Jurusan Filsafat di luar negeri

TENTANG JURUSAN INI

  • TENTANG JURUSAN INI
  • APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?
  • PROSPEK KERJA
  • PROSES PERKULIAHAN
  • MENENTUKAN TEMPAT KULIAH
Philosophy

Diartikan sebagai ilmu mengenai permasalahan umum dan mendasar yang dihubungkan dengan realita, para filsuf selama bertahun-tahun menjawab pertanyaan mengenai tujuan hidup, moralitas, dan hati nurani manusia. Dari seluruh peradaban dunia, Yunani kuno merupakan peradaban yang paling terkenal dari segi hasil karya filsafatnya, walaupun mereka sendiri beranggapan bahwa lahirnya filsafat modern dicetuskan oleh bangsa Mesir kuno.

Kata filsafat berasal dari bahasa Yunani “philosophia” yang berarti suatu kecintaan akan pengetahuan atau kebijaksanaan. Kata filsafat pertama kalinya digunakan untuk mendeskripsikan pemikir Yunani dan ahli matematika Pythagoras. Sekarang ini, jurusan filsafat tidak menyiapkan mahasiswa untuk masuk pada suatu industri tertentu, namun membuat mereka mengembangkan kemampuan dalam memproses dan mendebat informasi, berpikir kreatif, dan memformulasikan pendapat secara tepat. Walaupun lulusan jurusan filsafat bukan sebuah syarat penting dari pekerjaan tertentu, keahlian analisa yang kritis yang dikembangkan selama perkuliahan dapat digunakan untuk menekuni berbagai profesi seperti hukum, jurnalisme, keuangan, bisnis, ilmu agama, dan mengajar.

APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?

Filsafat merupakan jurusan yang tepat bagi mereka yang penuh rasa ingin tahu. Jika Anda suka bertanya dan mendebat pendapat di sekitar Anda, maka filsafat merupakan jurusan ideal bagi Anda. Selama Anda kuliah, Anda akan menggunakan teori-teori sosial untuk memformulasikan pendapat Anda sendiri.

Jika Anda berencana mengambil jurusan filsafat, maka penting bagi Anda untuk memiliki minat pada literatur dan sejarah; terutama sejarah kuno. Kebanyakan filsuf paling berpengaruh di dunia seperti Aristoteles dan Plato, merupakan orang yang berpengaruh terhadap proses pembentukan dasar dari teori filsafat di dunia modern.

Sebagai bagian dari perkuliahan, Anda akan bertanggung jawab terhadap perkembangan dan pembelajaran Anda sendiri. Filsafat merupakan bidang yang kompleks, waktu menjalani kuliah di kelas mungkin lebih sedikit jika dibandingkan dengan jurusan lainnya. Namun Anda diharapkan untuk membaca kritik-kritik dan melakukan penelitian Anda sendiri di luar perkuliahan. Seseorang yang berniat mempelajari filsafat tidak hanya memerlukan minat, namun juga harus giat belajar dan memiliki pengaturan waktu yang baik dalam memaksimalkan masa perkuliahan

PROSPEK KERJA

Meskipun tidak ada jenjang karir tertentu bagi lulusan filsafat, gaji awal rata-rata untuk lulusan Jurusan Filsafat adalah sebesar £21.096 per tahun. Selain itu, terdapat beragam pilihan pekerjaan yang tersedia. Kebanyakan lulusan bekerja di bidang jurnalisme, bisnis, dan keuangan, karena keahlian analisa yang mereka dapatkan selama kuliah.

Banyak mahasiswa dengan gelar filsafat memilih untuk melanjutkan ke program pascasarjana di bidang hukum dan pendidikan, atau bekerja sebagai penulis. Dengan keahlian yang didapat selama kuliah, lulusan filsafat juga dapat bekerja di bidang industri yang tidak berhubungan dengan filsafat.

PROSES PERKULIAHAN

Walaupun filsafat bukanlah jurusan yang tersedia di tiap universitas, cukup banyak pilihan universitas yang menawarkan filsafat sebagai salah satu jurusannya, masing-masing universitas memiliki persyaratan masuk yang berbeda-beda. Meski bukan suatu keharusan bagi calon mahasiswa untuk memiliki nilai A pada mata pelajaran filsafat, namun penting bagi Anda untuk menunjukkan kemampuan Anda dalam jurusan tersebut. Calon yang ideal adalah yang memiliki nilai A pada mata pelajaran berbasiskan humaniora, seperti sastra Inggris, bahasa Inggris, sejarah, dan ilmu agama.

