Admissions Talks I Faculty Talks I Live Chat Sessions
Application for 2020 intake is now open!
HKU Undergraduate Admissions 2020
HKU& Sciences Po Dual Degree Programme
University Collaborative Programmes

HKU has partnered with leading international universities around the world to give opportunities for students to experience different learning environment and culture, while pursuing two degrees

The University of Hong Kong - image gallery 1

Ikhtisar

Dikenal sebagai ‘Universitas Global di Asia’, University of Hong Kong berada di peringkat ke-25 di dunia dan ke-1 di Hong Kong berdasarkan QS World University Rankings in 2020. Didirikan pada tahun 1911 dan berlokasi di salah satu kota paling semarak dan kosmoplitan di dunia, University of Hong Kong menawarkan mahasiswa wawasan unik terhadap dunia. Hong Kong merupakan salah satu kota paling multibudaya dengan tenaga kerja yang beragam, menciptakan pusat bisnis internasional. Universitas juga merupakan tempat yang ideal untuk mempelajari dan merangkul budaya dan praktek-praktek bisnis Cina.

Universitas memberi penekanan terhadap kualitas pengajaran dan pembelajaran. Pada tahun 2019, 10 disiplin ilmu di universitas masuk dalam peringkat 20 besar dalam QS World University Rankings by subjects 2019. University of Hong Kong juga diakui sebagai ‘Universitas Paling Berwawasan Internasional di Dunia’ berdasarkan Times Higher Education World University Rankings 2019. Hal ini dikarenakan oleh jumlah mahasiswa internasional, rekrutmen staf dari seluruh dunia, dan pelibatan para penulis internasional. Dengan lebih dari 10.000 mahasiswa dari lebih dari 100 negara di dunia, atmosfer di kampus memfasilitasi lingkungan belajar yang sangat internasional.

Mahasiswa akan menerima standar pengajaran tertinggi di University of Hong Kong. Penekanan pada berbagai program studi inovatif, peningkatan pada pelibatan mahasiswa, dan penelitian unggul di dunia, telah menciptakan lingkungan belajar yang luar biasa. Beberapa tahun belakangan, para peneliti menghasilkan penemuan terobosan dan meraih tonggak sejarah penting di bidang kedokteran, manufaktur, arsitektur, dan masih banyak lagi. Terdapat penekanan pada pendidikan holistik di universitas untuk menghasilkan lulusan berkeahlian tinggi untuk karir masa depan sebagai pemimpin dan perintis di bidangnya. Universitas memiliki reputasi berkelas tinggi.

The University of Hong Kong - image gallery 2

Yang Terbaru

Kantor Transfer Teknologi di University of Hong Kong baru-baru ini mengumumkan bahwa 25 perusahaan perintis (start-up) HKU telah meraih pendanaan dari Skema Dukungan Perusahaan Perintis Teknologi (Technology Start-up Support Scheme for Universities/TSSSU@HKU) 2019/2020.

TSSSU@HKU merupakan skema yang memberikan dukungan finansial, hingga HKD 8 juta, untuk mensubsidi perusahaan perintis teknologi yang didirikan oleh warga universitas. Seluruh 25 perusahaan tersebut didirikan oleh gabungan antara profesor, mahasiswa, dan alumni untuk meraih pendanaan tahunan hingga HKD 1,5 juta untuk maksimal 3 tahun untuk membiayai pengeluaran sehari-hari, termasuk sewa kantor dan biaya operasional, dan mendanai penelitian dan pengembangan, promosi, dan penjualan produk dan layanan. Selain itu, perusahaan-perusahaan tersebut juga dibekali dengan pengetahuan pasar, diberikan dukungan dan bimbingan oleh para praktisi industri dan investor, dan dapat mengakses berbagai sumber daya dan jaringan dari universitas.

Sekitar 48 perusahaan perintis telah didukung sejak peluncuran skema TSSSU@HKU pada tahun 2014 dengan dukungan kuat dari Pemerintah Hong Kong. Angka yang luar biasa yang diraih dalam waktu 5 tahun, merupakan bukti kuat atas nilai-nilai dasar TSSSU@HKU dan komitmen terhadap industri start-up untuk menjalin hubungan dengan usaha lain dan berkembang di ekosistem ekonomi dan keuangan Hong Kong.

