Jurusan Manufaktur dan Produksi di luar negeri

TENTANG JURUSAN INI

  • TENTANG JURUSAN INI
  • APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?
  • PROSPEK KERJA
  • PROSES PERKULIAHAN
  • MENENTUKAN TEMPAT KULIAH
Manufacturing and production

Industri Manufaktur dan produksi berkenaan dengan proses pembuatan barang dan jasa dalam jumlah besar dengan menggunakan tenaga kerja dan peralatan, dengan cara mengubah bahan baku menjadi produk yang sesuai dengan permintaan konsumen. Metode manufaktur dan produksi bisa bervariasi, dari kerajinan tangan yang sederhana hingga melibatkan alat-alat berat yang lebih rumit. Hasil akhir dari manufaktur dan produksi bisa digunakan menjadi bahan baku dari industri yang lebih kompleks, misalnya spare part yang diproduksi oleh suatu pabrik digunakan sebagai bahan baku oleh industri automotif, pesawat terbang, komputer dan sebagainya.

APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?

Jika Anda mempunyai rasa ingin tahu yang kuat mengenai bagaimana suatu barang dibuat, atau Anda sendiri suka membuat atau memperbanyak barang, baik dengan hanya menggunakan tangan maupun teknik lainnya, Anda mungkin cocok di bidang manufaktur dan produksi.

Jurusan manufaktur dan produksi mempelajari bidang yang sangat luas; mulai dari sejarah, teori mengenai prinsip manufaktur dan produksi, serta berbagai faktor dan regulasi yang mempengaruhi proses manufaktur dan produksi itu sendiri. Oleh karena itu, selain menghadiri kelas kuliah, para mahasiswa di jurusan ini juga harus berpartisipasi dalam kegiatan praktek atau pun penempatan kerja untuk memperoleh pemahaman lebih mendalam mengenai proses pmanufaktur dan produksi.

PROSPEK KERJA

Ada banyak lowongan kerja yang tersedia dalam sektor manufaktur dan produksi. Biasanya tamatan baru yang belum mempunyai pengalaman kerja di bidang yang bersangkutan akan menempati posisi sebagai trainee di suatu perusahaan manufaktur. Ada banyak perusahaan-perusahaan yang merekrut para lulusan dari Jurusan Manufaktur dan Produksi, terutama perusahaan-perusahaan di sektor pangan, obat-obatan dan fashion.

Bagi para lulusan ang lebih menyenangi aspek teori bisa melamar di posisi manajemen produksi, dimana perannya adalah mengawasi proses manufaktur dan memastikan bahwa metode yang digunakan sesuai dengan ketentuan kontrak dan hukum yang berlaku. Selain itu, mereka juga berperan dalam menjaga kesejahteraan tenaga kerja.

Pengetahuan yang luas yang dipelajari semasa kuliah memungkinkan para lulusan dari Jurusan Manufaktur dan Produksi diterima bekerja di bidang lain seperti hukum, keuangan, komersial dan jurnalisme.

PROSES PERKULIAHAN

Pengalaman praktek sangat dinilai dalam jurusan Manufaktur dan Produksi. Mayoritas program mewajibkan para mahaiswa untuk menyelesaikan 2 penempatan kerja untuk menamatkan Program Sarjana. Lama kuliah tergantung seberapa lama mahasiswa bisa menyelesaikan penempatan kerja mereka. Akan tetapi pada umumnya Program Sarjana berlangsung sekitar 3-4 tahun. Syarat untuk mendaftar ke Program Sarjana adalah minimal 3 nilai nilai A atau setara.

Program Pascasarjana bisa berlangsung antara 1 hingga 4 tahun. Sebelum bisa mendaftar ke Progam Pascasarjana, calon mahasiswa diwajibkan untuk menyelesaikan Program Sarjana dengan predikat 2:1. Untuk pelajar asing yang ingin mendaftar diwajibkan untuk memilik Sertifikat IELTS dengan nilai antara 6.0-6.5.

MENENTUKAN TEMPAT KULIAH

Yang pertama yang harus diperhatikan adalah syarat masuk yang diajukan oleh universitas. Periksalah apakah Anda telah memenuhi syarat-syarat tersebut. Selain itu periksalah apakah universitas pilihan Anda mempunyai hubungan kerja sama dengan industri-industri manufaktur dan produksi. Jangan lupa, jurusan ini mewajibkan praktek kerja. Karena dari situlah Anda akan dinilai. Selain nilai akademik, partisipasi Anda di dunia kerja yang sesungguhnya akan mencerminkan seberapa Anda menguasai dan mendalami bidang yang Anda tekuni. Karena itu, pilihlah universitas yang banyak menjalin kerja sama yang erat dengan perusahaan-perusahaan lokal, ini akan memudahkan Anda untuk mendapatkan pengalaman kerja praktek. Dan tentu saja akan memudahkan Anda untuk mencari kerja di saat lulus kuliah nanti. Karena perusahaan-perusahaan tersebut tentunya akan memprioritaskan menerima lulusan dari universitas yang bersangkutan sebagai karyawan mereka. Apalagi jika sebelumnya Anda telah pernah magang di perusahaan tersebut di saat kuliah.

Untuk Program Pasca Sarjana, jika pengalaman kerja Anda dianggap kurang memadai untuk mendaftar ke universitas pilihan Anda, Anda juga bisa mengundurkan waktu kuliah Anda dengan mencari pengalaman kerja yang dibutuhkan. Atau Anda bisa mendaftar ke universitas lain yang persyaratan masuknya lebih fleksibel.

Jurusan Manufaktur dan Produksi mencakup bidang pelajaran yang sangat luas. Modul-modul yang ditawarkan sangat banyak. Sebelum menentukan universitas pilihan, Anda harus bertanya kepada diri sendiri, bidang manakah yang ingin Anda tekuni. Setelah itu periksalah universitas mana saja yang menawarkan modul-modul yang sesuai dengan minat Anda.

Selain universitas, lokasi juga sangat penting. Anda akan belajar dan tinggal disana, sehingga sangat penting bahwa universitas pilihan Anda terletak di sebuah lingkungan di mana Anda bisa berkembang dengan baik secara sosial dan akademis.

Program Manufaktur dan Produksi apa saja yang tersedia di sana?

1

Rekayasa Industri

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
2

Rekayasa Pabrikasi

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
3

Teknologi Pabrikasi

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
4

Pabrikasi (Umum)

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana

10 Negara tujuan kuliah untuk jurusan Manufaktur dan Produksi

1
210
Inggris
DILIHAT 1,662 KALI Lihat 92 program
2
114
Malaysia
DILIHAT 1,205 KALI Lihat 25 program
3
168
Singapura
DILIHAT 1,012 KALI Lihat 9 program
4
69
Jerman
DILIHAT 755 KALI Lihat 7 program
5
9
Australia
DILIHAT 664 KALI Lihat 22 program
6
211
Amerika Serikat
DILIHAT 656 KALI Lihat 308 program
7
93
Jepang
DILIHAT 570 KALI Lihat 2 program
8
131
Belanda
DILIHAT 458 KALI Lihat 8 program
9
84
Hongkong
DILIHAT 256 KALI Lihat 7 program
10
32
Kanada
DILIHAT 230 KALI Lihat 42 program