Accessibility Skip to Global Navigation Skip to Local Navigation Skip to Content Skip to Search Skip to Site Map Menu

International Office

Archway building blossom
University of Otago - image gallery 1

Ikhtisar

Dengan 150 tahun sejarah yang membanggakan, University of Otago berada di garis terdepan penelitian dan studi pascasarjana. Menawarkan lebih dari 200 pilihan jurusan bagi mahasiswa yang mencakup banyak pilihan bidang studi, universitas ini bangga akan berbagai pusat penelitian multidisipliner yang mendukung penelitian yang unggul.

Mahasiswa-mahasiswa di University of Otago hadir dari 100 negara berbeda dan membentuk komunitas mahasiswa internasional yang erat yang beranggotakan lebih dari 3.000 orang. Para mahasiswa dapat mendaftar dan mendapat manfaat dari sejumlah beasiswa yang ditawarkan. Universitas ini menawarkan pengalaman pendidikan berkualitas tinggi, yang meraih peringkat terbaik atas performa pendidikannya - 6 dari 8 tahun terahir, para dosen Otago telah mengalahkan seluruh universitas dan politeknik lainnya dengan memenangkan penghargaan Prime Minister’s Supreme Award for Teaching Excellence.

Universitas ini bangga akan kualitas para dosennya, yang merupakan para pemimpin dan pakar di bidang masing-masing. Hal ini didorong oleh peringkat universitas ini dalam kelompok 1% universitas terbaik di dunia dan penghargaan nilai bintang 5+ dari QS Global University Performance Ratings.

Dinilai sebagai salah satu kampus paling indah di dunia, kampus utama University of Otago berlokasi di Dunedin. Universitas ini juga memiliki kampus khusus di Christchurch, Wellington dan Invercargill. Para mahasiswa menikmati gaya hidup dan fasilitas-fasilitas yang luar biasa di lingkungan Dunedin yang aman. Hal ini termasuk 150 pilihan klub dan organisasi yang dapat diikuti oleh mahasiswa, serta akomodasi universitas.

98% mahasiswa di University of Otago merasa puas atas keselamatan kampus dan dukungan mahasiswa. Hal ini memberikan lingkungan yang ideal bagi mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan-keterampilan mereka dan bersiap untuk lulus untuk menciptakan dampak positif bagi dunia kerja. Hal ini ditunjukkan dengan fakta bahwa 95% lulusan bekerja atau melanjutkan pendidikan setelah kelulusan.

University of Otago - image gallery 2

Yang Terbaru

Para peneliti University of Otago telah menemukan bagaimana cara virus yang membunuh bakteri dapat bersembunyi dari sistem pertahanan bakteri. Hal ini merupakan temuan penting bagi pengembangan antrimikroba berbasis virus, yang merupakan kemajuan penting dalam pengetahuan biologi.

Peneliti utama Profesor Peter Fineran menjelaskan, “Dari sudut pandang biologi, hasil penelitian kami memberikan wawasan menarik bagaimana fag (virus) menghindari sistem pertahanan diri bakteri. Hal ini penting karena adanya peningkatan bakteri yang multiresisten terhadap obat sebagai masalah dunia, yang mengarah pada ketertarikan baru pada penggunaan fag sebagai antibakteri, selain itu fag jumbo juga dapat memberikan terapi yang luar biasa.”

Lucia Malone, yang merupakan penulis pertama penelitian ini dan mahasiswa PhD (S3, Departemen Mikrobiologi dan Imunologi) mengatakan, “Kami memiliki bukti molekuler dan genetis akan apa yang terjadi antara bakteri dan virus, tetapi kami sangat perlu untuk melihat secara langsung bagian dalam dari bakteri kecil ini, yang jika 100 bakteri tersebut disejajarkan lebarnya hanya akan selebar rambut manusia.”

University of Otago - image gallery 3

Kualitas Pengajaran

University of Otago merupakan universitas terbaik di Selandia Baru untuk performa pendidikan. Otago merupakan universitas satu-satunya di Selandia Baru yang menawarkan keunggulan akademis dan pengalaman mahasiswa yang luar biasa. Otago merupakan universitas terdepan dalam hal pengajaran dan gaya hidup mahasiswa yang berbasis penelitian dan berkelas dunia. Rekam jejak tak tertandingi dalam the National Teaching Excellence Awards: enam penghargaan Supreme Award dalam delapan tahun terakhir.

Universitas ini berada di peringkat tertinggi di seluruh indikator performa pendidikan TEC (Tertiary Education Commission) di bidang-bidang, seperti tingkat kelulusan di lingkup bidang studi dan jenjang pendidikan, retensi mahasiswa, serta jumlah mahasiswa yang melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Mahasiswa di Otago mendapat manfaat dari pengajaran berorientasi penelitian dan diajar oleh para dosen yang berdedikasi untuk mengajar dan diakui secara internasional atas penelitian mereka.

