Jurusan Ekonomi di luar negeri

TENTANG JURUSAN INI

  • TENTANG JURUSAN INI
  • APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?
  • PROSPEK KERJA
  • PROSES PERKULIAHAN
  • MENENTUKAN TEMPAT KULIAH
Economics

Ekonomi adalah ilmu tentang cara mengendalikan dan menyalurkan sumber daya yang ada di sekitar kita. Asal kata ekonomi diambil dari istilah Yunani "oikonomia" yang memiliki arti cara mengelola pekerjaan-pekerjaan rumah tangga dan tugas administrasi. Ekonomi baru menjadi jurusan yang berdiri sendiri pada akhir abad ke-19, dimana Ilmu Ekonomi dipisahkan dari pelajaran Ilmu Politik.

Ilmu Ekonomi dibagi menjadi dua bagian besar; Mikro Ekonomi dan Makro Ekonomi. Mikro Ekonomi terpusat pada pasar individu beserta struktur dan para pemain kuncinya, sedangkan Makro Ekonomi membahas mengenai Ilmu Ekonomi baik dalam skala nasional maupun internasional.

Ilmu Ekonomi selalu menjadi ilmu yang menarik. Perekonomian dunia yang selalu diwarnai dengan berbagai tantangan membuat perusahaan-perusahaan untuk merekrut lulusan dengan pengetahuan ekonomi yang lebih mendalam.

APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?

Jurusan ini cocok bagi Anda yang mempunyai minat dalam bidang jual beli. Walaupun kenyataannya Ilmu Ekonomi tidak sesederhana penjualan dan pembelian. Ini dikarenakan banyak faktor yang mempengaruhi suatu transaksi; misalnya interaksi antara penjual dan pembeli, regulasi yang membatasi gerak dalam berdagang dan sebagainya. Oleh karena itu, jika Anda ingin menekuni Bidang Ekonomi, Anda haruslah seorang yang luwes, cepat tanggap dan mempunyai naluri bisnis.

Para mahasiswa yang ingin menekuni Jurusan Ekonomi harus ulet dan bisa bekerja keras. Ilmu Ekonomi tidak hanya mempelajari mengenai kebijakan fiskal dan moneter, namun juga mengenai bagaimana mengaplikasikan prinsip-prinsip ekonomi ke dalam kasus nyata. Selama kuliah, para mahasiswa dituntut untuk mampu berpikir logis dan mempunyai daya analisa yang kuat.

PROSPEK KERJA

Alasan mayoritas mahasiswa memutuskan untuk mempelajari ekonomi adalah karena mereka menyukai mata kuliah tersebut. Gaji awal rata-rata dari lulusan ekonomi di Inggris adalah sekitar £25,637 per tahun, selain itu juga luasnya pilihan lapangan pekerjaan bagi para lulusan tersebut juga menjadi salah faktor penyebab mengapa jurusan ini sangat populer.

Lulusan ekonomi sangat digemari oleh perusahaan, hal ini yang menyebabkan para lulusan ekonomi dapat dengan mudah memasuki berbagai tingkatan pilihan pekerjaan di beragam industri, seperti bank, lembaga keuangan, pemasaran dan administrasi, juga penjualan. Banyak dari Sarjana Ekonomi mengambil Program Pasca Sarjana untuk dapat lebih fokus pada satu bidang spesialisasi tertentu, seperti Hukum Bisnis.

Bagi sebagian mahasiswa, Sarjana Ekonomi tidak hanya bergerak dalam lingkup sektor bisnis dan keuangan saja, namun juga dapat membuka kesempatan pada berbagai industri lainnya, seperti Jurnalisme dan bahkan dunia pendidikan. Sebagian Sarjana Ekonomi juga memasuki dunia politik dan bekerja sebagai peneliti pada pemerintahan kota maupun negara.

PROSES PERKULIAHAN

Mata kuliah dari Jurusan Ekonomi adalah Ilmu Makro dan Mikro Eekonomi. Modul pembelajarannya mencakup teori ekonomi yang merupakan elemen penting dalam perkuliahan, namun mahasiswa juga akan mempelajari lebih jauh mengenai dampak dari perbedaan kebijakan terhadap berbagai aspek ekonomi.

