City, University of London

Inggris

DILIHAT 4057 KALI

PERINGKAT TIMES: 351

informasi dari

City, University of London berlokasi di pusat London merupakan universitas global terkemuka dengan keunggulan akademis di bidang bisnis dan profesi.

  • Peringkat ke-1 di London untuk kepuasan mahasiswa (CUG 2017)
  • Top 20 universitas terbaik di Inggris (Guardian 2017)
  • Top 15 di Inggris untuk prospek lulusan (The Times 2017)
  • Top 4% universitas terbaik dunia (Times Higher)

Seperti yang diinformasikan oleh mahasiswa

  • Tanya jawab mahasiswa
Helena Czech Republic

Mengapa saya memilih universitas ini?

‘City, University of London memiliki reputasi sebagai tempat terbaik untuk kuliah jurnalisme di Inggris, begitu juga dengan Cardiff University. Saya setuju bahwa tinggal di kota besar akan memiliki lebih banyak pilihan tempat magang. Ada banyak kantor pusat organisasi media di London, jadi Anda dapat mengajukan lamaran penempatan kerja ke lebih banyak tempat.

Saya berpikir mendapatkan gelar dari universitas ini merupakan jaminan bahwa saya akan mendapatkan pekerjaan dengan pemasukan yang menjanjikan di perusahaan ternama. Akan tetapi ternyata tidak segampang itu. Saya tetap harus mempunyai kriteria yang diinginkan perusahaan-perusahaan impian saya.

Saya sadar saya harus bekerja keras untuk menjadi lebih unggul dan program kuliah saya telah menunjukkan caranya. Di akhir perkuliahan ini, semuanya tergantung pada semua keahlian yang telah Anda pelajari, dan koneksi-koneksi yang bisa membantu Anda mendapatkan pekerjaan impian Anda.’

Minggu pertama

‘Minggu pertama di City, University of London sangatlah menyenangkan. Terkadang, program International Journalism (Jurnalisme Internasional) selalu dimulai dengan acara yang disebut sebagai “bootcamp” oleh para tutor (pembimbing).

Jika dipikirkan kembali, sebenarnya tidaklah sengeri namanya, terutama jika Anda sudah memiliki pengalaman bekerja sebagai jurnalis. Akan tetapi, jika dilakukan di kota yang asing, dimana kita masih kurang nyaman dengan bahasa dan aksen setempat, dan harus melewatkan setiap menit membaca iklan, maka acara ini cukup menantang. Jiwa petualang dari tugas harian ini membantu kita mengenal teman-teman sekelas, dan selalu saja ada yang bisa didiskusikan di akhir kelas.

Universitas mengadakan banyak acara sosial, sehingga sangat banyak kesempatan untuk bertemu rekan-rekan lain. Saya punya kenangan favorit sewaktu menerima para mahasiswa internasional di Mansion House. Berbagi motivasi dan pengalaman dengan anak-anak muda yang berpikiran sama adalah pengalaman yang berharga untuk memulai tahun akademis.’

Kampus saya

‘Kebanyakan bangunan universitas berkelompok di sekitar Northampton Square di tengah London. Di sinilah para mahasiswa jurnalisme menghadiri kelas dan belajar di perpustakaan.

Juga terdapat Cass Business School di dekat Liverpool Street yang mengadakan seminar-seminar yang mungkin cocok dengan minat Anda.

Saya rasa lokasi kampus sangatlah strategis, semua yang diperlukan tersedia di sini. Juga tidak sulit untuk keluar di saat sudah bosan dengan kantin atau kafe universitas. Di saat cuaca sedang bagus, kami sering ke Exmouth Market atau hanya bersantai di taman.

Berkat lokasi kampus yang sangat strategis, Anda dapat mengatur beberapa pertemuan dan wawancara dengan para dosen. Program kuliah saya sangatlah praktikal, jadi menyeimbangkan peran dari seorang jurnalis dan mahasiswa sangatlah penting.

Perpustakaan buka 24 jam 7 hari semasa musim ujian. Hal ini sangat membantu jika Anda sangat sibuk dan harus menyelesaikan banyak tugas.’

Kota saya

‘London adalah kota yang sangat besar dan luas. Sehingga, bisa sangat sulit menemukan sesuatu di tempat yang begitu luas. Saya masih merasa tidak terbiasa, karena harus merencanakan segala sesuatu jauh-jauh hari untuk bisa menghadiri acara yang kita inginkan. Tiket bisa habis terjual kapan saja.

Kota ini juga sangat mahal, jadi kurang ramah bagi mahasiswa, dan beban keuangan bisa menjadi sangat berat. Anda harus pintar-pintar berhitung dan mengatur anggaran untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Sebagian besar anggaran saya habis untuk biaya sewa. Akan lebih baik memilih akomodasi di daerah yang tidak terlalu padat.

Begitu Anda menemukan tempat favorit Anda, akan susah berpergian ke tempat lain, karena kota-kota lain terlihat membosankan. Saya sangat menyukai seni dan beragam acara kebudayaan di London. Semua itu sangat luar biasa.’

Ruang studi saya

‘Mahasiswa jurnalisme di City, University of London memiliki departemen sendiri dengan studio TV dan radio, beserta laboratorium-laboratorium komputer untuk editing. Program-program berita semua berlangsung setiap saat dan Anda akan sering melihat mahasiswa berlarian mengatur perjanjian untuk materi atau rekaman wawancara di studio.