The University of Hong Kong - image gallery 3

Pengajaran dan Pembelajaran

Misi utama University of Hong Kong untuk menyediakan pendidikan yang komprehensif adalah metodologi pengajaran dan pembelajaran yang berkualitas tinggi. Pembelajaran berbasis pengalaman terus berkembang menjadi praktek standar di program-program profesional dan non-profesional di universitas.

Struktur Fleksibel

Kurikulum S1 4 tahun HKU menawarkan mahasiswa fleksibilitas untuk memilih kombinasi jurusan, peminatan, dan mata kuliah pilihan. Mahasiswa juga dapat memanfaatkan berbagai peluang, seperti program magang, pertukaran pelajar internasional, dan proyek regional.

Mata Kuliah Wajib

Seluruh mahasiswa S1 HKU wajib mengikuti serangkaian mata kuliah di empat disiplin ilmu. Hal ini membantu mahasiswa menjalin persahabatan lintas fakultas dan mengembangkan keterampilan sosial, intelektual, dan inovasi.

Pembelajaran Berbasis Masalah

Pembelajaran Berbasis Masalah berupa menggunakan berbagai masalah atau situasi nyata untuk mempelajari konsep-konsep utama dan keterampilan disiplin, dengan para dosen berperan sebagai fasilitator dan pembimbing. Pembelajaran berbasis masalah mendorong mahasiswa untuk menerapkan logika untuk memecahkan masalah, untuk berpikir kritis, dan menjadi pembelajar yang bermotivasi tinggi.

Pembelajar Ko-kurikuler dan Berbasis Pengalaman

The Centre of Development and Resources for Students (CEDARS) dan the General Education Unit (GEU) merupakan penyedia aktivitas-aktivitas pembelajaran ko-kurikuler utama di universitas. Mahasiswa terlibat dalam pelayanan masyarakat atau proyek-proyek advokasi yang berupa pelatihan, pelayanan, dan refleksi. Penilaian dan peningkatan mutu dilaksanakan di jenjang S1 dan S2 universitas.

Terdapat berbagai bentuk lain dari pembelajaran berbasis pengalaman di kampus. Program Pertukaran Pelajar telah bekerja sama dengan lebih dari 360 institusi mitra di 44 negara. Sementara mahasiswa yang datang dari luar negeri berperan dalam meningkatkan wawasan internasional kampus, mahasiswa HKU yang berangkat ke luar negeri berkembang menjadi individu-individu matang dengan pengalaman belajar yang kaya di universitas.

The University of Hong Kong - image gallery 4

Pilihan Jurusan Kuliah

University of Hong Kong menawarkan program-program di lebih dari 70 bidang studi, termasuk 41 program di jenjang S1. Program-program tersebut menyediakan mahasiswa dengan wawasan luas dari berbagai disiplin yang sesuai dengan perspektif global untuk memperluas cakrawala dan mengembangkan pengetahuan mereka. Fakultas-fakultas yang ada di HKU, antara lain:

  • Fakultas Arsitektur
  • Fakultas Seni
  • Fakultas Bisnis dan Ekonomi
  • Fakultas Kedokteran Gigi
  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Hukum
  • Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Ilmu Sosial
  • Sekolah Pascasarjana
  • Fakultas Kedokteran Li Ka Shing

Universitas juga mendirikan program-program kolaboratif dengan universitas-universitas bereputasi di seluruh dunia untuk memberikan pilihan bagi mahasiswa untuk meraih gelar ganda sambil merasakan lingkungan belajar dan tinggal yang berbeda. Berikut adalah program gelar ganda dan kolaboratif yang ditawarkan universitas:

  • Program Gelar Ganda Hukum HKU-Peking University
  • Program Gelar Ganda Pemimpin Masa Depan Hukum HKU-Peking University
  • Program Gelar Ganda HKU- Sciences Po
  • Program Gelar Ganda HKU-University College London
  • Program Gelar Ganda HKU-University of California, Berkeley

Skema Perekrutan Sarjana HKU-University of Cambridge

The University of Hong Kong - image gallery 5

Fasilitas

HKU memiliki lebih dari 100 gedung untuk pengajaran, penelitian, tempat tinggal, administrasi, dan rekreasi. Kampus utama HKU menempati lahan seluas 14 hektar di Pulau Hong Kong dan menjadi tempat bagi 5 fakultas dan perpustakaan utama. Perpustakaan HKU memiliki lebih dari 3 juta buku, 555.000 jurnal elektronik berlangganan, dan 6 juta buku elektronik yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa.