Mahasiswa Berbicara

“Saya memiliki pengalaman yang luar biasa dengan para dosen, mereka sangat mudah didekati. Saya melihat bahwa berkuliah di sini bukan hanya tentang belajar. Belajar telah menjadi hal yang menarik dan menyenangkan bagi saya. Bahkan kelas-kelas teoretis dan konsep-konsep diajarkan dengan cara yang praktis. Sesi-sesi laboratorium sangat luar biasa. Otago telah membuat belajar dan tinggal menjadi menarik.” Khushboo Soni (India)/ Sarjana Sains Terapan (Ilmu Analisis Forensik)

University of Otago - image gallery 4

UOLCFY

Untuk membantu mahasiswa internasional meraih cita-cita mereka untuk berkuliah di Otago, University of Otago Language Centre and Foundation Year (UOLCFY) menawarkan jalan bagi mahasiswa untuk memenuhi persyaratan masuk perkuliahan jenjang sarjana (S1) dan pascasarjana (S2 & S3). UOLCFY juga menyediakan persiapan luar biasa untuk perkuliahan akademis.

University of Otago Language Centre menyelenggarakan berbagai program persiapan Bahasa Inggris dan program pathway (jalur masuk) untuk perkuliahan di jenjang yang lebih tinggi. Lembaga ini menawarkan lima jenjang program persiapan Bahasa Inggris, mulai dari tingkat dasar hingga mahir. Pelajaran-pelajaran yang disampaikan berpusat pada pelajar dan material-materialnya mencerminkan konteks Selandia Baru yang kontemporer. Rata-rata kelas memiliki 14 mahasiswa dan berlangsung secara purna waktu sepanjang 23 jam selama satu minggu. Saat kelulusan, setiap mahasiswa meraih sertifikat dan laporan yang menjelaskan secara detail prestasi mereka.

Program foundation University of Otago menawarkan program selama 2 semester (masing-masing selama 13 minggu) di mana mahasiswa dapat memilih untuk berkuliah di salah satu dari empat jalur yang selaras dengan empat rumpun akademis di University of Otago: bisnis/niaga, ilmu kesehatan, seni/ilmu budaya dan ilmu pengetahuan alam/sains terapan/ilmu hayati. Para mahasiswa yang berhasil menyelesaikan sepuluh makalah dan program 26 minggu akan meraih Foundation Studies Certificate. Sertifikat ini merupakan jaminan diterimanya mahasiswa di program tahun pertama University of Otago pilihan mereka (kecuali program-program dengan kuota terbatas) dan diakui oleh seluruh universitas di Selandia Baru sebagai kualifikasi syarat masuk universitas.

Para pelajar di UOLCFY dapat menikmati layanan pelajar yang lengkap, program orientasi masuk yang lengkap, berbagai aktivitas dan acara pelajar yang diadakan setiap minggu.

Violina Gunawan, seorang alumni program Foundation Year dan penerima Beasiswa Vice-Chancellor 2019 mengatakan, “UOLCFY telah menyediakan transisi akademis dan non-akademis yang luar biasa bagi saya. Saya merasa sangat aman dan didukung saat berkuliah di sini. Banyaknya bantuan yang ditawarkan sangat luar biasa dan hal tersebut membuat saya merasa betah dan berhak memiliki kesempatan untuk sukses.”

University of Otago - image gallery 5

Persyaratan Pendaftaran

Untuk seluruh mahasiswa internasional non-penutur asli Bahasa Inggris, mahasiswa harus menunjukkan bukti kemahiran Bahasa Inggris yang memuaskan. Mahasiswa harus mencantumkan sertifikat tes Bahasa Inggris yang diterima dan dilaksanakan dalam waktu dua tahun terakhir sebelum waktu dimulainya perkuliahan di Otago.

Untuk jenjang sarjana (S1), pada umumnya mahasiswa membutuhkan nilai IELTS Akademis 6,0 dengan nilai minimal 5,5 untuk masing-masing kategori. Untuk jenjang pascasarjana (S2 & S3), pada umumnya mahasiswa membutuhkan nilai IELTS Akademis 6,5 dengan nilai minimal 6,0 untuk masing-masing kategori. Beberapa program studi dapat mensyaratkan nilai IELTS yang lebih tinggi dan mahasiswa dihimbau untuk mengecek persyaratannya ke Kantor Internasional Universitas.

Untuk berkuliah di University of Otago, mahasiswa juga harus memiliki ijazah yang diakui dan sertifikat tes Bahasa Inggris dengan nilai yang dipersyaratkan. Universitas ini mengakui banyak kualifikasi internasional yang setara dengan kualifikasi Selandia Baru sebagai persyaratan masuk universitas.

