi untuk para mahasiswanya. Dengan fokus pada pembelajaran praktikal dan penelitian inovatif, Carleton menghasilkan para Lulusan yang siap kerja.

Universitas semakin berkembang selama sepuluh tahun terakhir, dan sekarang memiliki populasi mahasiswa internasional yang beragam, yang berasal dari 140 negara.

Tim Layanan Karir di Carleton membantu mahasiswa dengan beragam masalah yang mungkin mereka temui sewaktu mencari pekerjaan di Kanada. Mulai dari sesi-sesi bimbingan karir, bantuan networking, hingga mempersiapkan wawancara dan panduan menulis CV, anggota tim selalu senang membantu mahasiswa menemukan pekerjaan.

Universitas bangga akan beragam layanan dukungan yang tersedia bagi mahasiswa. Universitas menganggarkan 19 juta dollar kanada untuk menawarkan bantuan finansial kepada mahasiswanya di tahun akademik 2017-2018, dan juga menawarkan beragam lokakarya pengembangan, dukungan penulisan, program-program fitness terdedikasi serta beragam layanan konseling.  

Kampus Carleton yang indah terletak di samping sungai di selatan pusat kota Ottawa, dengan akomodasi dalam kampus yang bisa menampung lebih dari 3,600 mahasiswa.

Carleton University - image gallery 2

Yang Terbaru

Dewan Gubernur Carleton University mengumumkan perjanjian dengan Dr. Benoit-Antoine Bacon sebagai Presiden dan Wakil Kanselir ke-15. Perjanjian ini dibuat setelah melalui proses pencarian internasional yang melibatkan ratusan konstituen internal dan eksternal di Carleton dan komunitas Ottawa.

“Atas nama komunitas Carleton University, saya sangat senang bahwa proses pencarian kami menemukan pemimpin dari kaliber Benoit.” Kata Chris Carruthers, Ketua Dewan Gubernur

“Karena Carleton menempatkan diri untuk menghadapi sektor universitas yang dinamis dan persaingan yang semakin ketat, Benoit akan memainkan peran kepemimpinan dalam organisasi dan mendukung para mahasiswa, tenaga pengajar dan staf kami. Atas nama Dewan, saya ingin mengucapkan selamat kepada Benoit dan menyambutnya ke komunitas Carleton.”

Sebagai guru, peneliti dan administrator akademik ulung, Dr. Bacon akan memikul peran kepemimpinannya di Carleton dari Queen’s University dimana saat ini beliau menjabat sebagai Rektor dan Wakil Kepala Sekolah (Akademik).

Dr. Bacon akan mengikat janji pengangkatan tetap sebagai dosen di Departemen Psikologi Carleton. Beliau akan mengkhususkan diri untuk penelitian neurofisiologi dan basis kognitif persepsi visual.

Carleton University - image gallery 3

Fakultas & Jurusan

Fakultas dan Jurusan Carleton University yang menyampaikan pendidikan sarjana adalah:

Fakultas Seni dan Ilmu Sosial (FASS)

FASS menyediakan mahasiswa lingkungan pembelajaran yang ramah dan suportif, yang mendukung pemikiran independen dan keunggulan akademik, yang memberikan pelatihan bagi para warga ternama di dunia.

Fakultas Teknik dan Desain

Sebagai salah satu institusi ternama di Kanada untuk pembelajaran dan penelitian teknik, arsitektur,desain industri, dan informasi teknologi, Carleton menawarkan mahasiswa lingkungan yang menantang, beragam dan fleksibel.

Fakultas Urusan Publik

Fakultas Urusan Publik memadukan unit-unit akademik yang beragam, yang mempersiapkan lulusan untuk mengatasi beragam tantangan regional dan global, yang bertujuan untuk membentuk kewarganegaraan yang berpengetahuan dan membangun masyarakat yang lebih baik. Para lulusan ini adalah para pemimpin dalam bidang politik, media dan komunikasi, ekonomi, hubungan internasional dan hokum.

Fakultas Sains

Fakultas ini terdiri dari komunitas ilmuwan, peneliti dan guru yang memiliki rasa antusias yang tinggi dalam pembelajaran dan pertukaran ide. Dengan penelitian praktikal di laboratorium tahun pertama hingga Pusat Kesuksesan Mahasiswa Sains, fakultas ini menawarkan beragam kesempatan untuk menciptakan, menanamkan dan menerapkan pengetahuan ilmiah.

