University of Pittsburgh - image gallery 1

Ikhtisar

University of Pittsburgh adalah salah satu perguruan tinggi tertua di Amerika Serikat, yang menghasilkan para alumni hebat, seperti pemenang penghargaan Nobel, jurnalis, para atlet, dan aktor pemenang Oscar, Gene Kelly. Kampus utama universitas dibangun di atas lahan seluas 53,4 hektar di Oakland. Terdapat tiga kampus tambahan di Bradford, Greensburg, dan Johnstown.

Kantor Pusat Karir bekerja sama dengan mahasiswa selama perkuliahan untuk membantu menelaah minat dan tujuan karir mahasiswa agar mereka dapat meraih pekerjaan impian. Mahasiswa dapat memperoleh informasi seperti menyusun CV, membuat surat lamaran pekerjaan yang sempurna, dan menemukan peluang magang.

Universitas menawarkan beragam dukungan untuk mahasiswa yang memerlukan panduan, bantuan, atau informasi, seperti layanan konseling rahasia yang menawarkan sesi tatap muka, terapi pasangan, dan lokakarya. Terdapat pula layanan kesehatan mahasiswa, sebuah pusat khusus untuk disabilitas, dan layanan untuk orang tua dan keluarga.

Mahasiswa didorong untuk terlibat dalam kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler untuk memperluas pengalaman mereka di universitas. Hal ini termasuk Outside the Classroom Curriculum (OCC) – beragam pengalaman, program, dan acara yang memastikan mahasiswa memanfaatkan waktu mereka dengan baik. Terbagi menjadi 10 bidang, mahasiswa dapat mempelajari keahlian mulai dari kepemimpinan hingga persiapan karir.

Terdapat lebih dari 400 klub dan organisasi yang dijalankan oleh Pusat Sumber Daya Organisasi Mahasiswa, termasuk klub-klub olahraga, kelompok minat khusus, dan sebuah majalah mahasiswa – ideal untuk para calon jurnalis untuk memperoleh pengalaman praktek.

University of Pittsburgh - image gallery 2

Yang Terbaru

Dalam beberapa tahun terakhir, University of Pittsburgh telah menjadi pusat nasional di AS untuk inovasi, baik bagi pengajar maupun mahasiswa. Pada tahun 2018 saja, universitas dan mahasiswa bertanggung jawab dalam mendirikan 23 start-up, 363 penemuan, dan 162 lisensi dan opsi. Terdapat pula 521 teknologi tersedia untuk lisensi di universitas di beberapa area spesialis, termasuk biologi, kimia, teknik, material, dan energi.

Untuk ketiga kalinya, universitas termasuk dalam 5 besar universitas negeri di kawasan Timur Laut AS menurut Wall Street Journal and Times Higher Education. Pittsburgh juga dinilai sebagai universitas negeri dengan nilai investasi terbaik berdasarkan Kiplinger’s Personal Finance dalam 13 tahun berturut-turut. Peringkat ini dinilai berdasarkan hasil kelulusan mahasiswa, sumber daya institusi, keterlibatan, dan lingkungan. Kampus universitas di Pittsburgh meraih peringkat tertinggi di tingkat nasional untuk hasil kelulusan mahasiswa.

Pengakuan lain yang diraih universitas sejak 2017, antara lain:

  • Nilai Campus Pride Index 4,5 dari 5 bintang (Campus Pride organisasi yang mengidentifikasi institusi yang ramah LGBTQ)
  • Naik ke posisi ke-12 di Center for World University Rankings untuk universitas negeri AS (ke-43 di tingkat internasional)
  • Higher Education Excellence in Diversity Award 2017 dari INSIGHT Into Diversity. (diberikan kepada institusi yang menunjukkan komitmen tinggi terhadap keberagaman dan inklusivitas).
  • Salah satu dari 16 institusi di AS yang paling banyak mengirim peserta untuk program Fulbright U.S. Student dan Scholar pada tahun 2017-2018 (program pertukaran pendidikan internasional utama pemerintah AS).
  • Berada di peringkat ke-50 di daftar 100 besar universitas paling inovatif di dunia (Thomson Reuters).
  • Termasuk di setiap edisi Guide to Green Colleges dari The Princeton Review sejak tahun 2012.
  • Salah satu “Cool Schools” untuk aktivitas-aktivitas keberlanjutan (majalah Sierra).
  • Meraih nilai ‘Silver STARS’ dari Association for Advancement of Sustainability in Higher Education.
University of Pittsburgh - image gallery 3

Kualitas Pengajaran

Terdapat lebih dari 5.000 dosen mengajar di universitas, semuanya dengan tingkat keahlian tinggi. Terdapat penekanan pada pembelajaran praktek, dan mahasiswa didorong untuk menggunakan ilmu dan konsep baru dalam konteks dunia nyata.

