University of Pittsburgh Ikhtisar Indonesian users

International Students

We’re so excited that you’re interested in applying to Pitt! Let us walk you through the admissions process.

University of Pittsburgh - image gallery 1

Ikhtisar

University of Pittsburgh adalah salah satu lembaga tertua untuk pendidikan tinggi di Amerika Serikat, yang memiliki banyak alumni mengesankan, termasuk: para peraih Nobel, jurnalis, atlet, dan aktor peraih Oscar Gene Kelly salah satunya. Kampus utama universitas berlokasi di Oakland, di areal seluas 53 hektar, dan terdapat tiga kampus regional tambahan di Bradford, Greensburg, dan Johnstown yang semuanya menawarkan program gelar empat tahun.

University of Pittsburgh merupakan institusi penelitian berkelas dunia dan pusat keunggulan akademis yang berkomitmen pada pengajaran sarjana (S1), dengan rasio mahasiswa dan dosen sebesar 14:1, lebih dari 100 jurusan dan 11 sekolah/kolese yang dapat dipilih.

Kantor Pusat Karir bekerjasama dengan para mahasiswa selama masa perkuliahan untuk membantu menelaah minat dan tujuan karir mereka agar mereka dapat meraih pekerjaan impian. Para mahasiswa bisa mendapatkan informasi mengenai beragam keterampilan, seperti menyusun resume, menulis surat lamaran kerja dan menemukan beragam peluang magang.

Universitas ini menawarkan beragam dukungan untuk para mahasiswa yang memerlukan panduan, bantuan atau informasi, misalnya layanan konseling privat tertutup yang menawarkan sesi tatap muka, terapi pasangan dan lokakarya. Terdapat pula klinik kesehatan mahasiswa, pusat sumber daya khusus disabilitas dan layanan bagi para orang tua dan keluarga.

Universitas ini memiliki program Outside the Classroom Curriculum (OCC). Fokus utama OCC adalah untuk mendorong para mahasiswanya terlibat dalam beragam aktivitas ekstrakurikuler yang mampu memperluas pengalaman universitas mereka. Ini termasuk Kurikulum Luar Kelas (Outside the Classroom Curriculum/OCC), yang menawarkan beragam pengalaman, program dan acara untuk membantu memastikan para mahasiswa mendapatkan yang terbaik selama perkuliahan mereka di Pitt. Program ini terbagi dalam 10 bidang keahlian, mulai dari kepemimpinan hingga persiapan karir.

Terdapat lebih dari 400 klub dan organisasi yang dikelola oleh Pusat Sumber Daya Organisasi Mahasiswa, yang termasuk kehidupan ala Yunani, beragam klub olahraga, klub akademis dan banyak kelompok minat khusus.

University of Pittsburgh - image gallery 2

Yang Terbaru

University of Pittsburgh mempertimbangkan keselamatan para staf, mahasiswa dan anggota komunitas universitas ini sebagai prioritas utama. Menanggapi Covid-19, universitas ini telah memperkenalkan sejumlah perubahan dan kebijakan untuk mendukung para mahasiswa dan staf. Kunci dari hal tersebut adalah “Kerangka Kerja Ketahanan” universitas ini. Kerangka kerja ini dirancang untuk memungkinkan universitas ini memantau pandemi secara global dan membuat keputusan bijak sesuai informasi terbaru. Protokol kesehatan mencakup pembersihan menyeluruh, instalasi 500+ stasiun sanitasi, nasihat perjalanan, serta tes Covid-19 dan ketersediaan vaksin di kampus. Universitas ini telah membuat situs web Covid-19 khusus, yang diperbarui secara berkala dan menjelaskan seluruh kebijakan, prosedur dan informasi.

Dengan keunggulan akademis dan inovasi sebagai inti dari nilai-nilai universitas ini, University of Pittsburgh secara konsisten mengembangkan program-program baru dan mutakhir bagi para mahasiswa. Dalam dua tahun terakhir, universitas ini telah memperkenalkan sejumlah jurusan baru, termasuk ilmu data, ilmu sosial komputasi, pendidikan guru, ilmu museum, dan jurusan yang disebut hukum peradilan pidana dan masyarakat. Sekolah Kesehatan Pascasarjana Masyarakat, yang dibuka pada tahun 1948, telah berubah namanya menjadi Sekolah Kesehatan Masyarakat dan kini menawarkan para mahasiswa sarjana (S1) untuk mendapatkan gelar BSPH (Bachelor of Science in Public Health/Sarjana Sains bidang Ilmu Kesehatan Masyarakat). Program BSPH menawarkan jurusan-jurusan dan spesialisasi di bidang-bidang tertentu, termasuk epidemiologi, biostatistika, serta kebijakan dan manajemen kesehatan.