Metode penilaian pada jurusan filsafat beragam tergantung dari universitas, namun sebagian besar universitas mengharuskan mahasiswa tidak hanya membaca seputar mata kuliah dan membuat tulisan setiap minggu, namun juga mengikuti ujian pada akhir semester. Mayoritas perkuliahan membutuhkan waktu 3 tahun, beberapa universitas menawarkan mahasiswa kesempatan untuk kuliah di luar negeri di antara tahun kedua dan tahun terakhir.

Sebelum memulai perkuliahan, seluruh mahasiswa asing yang berbahasa ibu selain bahasa Inggris wajib mengikuti ujian IELTS dan mendapatkan nilai lebih dari 6.0.

MENENTUKAN TEMPAT KULIAH

Jurusan filsafat menawarkan beragam kesempatan kerja, penting bagi Anda untuk tidak hanya melihat reputasi akademik dari suatu universitas, namun juga melihat jaringan kerja yang disediakan oleh universitas. Selain pentingnya nilai yang memuaskan, banyak perusahaan-perusahaan ternama mencari lulusan yang memiliki pengalaman sebelumnya di dunia kerja. Banyak universitas yang menawarkan kesempatan bagi para mahasiswa untuk mengambil penempatan kerja, dimana mereka dapat melamar untuk magang di saat musim panas ataupun bekerja penuh waktu, dengan tujuan meningkatkan potensi kerja mahasiswa nantinya.

Bagimanapun nama besar universitas merupakan hal penting bagi jurusan yang tidak bersifat kejuruan. Oxford, Cambridge, Durham, St. Andrews, Bristol, dan Kings College London dinilai sebagai universitas teratas dalam ilmu filsafat di Inggris, jadi jika Anda memperkirakan nilai Anda akan sangat memuaskan, maka universitas-universitas tersebut patut dipertimbangkan. Namun, jika Anda memperkirakan nilai Anda akan kurang memuaskan, masih banyak universitas hebat lainnya yang menawarkan jurusan filsafat.

Kepribadian Anda juga memiliki pengaruh terhadap di mana Anda akan berkuliah. Dengan semua statistik dan informasi akademik yang Anda terima, ingatlah bahwa universitas pilihan Anda akan mempengaruhi hidup Anda selama 3 tahun ke depan. Jika Anda berencana menghadiri open day yang diselenggarakan universitas sebelum mendaftar, maka pastikan Anda memeriksa wilayah sekitarnya, untuk melihat apakah Anda akan menikmati masa kuliah di sana.

Anda juga harus mepertimbangkan dengan secermat mungkin mengenai biaya kuliah dan biaya hidup selama perkuliahan. Untuk memudahkan keputusan Anda, anggarkan keuangan Anda untuk memastikan segala biaya dapat dipenuhi, dan jika ada beasiswa yang dapat diusahakan.

Program Filsafat apa saja yang tersedia di sana?

1

Filosofi (Teori)

TINGKAT PENDIDIKAN Sarjana / Pascasarjana
2

Etika

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
3

Filosofi Klasik

TINGKAT PENDIDIKAN Sarjana / Pascasarjana
4

Logika (Filosofi)

TINGKAT PENDIDIKAN Sarjana / Pascasarjana

10 Negara tujuan kuliah untuk jurusan Filsafat

1
210
Inggris
DILIHAT 2,346 KALI Lihat 84 program
2
131
Belanda
DILIHAT 1,048 KALI Lihat 9 program
3
9
Australia
DILIHAT 808 KALI Lihat 32 program
4
114
Malaysia
DILIHAT 725 KALI Lihat 21 program
5
69
Jerman
DILIHAT 449 KALI Lihat 6 program
6
211
Amerika Serikat
DILIHAT 283 KALI Lihat 527 program
7
134
Selandia Baru
DILIHAT 188 KALI Lihat 8 program
8
39
Cina
DILIHAT 182 KALI Lihat 14 program
9
209
UEA
DILIHAT 135 KALI Lihat 2 program
10
168
Singapura
DILIHAT 135 KALI Lihat 2 program