Untuk memastikan mahasiswa diberikan dukungan di universitas, terdapat kelas-kelas berukuran kecil. 63% kelas S1 memiliki kurang dari 30 mahasiswa, dan hanya 5% kelas memiliki lebih dari 100 mahasiswa. Hal ini memungkinkan sesi-sesi kelompok kecil dan bimbingan individual dari dosen-dosen yang ramah.

Lima dosen terbaik universitas meraih penghargaan dari kampus setiap tahunnya dengan kehormatan pengajaran tertinggi, the Chancellor’s Distinguished Teaching Award. Terdapat pula penghargaan bagi sekolah, departemen, mentor, dan inovator.

Para peneliti juga selalu mencoba untuk mendorong batas-batas ilmu pengetahuan di berbagai bidang dan keahlian, mulai dari kritik sastra hingga pencarian komputer kuantum. Para peneliti institusi secara rutin berkolaborasi dengan dosen-dosen lain dari departemen dan disiplin lain, serta universitas-universitas lain dan para mitra perusahaan.

Beberapa departemen di universitas telah meraih pengakuan dan peringkat tinggi, termasuk:

  • Peringkat universitas terbaik di dunia untuk bidang filsafat (QS World University Rankings 2018).
  • Peringkat ke-16 di dunia untuk bidang keperawatan dan ke-36 untuk bidang kedokteran (QS World University Rankings 2018).
  • Universitas terbaik di AS untuk bidang profesi kesehatan (College Factual).
  • Peringkat ke-9 di AS untuk pendanaan federal di bidang ilmu pengetahuan alam dan teknik (National Science Foundation).
  • Secara konsisten termasuk dalam 100 besar universitas penelitian di dunia.
University of Pittsburgh - image gallery 4

Struktur Departemen

University of Pittsburgh menawarkan program-program S1, S2, dan S3 untuk beragam bidang studi, mulai dari akuntansi dan antropologi, hingga kedokteran dan Studi Asia.

Beberapa Fakultas dan Departemen yang ditawarkan di universitas:

  • Fakultas Seni dan Sains Kenneth P. Dietrich
  • Departemen Pascasarjana Bisnis Joseph M. Katz
  • Departemen Administrasi Niaga
  • Fakultas Kedokteran Gigi
  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Teknik Swanson
  • Fakultas Ilmu Umum
  • Fakultas Kesehatan dan Ilmu Rehabilitasi
  • Pitt Honours College
  • Fakultas Ilmu Komputer dan Informasi
  • Fakultas Hukum
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Keperawatan
  • Fakultas Farmasi
  • Fakultas Pascasarjana Hubungan Publik & Internasional
  • Fakultas Pascasarjana Kesehatan Masyarakat
  • Fakultas Pekerjaan Sosial
  • Pusat Universitas untuk Studi Internasional
University of Pittsburgh - image gallery 5

Beasiswa & Pendanaan

University of Pittsburgh mengalokasikan dana sebesar USD2.000 untuk beasiswa bagi mahasiswa internasional setiap tahunnya. Beasiswa tersebut diberikan untuk delapan semester di tingkat S1, jika mahasiswa dapat mempertahankan IPK 3,0 dan memenuhi seluruh syarat dan ketentuan beasiswa.

Beasiswa diberikan bagi mahasiswa internasional berdasarkan prestasi akademis sebelumnya. Jika mahasiswa mengirimkan pendaftaran universitas (dan dokumen-dokumen pendukung) sebelum tanggal 1 Februari pada tahun ajaran tersebut, persyaratan beasiswa mahasiswa secara otomatis dinilai. Komite universitas yang bertanggung jawab untuk menilai persyaratan beasiswa, membuat keputusan setiap minggunya sehingga mahasiswa didorong untuk mendaftar sedini mungkin untuk meningkatkan peluang mereka untuk mendapatkan pendanaan. Seluruh mahasiswa akan diberi notifikasi jika menerima beasiswa pada 1 April tahun ajaran tersebut.

Tidak ada proses pendaftaran terpisah untuk beasiswa akademis. Untuk dapat memenuhi syarat untuk beasiswa akademis, mahasiswa S1 harus berkuliah purna waktu, dengan minimal 12 kredit per semester, dan memulai perkuliahan mereka pada semester musim gugur pertama setelah uang diterima.

