Jurusan Sejarah di luar negeri

TENTANG JURUSAN INI

  • TENTANG JURUSAN INI
  • APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?
  • PROSPEK KERJA
  • PROSES PERKULIAHAN
  • MENENTUKAN TEMPAT KULIAH
History

Menurut politikus dan penulis Edmund Burke, pentingnya mempelajari sejarah adalah karena kenyataan bahwa “Mereka yang tidak mengetahui sejarah akan cenderung mengulangnya”. Dideskripsikan sebagai ilmu mengenai peristiwa sejarah perilaku dan kepercayaan masa lalu manusia yang seringkali menjadi landasan kondisi masyarakat saat ini. Dengan mempelajari ilmu sejarah, mahasiswa akan menerima topik perkuliahan mulai dari peradaban Jaman kuno seperti Yunani, Mesir dan Roma, sampai dengan yang lebih baru seperti perang dunia, perang dingin dan pergerakan Suffragette, serta mengenai dampak dari peristiwa-peristiwa tersebut dalam membentuk dunia saat ini.

APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?

Jika Anda memiliki minat mengenai sejarah dan memiliki daya analisa yang kuat, maka ilmu sejarah adalah jurusan yang tepat bagi Anda. Dengan hobi membaca dan menganalisa sesuatu, Anda cenderung memiliki kemampuan analisa yang tajam untuk mengevaluasi sumber-sumber informasi primer dan sekunder, beserta dampak yang ditimbulkan peristiwa-peristiwa sejarah penting yang terjadi.

Umumnya jurusan humaniora memiliki masa kuliah yang lebih sedikit dibandingkan jurusan program sarjana lainnya, namun bukan berarti ilmu sejarah adalah subjek yang mudah. Selain diharuskan membuat karya tulis ilmiah dan menghadiri ujian, Anda juga diwajibkan untuk menghafal tanggal-tanggal penting dalam sejarah dan membaca beragam literatur sejarah.

PROSPEK KERJA

Sebagai hasil dari kemampuan analisa yang didapat selama masa kuliah, banyak pilihan jenis pekerjaan yang tersedia bagi mereka yang lulus dengan memuaskan dari jurusan ilmu sejarah ini. Sebagian besar lulusan cenderung mengambil program pasca sarjana atau mengikuti pelatihan khusus yang memungkinkan mereka untuk mengejar karir di bidang jurnalisme, pendidikan dan hukum, serta bidang-bidang lainnya.

Seringkali tanpa pelatihan lebih lanjut, banyak lulusan yang memiliki pengalaman kerja dari ekstra kurikuler selama kuliah, mendapatkan pekerjaan dalam waktu beberapa bulan di bidang PR, Sumber Daya Manusia, Pemasaran, dan administrasi. Dengan gaji rata-rata £19,909 per tahun bagi mahasiswa di Inggris, ilmu sejarah bukan hanya jurusan yang menarik, namun juga menyediakan pilihan pekerjaan yang fleksibel di dunia kerja. Namun tentu saja jumlah gaji yang diterima bergantung pada tempat Anda bekerja nantinya.

PROSES PERKULIAHAN

Di Inggris, syarat bagi mahasiswa yang ingin mengambil program sarjana adalah nilai nilai A atau yang setara, sedangkan bagi program Pascasarjana diwajibkan untuk memiliki nilai 2:1 BA (hons). Namun beberapa universitas menerima mahasiswa yang memiliki nilai memuaskan pada subjek lainnya, seperti bahasa Inggris, literatur Inggris dan bahkan Hukum atau Ekonomi.

Masing-masing universitas memiliki persyaratan nilai masuk yang berbeda-beda, namun semuanya mewajibkan calon mahasiswa yang berbahasa ibu bukan bahasa Inggris untuk memiliki nilai minimal 6.0 dalam ujian IELTS. Beberapa universitas yang ternama tidak menerima calon mahasiswa dengan nilai kurang dari 6.5.