Calon mahasiswa S1 (sarjana) diharapkan memiliki nilai minimal 3 nilai A atau yang setara untuk mata pelajaran Ekonomi, Matematika, Bahasa Inggris dan Sejarah. Calon mahasiswa S2 diharapkan memiliki Gelar Sarjana dengan predikat 2:1 di bidang terkait. Bagi pelajar asing, diwajibkan untuk mengambil ujian IELTS dengan nilai minimal 6.0-6.5.

Lamanya waktu perkuliahan tergantung dari universitas dan tingkatannya. Mayoritas perkuliahan Sarjana Ekonomi membutuhkan waktu 3 tahun. Program Pascasarjana berkisar antara 1 hingga 3 tahun tergantung spesialisasi di bidang mana yang Anda pilih, dan juga tergantung apakan Anda mengambil program penuh waktu atau paruh waktu.

MENENTUKAN TEMPAT KULIAH

Terlepas dari jurusan yang akan Anda pilih, lokasi dari universitas juga menjadi faktor yang harus dipertimbangkan. Anda akan mengikuti perkuliahan minimal 1 tahun, jadi merupakan hal yang penting untuk memilih universitas yang dapat memenuhi kebutuhan Anda secara emosional dan intelektual. Mengenal kebudayaan baru dan bertemu orang-orang baru adalah bagian dari pengalaman hidup seorang mahasiswa, penting bagi Anda untuk dapat memaksimalkan pengalaman perkuliahan Anda. Di saat sebagian mahasiswa lebih memilih untuk berkuliah di kota-kota besar dengan kegiatan sosial yang beragam, yang lainnya lebih memilih kota kecil dengan komunitas yang lebih tenang.

Anda wajib mengetahui syarat masuk yang diajukan universitas dan juga kemampuan finansial Anda sebelum melakukan pendaftaran pada univeritas yang diminati. Apakah Anda sudah memiliki nilai yang sesuai untuk mendaftar? Jika Anda mengalami permasalahan mengenai biaya kuliah, Anda dapat mencari informasi mengenai beragam beasiswa yang bisa membantu Anda.

Walaupun modul inti yang ditawarkan setiap universitas cenderung memiliki kemiripan, modul pilihan yang ditawarkan bisa berbeda-beda. Akan lebih baik jika Anda mencari informasi terlebih dahulu mengenai pilihan modul yang ditawarkan. Apakah modul yang ditawarkan sesuai dengan bidang yang ingin Anda tekuni dan apakah modul tersebut bisa lebih menunjang karir Anda di masa depan.

Anda juga perlu mempertimbangkan prestise universitas yang Anda minati dan mencari informasi apakah universitas Anda mempunyai koneksi dengan industri yang Anda minati. Sebagian besar perusahaan ternama memiliki hubungan baik dengan beberapa universitas tertentu, tempat mereka merekrut sebagian besar karyawan mereka.

Program Ekonomi apa saja yang tersedia di sana?

1

Ekonomi Pembangunan

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
2

Ekonomi Bisnis / Industri

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
3

Ekonomi Pangan / Pertanian

TINGKAT PENDIDIKAN Sarjana / Pascasarjana
4

Ekonometrik

TINGKAT PENDIDIKAN Sarjana / Pascasarjana

10 Negara tujuan kuliah untuk jurusan Ekonomi

1
210
Inggris
DILIHAT 9,903 KALI Lihat 123 program
2
9
Australia
DILIHAT 5,465 KALI Lihat 40 program
3
93
Jepang
DILIHAT 4,605 KALI Lihat 12 program
4
114
Malaysia
DILIHAT 4,244 KALI Lihat 36 program
5
168
Singapura
DILIHAT 4,161 KALI Lihat 10 program
6
131
Belanda
DILIHAT 3,180 KALI Lihat 15 program
7
69
Jerman
DILIHAT 2,566 KALI Lihat 27 program
8
173
Korea Selatan
DILIHAT 2,131 KALI Lihat 3 program
9
211
Amerika Serikat
DILIHAT 1,810 KALI Lihat 577 program
10
134
Selandia Baru
DILIHAT 736 KALI Lihat 9 program