Jurusan Kesenian di luar negeri

TENTANG JURUSAN INI

  • TENTANG JURUSAN INI
  • APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?
  • PROSPEK KERJA
  • PROSES PERKULIAHAN
  • MENENTUKAN TEMPAT KULIAH
Art

Seni didefinisikan sebagai ekspresi atau penerapan keterampilan kreatif manusia, terutama dalam bentuk visual. Seni termasuk salah satu pelajaran akademik tertua yang mendahului evolusi bahasa dan ilmu pengetahuan. Seni adalah bentuk penyampaian dari emosi manusia. Baik itu adalah keprihatinan, idealisme maupun sikap. Bahkan sebelum manusia mengenal bahasa standar, manusia gua telah menggunakan media seni untuk berbagi cerita dan informasi. Bahkan saat ini, seni dianggap satu-satunya bentuk komunikasi yang dapat dimengerti oleh setiap umat manusia di seluruh dunia tanpa halangan bahasa.

Jurusan Seni menyediakan berbagai program kuliah yang menarik untuk dipelajari. Baik dari sejarah seni rupa hingga cara untuk menciptakan karya seni Anda sendiri.

APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?

Jika Anda tertarik dengan prinsip-prinsip estetika dan memiliki bakat kreatif, maka Jurusan Seni akan menjadi sangat menyenangkan untuk Anda.

Perlu diingat bahwa untuk menekuni jurusan ini, Anda tidak hanya harus memiliki bakat untuk penciptaan seni, tapi juga mampu memahami konteks sejarah dan sosial yang melatar-belakangi suatu hasil karya seni. Untuk kebanyakan program, Anda tidak hanya diwajibkan untuk menciptakan karya seni Anda sendiri, tetapi juga mempelajari sejarah di balik berbagai konsep artistik, mulai dari Era Pra-Raphael hingga Era Gerakan Surealis. Jadi selain membutuhkan kreativitas, Anda juga dituntut untuk mempunyai minat dalam mempelajari sejarah.

Jurusan seni tentu saja melibatkan banyak kegiatan praktek. Selain harus menghadiri kelas kuliah secara rutin, Anda harus menyelesaikan atau membuat berbagai karya Seni Anda sendiri, baik dalam jam pelajaran maupun di luar jam pelajaran. Karena semua hasil karya Anda itu akan menjadi portfolio (contoh hasil karya) yang menunjukkan seberapa jauh kreativitas Anda dalam bidang seni. Dan berdasarkan itulah Anda akan dinilai, baik oleh guru Anda maupun perusahaan yang akan menerima Anda nanti.

PROSPEK KERJA

Banyak yang memilih Jurusan Seni karena kecintaan mereka yang mendalam dalam Bidang Seni. Sehingga banyak para lulusan yang memilih untuk menjadi Seniman, dimana mereka bebas berekspresi dengan menciptakan gaya seni mereka sendiri.

Gaji rata-rata untuk lulusan baru Jurusan Seni di Inggris adalah £17,000 per tahun. Mayoritas lulusan memulai karir mereka dengan mencari pekerjaan lepas (freelance) atau pekerjaan paruh waktu. Ada banyak bidang yang menyediakan lowongan kerja, seperti penerbitan, desain grafis ataupun jurnalisme.

PROSES PERKULIAHAN

Syarat masuk dari tiap universitas bisa berbeda. Tetapi kebanyakan universitas mengharuskan calon mahasiswa mempunyai kualifikasi nilai A atau setara. Pada saat penempatan program, calon mahasiswa diharapkan untuk menghadiri wawancara dengan membawa contoh hasil karya seni yang pernah mereka buat. Bagi pelajar asing, nilai minimal yang harus dicapai dalam Tes IELTS adalah 6.0.

Ada banyak pilihan bagi yang ingin memilih Jurusan Seni. Anda bisa memilih dari Fotografi, Desain Grafis, Seni Rupa maupun kategori lainnya, tergantung universitas mana yang Anda pilih. Lama kuliah biasanya memakan waktu antara 3 sampai 4 tahun. Untuk proses penilaian, portfolio (contoh hasil karya) Andalah yang akan memberikan porsi paling besar.

MENENTUKAN TEMPAT KULIAH

Jika Anda ingin menekuni Jurusan Seni, lokasi adalah pertimbangan utama yang perlu diperhitungkan ketika Anda memilih tempat kuliah Anda. Ini dikarenakan kegiatan ekstrakurikuler Anda akan berdampak pada studi dan karir Anda di masa depan. Idealnya Anda harus mencari universitas yang terletak di kota yang terkenal untuk seni, seperti London, Leeds atau Edinburgh. Ini juga akan memiliki manfaat tambahan yang memungkinkan Anda untuk bertemu teman-teman yang mempunyai minat yang sama dengan Anda. Dan juga, ini adalah salah satu sumber penting di saat Anda ingin mencari inspirasi.

Anda juga perlu mengenal minat Anda terlebih dahulu. Anda ingin belajar Seni. Tetapi bidang seni manakah yang Anda minati? dan jangan lupa, seni itu berkaitan erat dengan sejarah. Universitas di lokasi yang berbeda menawarkan modul yang berbeda, dan sejarah setempat akan mempengaruhi modul yang ditawarkan tersebut. Maka dari itu pilihlah universitas yang terletak di kota-kota yang kaya dengan sejarah. Dengan begitu Anda bisa memperoleh lebih banyak wawasan dan ada lebih banyak kesempatan untuk mencari pengalaman. Hal ini tentunya akan sangat membantu prestasi kuliah Anda yang nantinya akan sangat berpengaruh di saat Anda mencari kerja.

Kebanyakan dari universitas ternama meyeleksi calon mahasiswa mereka dengan lebih ketat. Nilai minimal yang harus Anda capai adalah 3 A-level atau setara untuk Tingkat Sarjana. Untuk Tingkat Pasca Sarjana, Anda harus mempunyai Gelar Sarjana dengan predikat 2:1, dan juga disertai dengan portfolio (contoh hasil karya) Anda. Apabila Anda belum memenuhi syarat yang diminta, Anda bisa menunda waktu kuliah Anda dan membuat portfolio yang bisa menunjukkan kreativitas Anda sebaik mungkin. Akan lebih baik lagi jika Anda juga bisa mencari pengalaman kerja.

Jika masalah keuangan yang menjadi hambatan, Anda bisa mencari beasiswa.

Program Kesenian apa saja yang tersedia di sana?

1

Seni Rupa Indah

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
2

Sejarah Seni

TINGKAT PENDIDIKAN Sarjana / Pascasarjana
3

Seni Visual

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
4

Animasi

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana

10 Negara tujuan kuliah untuk jurusan Kesenian

1
9
Australia
DILIHAT 5,066 KALI Lihat 72 program
2
210
Inggris
DILIHAT 3,970 KALI Lihat 193 program
3
114
Malaysia
DILIHAT 3,427 KALI Lihat 47 program
4
173
Korea Selatan
DILIHAT 2,032 KALI Lihat 3 program
5
168
Singapura
DILIHAT 1,924 KALI Lihat 14 program
6
211
Amerika Serikat
DILIHAT 1,920 KALI Lihat 734 program
7
93
Jepang
DILIHAT 1,444 KALI Lihat 4 program
8
131
Belanda
DILIHAT 1,180 KALI Lihat 17 program
9
32
Kanada
DILIHAT 1,141 KALI Lihat 90 program
10
134
Selandia Baru
DILIHAT 1,023 KALI Lihat 26 program