Mahasiswa transfer internasional tidak dapat dipertimbangkan untuk persyaratan beasiswa dan harus mencari pilihan pendanaan lain.

University of Pittsburgh - image gallery 6

Fasilitas

University of Pittsburgh menawarkan berbagai pilihan perumahan di dalam dan luar kampus bagi mahasiswa, mulai dari asrama hingga apartemen.

Mahasiswa S1 yang memulai perkuliahan pada semester musim gugur mendapat jaminan perumahan di dalam kampus untuk 3 tahun, jika mahasiswa membayar biaya perkuliahan sebelum 1 Mei.

Di kampus, setiap kamar mendapatkan layanan televisi kabel standar dengan kasur twin ekstra panjang dengan matras, meja, lemari, kursi, dan kabinet. Seluruh perumahan memiliki akses ke fasilitas-fasilitas binatu.

Asosiasi Mahasiswa Asrama tersedia untuk bantuan dan dukungan, dan memastikan bahwa mahasiswa menikmati waktu mereka selama di perumahan mahasiswa. Asosisasi ini juga menyelenggarakan acara-acara kampus, program advokasi, dan peluang-peluang kepemimpinan sepanjang tahun.

Atletik

Universitas menawarkan berbagai olahraga dan fasilitas-fasilitas kelas dunia bagi mahasiswa, seperti fasilitas-fasilitas untuk basket, futbol, renang, gulat, dan trek, dan aktivitas lapangan.

Terdapat 14 fasilitas-fasilitas kampus, sepuluh di antaranya tersedia untuk digunakan selam 24 jam sehari.

Fasilitas Akademik

Universitas menawarkan berbagai fasilitas spesifik bidang.

Universitas memiliki 28 perpustakaan dengan 5,1 juta buku dan koleksi. Perpustakaan terbesar di universitas adalah Perpustakaan Hillman, dengan kapasitas 1.530 mahasiswa. Perpustakaan ini memiliki buku-buku dan koleksi berbagai bidang, termasuk ilmu pengetahuan budaya dan ilmu sosial, psikologi, ilmu komputer, dan peta-peta.

Sistem Perpustakan Ilmu Kesehatan terdiri dari berberapa perpustakaan yang hadir untuk mendukung penelitian, perawatan pasien, dan aktivitas-aktivitas layanan jurusan-jurusan ilmu kesehatan dan rumah sakit di Pusat Kesehatan University of Pittsburgh.

Fasilitas-fasilitas lain meliputi:

  • Laboratorium Vibrant Media (stasiun kerja elektronik, pencetak 3D, konsol permainan vintage).
  • 7 laboratorium komputer.
  • 100 kios email.
  • Dua toko buku: The Book Center dan The Health Book Center.
  • Layanan Kuliner.
  • Media yang diproduksi oleh mahasiswa (koran, radio, dan televisi).
  • Laboratorium penelitian.
University of Pittsburgh - image gallery 7

Hasil Kelulusan

Di University of Pittsburgh, tingkat kelulusan enam tahun mencapai 87%, dan 93% tingkat retensi mahasiswa baru ke tahun kedua.

Untuk membantu penerimaan kerja mahasiswa setelah kelulusan, mahasiswa menyelenggarakan banyak program untuk membantu mempersiapkan dan mengembangkan diri mahasiswa.

Hal tersebut termasuk Kantor Pusat Karir, yang menghubungkan mahasiswa dengan organisasi-organisasi dengan peluang kerja dan magang yang relevan di AS. Kantor ini memberikan berbagai pelayanan, seperti sesi pelatihan dan seminar, untuk mengembangkan keterampilan kerja mahasiswa, membantu mereka untuk dapat menonjol bagi calon pemberi kerja.

Beberapa layanan yang tersedia antara lain:

  • Perjanjian bimbingan karir individual.
  • Penilaian karir.
  • Magang.
  • Wawancara informasional.
  • Program kesukarelawanan.
  • Perencanaan magang.
  • Penilaian CV & surat lamaran pekerjaan.
  • Wawancara.
  • Rekrutmen dalam Kampus.
  • Sistem informasi pekerjaan & magang.
  • Persiapan Sekolah Pascasarjana.
  • Lokakarya-lokakarya pengembangan karir.
  • Beragam acara setiap semester.
  • Peluang Membangun Jejaring.

94% lulusan Pittsburgh telah sukses bekerja atau melanjukan pendidikan dalam enam bulan setelah kelulusan.

close