Biasanya departemen ini tetap buka di akhir pekan, walaupun lebih tenang karena mereka berfokus pada editing. Mahasiswa dapat masuk dan menggunakan semua fasilitas secara independen, kecuali untuk studio TV yang baru dirombak, yang selalu disupervisi oleh satu tim teknisi. Struktur dari program ini memiliki banyak variasi banyak sepanjang tahun. Kami mulai dengan penekanan akademis, yang berarti duduk di ruang kuliah dan melakukan banyak penelitian dari buku. Sebaliknya, semester terakhir kami terdiri dari perencanaan program TV dan radio yang dijalankan sepenuhnya oleh mahasiswa, jadi kami harus menangani semua tahap produksi di lingkungan yang riil. Para pembimbing memberikan kami penilaian pada akhir acara.’

Kehidupan sosial saya

‘Jika dipirkan kembali, awalnya beban kerja tidak terlalu menuntut. Akan tetapi, seiring waktu berjalan, beban bertambah berat. Anda harus bertindak secara profesional di negara asing, jadi jangan mengharapkan kehidupan mahasiswa yang bebas.

Walau demikian, kelas kami tetap memiliki waktu untuk bersosialisasi dan bersenang-senang bersama-sama. Blacksmiths dan Toffeemakers adalah pub favorit kami. Kedua tempat ini hanya berjarak beberapa langkah dari apartemen kami, jadi Anda akan selalu menemukan wajah-wajah yang dikenal di sini. Terutama sewaktu semester pertama, di saat kami pulang dari kelas hari Jumat sore, kami menutup minggu kami secara resmi dengan satu pint minuman di teras.

Setelah beban kuliah bertambah berat, kadang kami berlari supaya lebih sehat, atau berkumpul dengan sekelompok teman-teman baru dan nonton bareng atau makan malam bersama. Kelebihan dari program yang internasional adalah kita belajar banyak dari berbagai kebudayaan lain dan bahkan mengenal beragam standar profesional di berbagai negara. Berkumpul untuk menikmati masakan tradisional adalah acara yang populer.’

Rumah saya

‘Menemukan flat di London itu cukup susah. Akomodasi di sini, pada umumnya sangat mahal dan tidak terlalu baik. Saya tidak ingin tinggal di asrama karena ingin lebih mandiri, jadi saya mulai mencari flat bersama dengan seorang teman sekelas saya.

Sekarang kami berempat tinggal di flat dan ini cukup baik. Dengan tinggal bersama sedikit orang, kebebasan pribadi tetap terjaga, dan tetap bisa mengadakan pesta dan makan malam. Saya mendengar beberapa keluhan dari teman-teman yang tinggal di asrama, mengenai biaya tambahan, dan beberapa orang malah merasa lebih terkucil walaupun tinggal di bangunan yang sama dengan teman-teman sekelas. Masing-masing asrama memiliki perbedaan yang sangat besar, tetapi pada umumnya, asrama-asrama tidak didesain untuk mendukung pergaulan sosial dan bertemu dengan orang-orang.

Saya sangat menikmati tinggal di London sebelah timur karena selalu ada yang bisa dilakukan, dan selalu ada tempat baru untuk dijelajahi. Sangat menyenangkan memiliki lingkungan sendiri dimana kita bisa merasa seperti berada di rumah sendiri.’

Skor Bahasa Inggris diperlukan

skor IELTS minimum

S2/S3

6.5

S1

6.5

Temukan lokasi tes IELTS terdekat dan jadwal pelaksanaannya

Mungkin ada beberapa persyaratan IELTS yang berbeda, tergantung jurusan yang kamu ambil

Fakta penting City, University of London

Peringkat

Indeks Keanekaragaman Hotcourses (Apa ini?)

DIVERSITY INDEX
Sumber: HESA

152 kewarganegaraan mahasiswa internasional di universitas ini

INDEKS "MERASA DI RUMAH"
Sumber: HESA

0.42% Mahasiswa internasional dari Indonesia

Times Higher Education World University Rankings 2017-2018
Sumber: THE

351

SKOR KESELURUHAN

40.0%

PENGAJARAN

26.6%

PERSPEKTIF INTENASIONAL

93%

PENDAPATAN DARI PENELITIAN DAN INDUSTRI

33.4%

PENELITIAN

26.7%

PENGARUH PENELITIAN (JUMLAH KUTIPAN)

57.8%
QS World University Rankings 2017-2018
Sumber: QS

343

Kehidupan mahasiswa dalam angka

BIAYA PER TAHUN*
BIAYA HIDUP KESELURUHAN

£14820

AKOMODASI KAMPUS

£9100

BIAYA KULIAH RATA-RATA PER TAHUN*

S2/S3

£15590

*Biaya yang ditunjukkan di sini bersifat indikatif, mohon periksa biaya selengkapnya di universitas yang bersangkutan

Ulasan mahasiswa

Belum ada ulasan untuk universitas ini. Jadilah yang pertama untuk menulis.

Lihat jurusan apa saja yang bisa kamu ambil City, University of London

Mencari jurusan

Pilih jenjang*
Pilih jurusan*

Jurusan yang paling dicari di City, University of London

1
Ilmu Sosial dan Media
Ilmu Sosial dan Media
1072 views LIHAT 62 jurusan
2
Bisnis dan Manajemen
Bisnis dan Manajemen
964 views LIHAT 48 jurusan
3
Kesehatan dan Kedokteran
Kesehatan dan Kedokteran
874 views LIHAT 48 jurusan
4
Hukum
Hukum
348 views LIHAT 24 jurusan
5
Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi
Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi
340 views LIHAT 17 jurusan
6
Ilmu Teknik dan Teknologi
Ilmu Teknik dan Teknologi
310 views LIHAT 31 jurusan