University of Pittsburgh - image gallery 3

Kualitas Pengajaran

Terdapat lebih dari 5.000 orang anggota staf pengajar yang mengajar di universitas, semua dengan tingkat keahlian tinggi. Terdapat fokus yang besar pada pembelajaran praktik, dan para mahasiswa didorong untuk menggunakan pengetahuan dan konsep baru mereka dalam skenario di kehidupan nyata.

Untuk memastikan para mahasiswa mendapatkan dukungan di universitas, terdapat kelas-kelas berukuran kecil. 63% kelas program S1 memiliki kapasitas kurang dari 30 orang mahasiswa, dan hanya 6% kelas memiliki lebih dari 100 orang mahasiswa. Hal ini memungkinkan sesi-sesi kelompok kecil dan bimbingan individual dari para dosen yang ramah.

Lima dosen terbaik universitas meraih penghargaan dari kampus setiap tahunnya dengan kehormatan pengajaran tertinggi, the Chancellor’s Distinguished Teaching Award. Terdapat pula penghargaan bagi sekolah, departemen, mentor, dan inovator.

Para peneliti Pitt juga selalu berupaya untuk mendobrak batas-batas pengetahuan mereka di beragam bidang keahlian, mulai dari kritik sastra hingga pencarian komputer kuantum. Para peneliti institusi secara rutin berkolaborasi dengan dosen-dosen dari departemen dan disiplin lain, serta universitas-universitas lain dan para mitra perusahaan.

Beberapa departemen di universitas telah meraih pengakuan dan peringkat tinggi, termasuk:

  • Termasuk peringkat 3 besar universitas di dunia untuk bidang Filsafat (QS World University Rankings, 2021)
  • Peringkat ke-7 program Sarjana Sains bidang Ilmu Keperawatan terbaik (U.S. News & World Report, 2021)
  • Secara konsisten termasuk dalam 100 besar universitas penelitian di dunia
  • Program-program pascasarjana (S2 & S3) berperingkat tinggi di Sekolah Ilmu Kesehatan dan Rehabilitasi, termasuk terapi fisik (peringkat ke-1), terapi okupasi (peringkat ke-3), patologi bahasa wicara (peringkat ke-3), audiologi (peringkat ke-7) (U.S. News & World Report, 2020)
University of Pittsburgh - image gallery 4

Struktur Departemen

University of Pittsburgh menawarkan program-program S1, S2, dan S3 untuk beragam bidang studi, mulai dari akuntansi dan antropologi, hingga kedokteran dan Kajian Studi Asia.

Berbagai fakultas dan jurusan yang ditawarkan di universitas adalah:

  • Fakultas Seni dan Sains Kenneth P. Dietrich
  • Fakultas Pascasarjana Bisnis Joseph M. Katz
  • Fakultas Administrasi Niaga
  • Fakultas Kedokteran Gigi
  • Fakultas Pendidikan
  • Fakultas Teknik Swanson
  • Fakultas Ilmu Umum
  • Fakultas Kesehatan dan Ilmu Rehabilitasi
  • Kolese Honors David C. Frederick
  • Fakultas Komputasi dan Informasi
  • Fakultas Hukum
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Keperawatan
  • Fakultas Farmasi
  • Fakultas Pascasarjana Hubungan Masyarakat & Internasional
  • Fakultas Kesehatan Umum
  • Fakultas Pekerjaan Sosial
  • Pusat Studi Universitas untuk Kajian Internasional
University of Pittsburgh - image gallery 5

Beasiswa & Pendanaan

University of Pittsburgh menawarkan beragam beasiswa terbatas berdasarkan prestasi sejumlah 2.000 dolar Amerika Serikat per tahun bagi para mahasiswa international tahun pertama. Beasiswa tersebut diberikan untuk delapan semester di tingkat S1, jika mahasiswa dapat mempertahankan IPK 3,0 dan memenuhi seluruh syarat dan ketentuan beasiswa. Agar memenuhi persyaratan untuk beasiswa akademis, para mahasiswa sarjana (S1) harus berkuliah program purnawaktu, dengan minimal 12 SKS (Satuan Kredit Semester) per semester, serta memulai perkuliahan mereka di musim gugur pertama setelah uang diterima.

Beasiswa diberikan kepada para mahasiswa internasional berdasarkan prestasi akademik mereka sebelumnya.Kelayakan untuk menerima beasiswa otomatis akan dinilai, selama mahasiswa mengajukan pendaftaran universitas mereka (dan dokumen pendukung) sebelum tanggal 1 Februari tahun akademik. Komite universitas yang bertanggung jawab untuk menilai kelayakan pendaftar beasiswa membuat keputusan setiap minggunya, sehingga para mahasiswa didorong untuk mendaftar lebih awal untuk meningkatkan peluang mereka mendapatkan pendanaan. Semua penerima beasiswa akan diberitahu pada tanggal 1 April tahun akademik mereka.