Untuk jenjang sarjana (S1), universitas ini menawarkan gelar sarjana umum dan khusus. Gelar khusus memiliki persyaratan masuk tambahan dan membatasi jumlah mahasiswa yang dapat masuk ke gelar sarjana umum.

Persyaratan masuk bagi mahasiswa yang akan berkuliah di jenjang pascasarjana berbeda di setiap program studi, dengan sebagian besar program mensyaratkan kualifikasi gelar sarjana di bidang yang sejalur, serta beberapa program mensyaratkan pengalaman kerja yang relevan.

Beberapa program magister (S2) mensyaratkan mahasiswa untuk menyelesaikan diploma pascasarjana, kemudian mahasiswa dapat melanjutkan ke tahun kedua program magister. Jika mahasiswa tertarik untuk berkuliah di bidang baru di jenjang pascasarjana, universitas ini memiliki program diploma pascasarjana, yang dapat menjadi jembatan untuk ke program jenjang pascasarjana.

Untuk program PhD (S3), universitas ini mensyaratkan gelar magister (S2) atau gelar honour yang baik di bidang studi yang sama atau terkait dengan bidang penelitian yang akan dilakukan.

University of Otago - image gallery 6

Beasiswa & Pendanaan

Universitas ini memiliki sejumlah beasiswa, bantuan keuangan dan hibah bagi mahasiswa yang berkuliah di tingkat sarjana (S1) dan memiliki keunggulan akademis. Mahasiswa internasional dapat memenuhi syarat untuk beasiswa New Frontiers Scholarship atau Health Science Entrance Scholarship, yaitu beasiswa yang berbasis pada prestasi akademis, yang dinilai dari rapor SMA atau IPK pra-universitas.

University of Otago juga menyediakan berbagai beasiswa tingkat magister (S2) dan doktoral (S3, seperti program PhD dan program doktoral lainnya). Beasiswa-beasiswa ini diberikan oleh Otago berdasarkan prestasi akademis, kemampuan penelitian (jika ada), serta keberlanjutan di masing-masing departemen.

University of Otago menawarkan beasiswa New Zealand Excellence Award (NZEA) bagi mahasiswa dari India dan New Zealand Aid Programme Scholarships bagi mahasiswa dari negara berkembang untuk perkuliahan di tingkat perguruan tinggi dan kejuruan. Tersedia pula beasiswa ASEAN Scholarship yang menekankan kedekatan hubungan erat Selandia Baru dengan kawasan Asia Tenggara secara budaya, ekonomi dan geografi.

University of Otago - image gallery 7

Hasil Kelulusan

Para lulusan University of Otago sangat diminati secara global karena mereka dikenal atas keterampilan negosiasi dan interpersonal. Selain itu, para lulusan Otago memiliki keterampilan analisis dan konseptual, serta pemikiran independen.

Program ketenagakerjaan terbaru dari pusat pengembangan karir University of Otago, yaitu OtagoExtra, membekali mahasiswa dengan keterampilan-keterampilan yang mereka butuhkan untuk kehidupan pasca kelulusan.

Pusat Pengembangan Karir University of Otago terpilih sebagai yang terbaik di antara universitas-universitas lainnya di Selandia Baru dalam dua tahun berturut-turut oleh New Zealand Association for Graduate Employers (NZAGE).

Departemen Niaga, Otago Business School merupakan yang terdepan di Asia Pasifik di bidang pendidikan dan memiliki akreditasi EQUIC dan AACSB. Akreditasi ini memastikan kualifikasi dari Otago diakui secara internasional. Lulusan Otago Business School memiliki reputasi luar biasa di dunia bisnis internasional sebagai individu yang independen, kompeten dan bernilai luhur.

Lulusan Ilmu Kesehatan dari University of Otago dihormati di seluruh dunia akan keterampilan serta keunggulan klinis dan risetnya. Seluruh program Ilmu Kesehatan memiliki perkuliahan berbasis laboratorium atau praktek klinis sehingga mahasiswa dibekali dengan pengetahuan, pengalaman dan keterampilan yang dibutuhkan untuk karir cemerlang.

Mahasiswa Ilmu Budaya didorong untuk berpikir kritis, menerapkan berbagai metodologi, teori dan pendekatan yang inovatif untuk dapat memahami pengalaman masyarakat.

Divisi Ilmu Pengetahuan Alam mengembangkan keterampilan-keterampilan hidup mahasiswa yang penting dan diminati oleh para pemberi kerja, seperti pemikiran kritis, keterampilan komunikasi, keterampilan interpersonal dan kerja sama, serta keterampilan analisis dan pemecahan masalah.

close