Ilmu sejarah adalah tentang analisa, jadi sebagian besar tugas akan berbentuk esai atau ujian tertulis daripada dalam bentuk praktek. Lama waktu perkuliahan jurusan ilmu sejarah minimal membutuhkan 3 tahun, walau sebagian universitas menawarkan mahasiswanya kesempatan untuk kuliah di luar negri selama satu tahun dengan skema Erasmus. Hal ini menguntungkan bagi mereka yang ingin memiliki spesialisasi pada ilmu sejarah asing/luar negri. Sedangkan, untuk perkuliahan di Skotlandia membutuhkan waktu minimal 4 tahun.

MENENTUKAN TEMPAT KULIAH

Terlepas dari jurusan yang Anda pilih, lokasi dari universitas adalah hal yang penting sebagai bahan pertimbangan. Saat Anda memilih jurusan ilmu sejarah, lokasi menjadi hal yang berpengaruh lebih besar lagi, karena sejarah dari wilayah lokal biasanya akan menjadi mata kuliah spesialisasi dari universitas tersebut. Sebelum melakukan pendaftaran, pertimbangkan terlebih dahulu jaman sejarah mana yang paling menarik bagi Anda, lalu pilih universitas yang mampu menawarkan pengalaman perkuliahan yang lebih mendalam mengenai jaman tersebut. Jika Anda tertarik pada sejarah abad menengah Inggris, maka akan tepat jika Anda memilih universitas York dan Nottingham, sedangkan Newcastle dan Durham lebih tepat untuk mempelajari sejarah zaman pendudukan bangsa Roma.

Selain kepastian akan beragamnya jenis pekerjaan yang menanti, penting juga bagi Anda untuk melihat apakah universitas yang Anda pilih menyediakan kesempatan untuk berkoneksi dan bertemu dengan perusahaan yang potensial. Walau sepertinya ganjil bagi Anda untuk memikirkan kehidupan setelah lulus bahkan sebelum Anda memutuskan di mana akan berkuliah, penting bagi Anda untuk memperluas kesempatan Anda untuk bekerja selama Anda berkuliah. Jangan lupa untuk selalu mendatangi jasa karir kampus untuk melihat apakah ada penawaran pekerjaan paruh waktu atau skema shadowing industri bagi mahasiswa program sarjana.

Banyak ragam universitas dapat dipilih untuk mempelajari ilmu sejarah dan penawaran modul mata kuliah spesialisasi yang beragam pula. Sebelum mendaftar pastikan terlebih dahulu syarat pendaftaran yang dibutuhkan oleh universitas dan apakah Anda sanggup membiayai perkuliahan tersebut. Jika Anda kesulitan dalam pembiayaan, maka pengajuan untuk beasiswa dapat Anda pertimbangkan.

Program Sejarah apa saja yang tersedia di sana?

1

Sejarah Purba

TINGKAT PENDIDIKAN Sarjana / Pascasarjana
2

Sejarah (Teoritis)

TINGKAT PENDIDIKAN Sarjana / Pascasarjana
3

Sejarah Abad Pertengahan Sebelumnya

TINGKAT PENDIDIKAN Sarjana / Pascasarjana
4

Sejarah Awal Abad Pertengahan

TINGKAT PENDIDIKAN Sarjana / Pascasarjana

10 Negara tujuan kuliah untuk jurusan Sejarah

1
210
Inggris
DILIHAT 3,840 KALI Lihat 116 program
2
131
Belanda
DILIHAT 2,599 KALI Lihat 7 program
3
114
Malaysia
DILIHAT 1,724 KALI Lihat 11 program
4
211
Amerika Serikat
DILIHAT 990 KALI Lihat 676 program
5
9
Australia
DILIHAT 792 KALI Lihat 36 program
6
69
Jerman
DILIHAT 661 KALI Lihat 5 program
7
204
Turki
DILIHAT 659 KALI Lihat 3 program
8
173
Korea Selatan
DILIHAT 419 KALI Lihat 1 program
9
93
Jepang
DILIHAT 267 KALI Lihat 5 program
10
32
Kanada
DILIHAT 223 KALI Lihat 69 program