Fakultas Bisniss Sprott

Fakultas Bisniss Sprott Carleton University telah mengalami perubahan dan perkembangan pesat dalam 10 tahun terakhir. Fakultas ini menghargai kreativitas, keterhubungan dan kepedulian, serta telah menerima akreditasi dari dua badan internasional, mencapai prestasi dalam program-program sarjana universitas sambil mempertahankan standar persyaratan masuk yang tinggi, serta menciptakan beragam fasilitas baru untuk program akademik dan start-up untuk para calon wirausahawan.

Carleton University - image gallery 4

Program

Tersedia 22 program sarjana di Carleton University, yaitu:

Perniagaan (Bisnis) atau Bisnis Internasional

Program Bachelor of Commerce menyampaikan pendidikan bisnis yang menyeluruh, dengan delapan konsentrasi dan pilihan untuk co-op, kuliah ke luar negeri dan/atau mengambil konsentrasi minor subjek lain. Program Bachelor of Commerce juga merupakan gelar unik yang mencakup studi bisnis, bahasa dan membangun keahlian-keahlian lintas-budaya.

Komunikasi dan Studi Media, Jurnalisme, atau Produksi Media dan Desain

Carleton menawarkan sejumlah program yang berfokus pada aspek-aspek untuk mengerti dunia media yang terus berubah, dan bagaimana media, informasi, dan keterlibatan publik saling berhubungan. Program-program ini mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi beragam tantangan menarik di bidang jurnalistik dan komunikasi.

Ilmu Komputer

Komputer dan Sistem Komputer memainkan peran penting dalam bisnis, komunikasi, sains, hiburan dan kedokteran. Karena beragam aplikasi komputer terus berkembang, begitu juga dengan kebutuhan akan ahli komputer. Ilmu yang terus berubah ini mempelajari teori, desain dan penerapan dari aplikasi dan sistem komputer.

Teknik

Carleton mempersiapkan mahasiswa untuk karir yang sukses sebagai seorang insinyur yang memadukan program-program yang aktif dengan lingkungan pembelajaran yang suportif dan praktikal. 13 aliran mencakup beragam aktifitas teknik, termasuk desain pesawat terbang, perangkat lunak, sistem telekomunikasi, peralatan kedokteran dan solusi lingkungan untuk polusi.

Sains dan Ilmu Kesehatan (BHSc)

Kegiatan laboratorium, tutorial, kunjungan lapangan dan seminar semua dilakukan dalam kelompok kecil, sehingga membentuk interaksi yang dekat dengan dosen, pembimbing laboratorium dan teman sekelas. Penekanan dalam eksperimen adalah komponen utama dalam sains di Carleton. Program BHSc Carleton adalah program yang berfokus pada karir yang mengajarkan keahlian-keahlian yang diperlukan untuk sukses dalam bidang kedokteran, penelitian biomedis dan kesehatan.

Carleton University - image gallery 5

Persyaratan Pendaftaran

Mahasiswa internasional yang mendaftar untuk program sarjana di Carleton University harus memenuhi kriteria tertentu. Lulus dari sekolah menengah atas adalah persyaratan minimum untuk dapat diterima di tahun pertama perkuliahan gelar sarjana di Carleton University. Prestasi akademik di pendidikan sebelumnya adalah faktor penentu utama untuk diterima masuk.

Terdapat persyaratan khusus untuk beberapa jurusan program sarjana, persyaratan masuk minimal akan menentukan apakah pendaftar akan diterima masuk ke program gelar. Mahasiswa diharapkan untuk mencapai persyaratan masuk umum dan khusus, sesuai dengan program kuliah yang ingin mereka daftar. Mereka dapat merujuk kepada Grafik Penerimaan Sekolah Menengah Atas Ontario untuk melihat rentang nilai minimum. Nilai rata-rata keseluruhan yang disyaratkan ditentukan setiap tahun berdasarkan setiap jurusan.

Bukti Kelancaran Berbahasa Inggris juga diharuskan untuk setiap gelar. Mahasiswa dapat menunjukkan kelancaran berbahasa Inggris mereka dengan menyediakan skor ujian bahasa Inggris yang diakui, atau dengan menyertakan transkrip resmi yang menunjukkan bahwa mereka telah menjalani pendidikan dalam tiga tahun terakhir (purna waktu) di sekolah menengah atas, kolese atau universitas di Kanada, Amerika atau negara-negara dimana bahasa Inggris digunakan sebagai bahasa pengantar pertama.