Para mahasiswa transfer internasional tidak memenuhi persyaratan beasiswa dan harus mencari pilihan pendanaan lain. University of Pittsburgh memiliki basis data beasiswa yang besar, ‘PittFund$Me’, yang mencakup beragam beasiswa dari University of Pittsburgh dan beasiswa dari eksternal yang dapat diajukan oleh para mahasiswa yang telah diterima di universitas ini. Para mahasiswa internasional juga memenuhi persyaratan untuk bekerja di kampus. Terdapat banyak peluang pekerjaan di kampus.

University of Pittsburgh - image gallery 6

Fasilitas

University of Pittsburgh menawarkan pilihan akomodasi kampus untuk para mahasiswa, dari asrama hingga apartemen.

Di kampus, setiap kamar mendapatkan layanan televisi kabel standar, ranjang twin ekstra panjang dengan matras, meja, lemari, kursi, dan kabinet. Seluruh akomodasi memiliki akses ke fasilitas-fasilitas binatu.

Panther Central tersedia untuk memberikan bantuan dan dukungan, serta memungkinkan bahwa para mahasiswa menikmati waktu mereka di akomodasi mahasiswa.

Atletik

Universitas ini menawarkan beragam olahraga dan fasilitas kelas dunia bagi para mahasiswanya. Hal ini termasuk beragam fasilitas untuk basket, futbol, renang, tari dan gulat, serta aktivitas-aktivitas di trek dan lapangan. Terdapat 14 fasilitas kebugaran di kampus, 10 di antaranya tersedia untuk dapat digunakan 24 jam sehari.

Pusat rekreasi dan kesehatan yang berkelanjutan dan fungsional diharapkan dapat memiliki fasilitas-fasilitas baru, di antaranya, kolam renang rekreasi, lapangan voli dan basket, peralatan angkat berat dan beragam pilihan kuliner, mulai dari tahun 2024.

Fasilitas Akademik

Universitas ini menawarkan berbagai fasilitas khusus, termasuk: 16 perpustakaan dengan lebih dari 4,4 juta volume dan koleksi. Perpustakaan terbesar adalah Perpustakaan Hillman, yang menampung buku dan koleksi untuk beberapa bidang studi, termasuk humaniora dan ilmu sosial, psikologi, dan ilmu komputer.

Sistem Perpustakan Ilmu Kesehatan terdiri dari berberapa perpustakaan yang hadir untuk mendukung penelitian, perawatan pasien, dan aktivitas-aktivitas layanan jurusan-jurusan ilmu kesehatan dan rumah sakit di Pusat Kesehatan University of Pittsburgh.

Fasilitas lain meliputi:

  • Laboratorium Vibrant Media (stasiun kerja elektronik, pencetak 3D, konsol permainan vintage)
  • 7 laboratorium komputer
  • Stasiun pengisian daya telepon seluler di seluruh kampus
  • Dua toko buku
  • Layanan Makan
  • Kedai-kedai kopi
  • Media yang diproduksi oleh mahasiswa (koran, radio, dan televisi)
  • Laboratorium penelitian
University of Pittsburgh - image gallery 7

Hasil Kelulusan

University of Pittsburgh memiliki tingkat kelulusan setelah enam tahun kuliah mencapai 86%, dan 93% tingkat retensi mahasiswa baru untuk terus melanjutkan ke tahun kedua.

Universitas ini menjalankan banyak inisiatif untuk membantu mempersiapkan dan mengembangkan para mahasiswa untuk siap kerja setelah lulus. 

Hal ini termasuk Pusat Karir, yang menghubungkan para mahasiswa dengan beragam organisasi dan peluang magang di seluruh Amerika Serikat dan di luar negeri. Kantor ini memberikan berbagai pelayanan, seperti sesi pelatihan dan seminar, untuk mengembangkan keterampilan kerja para mahasiswa dan membantu mereka menonjol di mata calon pemberi kerja.

Beberapa layanan yang tersedia antara lain:

  • Perjanjian panduan karir individual
  • Penilaian karir
  • Bayangan Pekerjaan
  • Wawancara informasional
  • Program kesukarelawanan
  • Perencanaan magang
  • Penilaian CV dan Cover Letter
  • Simulasi wawancara
  • Rekrutmen Dalam Kampus
  • Sistem posting pekerjaan & magang
  • Lemari karir
  • Persiapan Sekolah Pascasarjana
  • Lokakarya-lokakarya pengembangan karir
  • Beragam acara setiap semester
  • Peluang Membangun Jejaring

94 persen lulusan University Pittsburgh berhasil meraih pekerjaan atau melanjutkan studi lebih tinggi dalam waktu enam bulan setelah kelulusan, yang mencerminkan komitmen universitas ini dalam mempersiapkan para mahasiswa untuk kehidupan dan karir yang sukses setelah kuliah.

close