Kampus Centennial menjadi tempat bagi 3 fakultas utama dan memiliki ruang-ruang belajar yang mutakhir dan modern, serta aula untuk belajar dan mengajar. Selain dua kampus tersebut, universitas juga memiliki kampus-kampus di wilayah lain di Hong Kong.

Mahasiswa juga memiliki akses ke fasilitas-fasilitas olahraga di Pusat Olahraga Flora Ho dan Pusat Olahraga Linsay Ride, yang sebagian besar merupakan fasilitas dalam ruangan. Lapangan-lapangan olahraga utama dapat digunakan untuk atletik, sepak bola, sofbol, hoki, dan masih banyak lagi.

The University of Hong Kong - image gallery 6

Beasiswa dan Pendanaan

University of Hong Kong menawarkan serangkaian beasiswa untuk membantu meringankan beban mahasiswa.

Beasiswa Masuk

Beasiswa Masuk berbasis prestasi ditujukan bagi mahasiswa yang berpretasi akademis sangat baik dan telah diterima di program S1. Beasiswa ini dapat berupa potongan biaya perkuliahan secara penuh, biaya hidup tahunan, dan biaya tempat tinggal. Beasiswa ini tidak memerlukan pendaftaran secara terpisah dan dapat diperpanjang setiap tahunnya selama masa perkuliahan.

Beasiswa masuk lainnya yang ditawarkan, antara lain:

  • Beasiswa Masuk Foundation HKU
  • Beasiswa Foundation HKU bagi Mahasiswa dengan International Baccalaureate Diploma
  • Beasiswa Foundation HKU bagi Mahasiswa dengan Kualifikasi GCE A-Level/ International A-Level
  • Beasiswa Hong Kong untuk Mahasiswa dari Negara-negara Proyek “Belt and Road”

Kunjungi situs HKU untuk informasi lebih lanjut mengenai beasiswa bagi mahasiswa internasional

The University of Hong Kong - image gallery 7

Mengapa Hong Kong?

Kebangkitan Asia, khususnya Cina, di dunia telah menempatkan Hong Kong di pusat pasar global, serta salah satu pusat keuangan dunia dan pusat bisnis Asia dan internasional. Selain itu, standar akademis Hong Kong juga merupakan salah satu yang tertinggi di dunia karena pemerintah memastikan anggaran pendidikan berkelanjutan bagi universitas untuk mempertahankan biaya perkuliahan yang terjangkau. Inovasi, komitmen terhadap pelibatan mahasiswa, dan akuntabilitas melengkapi hal-hal tersebut untuk mempertahankan reputasi sistem pendidikan Hong Kong.

Hong Kong berperan sebagai gerbang investasi untuk Cina, dengan beberapa jaringan darat, kereta, dan udara ke daratan utama Cina. Hong Kong sendiri menawarkan manfaat-manfaat menarik, seperti pajak rendah, kebijakan pasar terbuka, dan lingkungan kondusif untuk aliran ide dan informasi. Hong Kong juga merupakan salah satu kota paling aman di dunia, dengan tingkat kriminalitas sangat rendah dibandingkan banyak kota-kota lain. Hong Kong termasuk salah satu kota paling multibudaya di dunia, dengan elemen-elemen budaya Cina tradisional yang dipadukan dengan sejarah Eropa dan modernitas. Meskipun Hong Kong tetap menjadi tempat yang luar biasa untuk belajar mengenai budaya dan metode bisnis Cina, tenaga kerja yang beragam memastikan Hong Kong menjadi kota metropolitan internasional.

close