Carleton University - image gallery 6

Cara Mendaftar

Berikut adalah langkah-langkah untuk mendaftar ke program gelar di Carleton Universtiy:

1) Periksa persyaratan masuk dan batas akhir pendaftaran

Persyaratan pendaftaran dan batas akhir mendaftar setiap jurusan berbeda. Mahasiswa perlu melihat persyaratan mendaftar yang terperinci untuk program gelar yang mereka pilih sesuai dengan latar belakang pendidikan mereka.

2) Mendaftar secara online dan cek status pendaftaran

Mahasiswa dapat mendaftar langsung ke Carleton University dengan melengkapi Formulir Pendaftaran Mahasiswa Internasional secara online, dan membayar biaya proses sebesar CAD 100, atau mendaftar melalui Ontario Universities Application Centre (OUAC).

3) Mengirimkan dokumen-dokumen pendukung sebelum batas akhir pendaftaran

Mahasiswa perlu menyertakan transkrip-transkrip nilai resmi dari sekolah menengah atas dan pendidikan tinggi yang pernah diikuti sebelumnya. Jika mahasiswa mendaftar untuk program yang memerlukan persyaratan tambahan, mereka juga perlu menyertakan portofolio/audisi/dokumen yang diminta oleh program tersebut.

4) Menerima hasil pendaftaran

Mahasiswa akan melihat hasil pendaftaran secara online di situs Carleton. Informasi penting tentang program gelar, beasiswa (jika ada), residensi, dokumen untuk mengajukan visa pelajar, dan lainnya akan disertakan bersama penawaran tempat.

5) Menerima penawaran tempat dan mengkonfirmasi residensi

Jika mahasiswa telah menerima surat penawaran tempat dan ingin menerima, mereka perlu melakukannya sebelum tanggal yang tertera di surat penawaran.

Carleton University - image gallery 7

Beasiswa

Carleton University menawarkan program beasiswa dan dermasiswa yang bernilai tinggi di Kanada. Tahun lalu, lebih dari 11,900 beasiswa dan dermasiswa, dengan jumlah nilai lebih dari 19 juta dollar Kanada, diberikan untuk mahasiswa sarjana. Beberapa beasiswa yang tersedia adalah:

Beasiswa Masuk

Mahasiswa yang mendaftar langsung dari sekolah menengah yang diterima Carleton dengan rata-rata tingkat penerimaan 80% atau lebih tinggi secara otomatis dipertimbangkan untuk beasiswa masuk yang dapat diperbaharui berdasarkan prestasi.

Beasiswa Prestise

Beasiswa tertinggi dari Carleton adalah 24 Beasiswa Prestise. Mahasiswa harus mencapai rata-rata penerimaan 90% atau lebih. Panitia menilai pendaftaran berdasarkan komunitas, kepemimpinan, dan aktivitas sekolah menengah yang pernah diikuti mahasiswa.

Beasiswa Masuk Tambahan

  • Beasiswa Fakultas Teknik dan Desain

Memberikan lebih dari 60 beasiswa, senilai CAD 1,000 hingga CAD 5,000 bagi mahasiswa berprestasi yang mendaftar untuk beberapa program gelar Bachelor of Engineering.

  • Beasiswa Masuk Collins Memorial untuk Ilmu Bumi

Memberikan dua atau lebih beasiswa, senilai CAD 1,000 hingga CAD 4,000 bagi mahasiswa yang memasuki tahun pertama dari program Ilmu Bumi, sebagai tambahan dari Beasiswa Masuk.

  • Beasiswa Fakultas Bisnis Sprott

Selain beasiswa masuk, Beasiswa Masuk Prestasi Dekan, senilai senilai CAD 2,000 hingga CAD 4,000 akan diberikan bagi mahasiswa yang memasuki tahun pertama dari program gelar Bachelor of Commerce.

  • Penghargaan Sarjana Global dan Studi Internasional untuk Lulusan ICP

Dua beasiswa, masing-masing senilai CAD 500, akan diberikan setiap tahun untuk mahasiswa berprestasi yang telah menyelesaikan International Certificate Programme (ICP) di Kanada dan akan mengikuti program Sarjana Global dan Studi Internasional (BGInS) di Carleton University.

close