Jurusan Hukum Publik di luar negeri

TENTANG JURUSAN INI

  • TENTANG JURUSAN INI
  • APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?
  • PROSPEK KERJA
  • PROSES PERKULIAHAN
  • MENENTUKAN TEMPAT KULIAH
Public Law

Hukum Publik adalah adalah hukum yang mengatur hubungan antara negara dengan warganegaranya. Hukum Publik mencakup hukum konstitusi, hukum administrasi, dan hukum kriminal. Ada banyak struktur hukum yang berbeda di dunia. Bagi yang ingin mempelajari hukum interasional secara keseluruhan perlu mempelajari modul hukum publik.

APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?

Jika Anda menyenangi bidang hukum dan ingin tahu cara kerja hukum, serta ingin mengejar karir di bidang hukum di Inggris, Anda boleh mempertimbangkan jurusan ini.

Jadwal kuliah di jurusan ini termasuk padat. Selain mempelajari banyak teori dan studi kasus di dalam kelas kuliah, para mahasiswa juga harus sering menghadiri diskusi mengenai cara menerapkan studi kasus ke dalam praktek hukum sehari-hari. Untuk memahami sebuah studi kasus dengan baik, sering kali para mahasiswa harus mencari bacaan tambahan atau pun mencari studi kasus yang serupa untuk dibanding-bandingkan. Oleh karena itu, para mahasiswa dituntut untuk mempunyai daya analisa yang tinggi serta pemikiran yang tajam dan kritis.

PROSPEK KERJA

Biasanya para mahasiswa yang menekuni Jurusan Ilmu Hukum mempunyai tujuan untuk mengejar karir sebagai advokat, pengacara, peneliti hukum ataupun sekretaris hukum. Gaji awal rata-rata untuk lulusan Sarjana Hukum adalah sekitar £36,000 per tahun di Inggris. Biasanya, para lulusan Sarjana Hukum Publik bisa melanjutkan pendidikan ke jurusan Legal Advice tanpa harus mengambil kualifikasi GDL (Graduate Diploma in Law).

Akan tetapi, keahlian di bidang hukum yang dipelajari semasa kuliah juga memungkinkan para lulusan untuk bekerja di bidang lain seperti bisnis dan keuangan, akuntansi, humanoira ataupun jurnalisme.

PROSES PERKULIAHAN

Syarat untuk masuk ke Program Sarjana adalah 3 nilai A atau setara untuk mata pelajaran seperti sejarah, hukum, ekonomi atau sastra. Lama kuliah berlangsung sekitar 3 tahun atau lebih tergantung Apakah Anda ingin mengambil penempatan kerja. Universitas ternama seperti Cambridge mengharuskan para calon mahasiswanya mengambil tes LNAT (National Admissions Test for Law).

Untuk Program Pascasarjana, syarat masuknya adalah memiliki Gelar Sarjana dengan predikat 2:1. Untuk nilai minimal yang diwajibkan tergantung dari masing-masing universitas. Lama perkuliahan bisa berkisar antara 1 hingga 4 tahun.

Bagi pelajar asing yang ingin mendaftar diwajibkan untuk memilik Sertifikat IELTS dengan nilai minimal 6.0-6.5.

MENENTUKAN TEMPAT KULIAH

Sebelum mengajukan aplikasi ke universitas pilihan Anda, Anda harus memperhatikan persyaratan masuk yang diajukan oleh universitas tersebut. Apakah Anda memiliki nilai yang tepat untuk masuk? Semakin tinggi kualifikasi Anda, semakin besar kemungkinan Anda akan diterima di universitas pilihan Anda. Kemudian, hal yang perlu dipertimbangkan juga adalah apakah biaya kuliah beserta biaya hidup bisa Anda tangani? Jika Anda masih berjuang untuk mengamankan pendanaan, ada sejumlah beasiswa yang bisa membantu Anda.

Jika Anda mempunyai tujuan untuk menjadi pengacara atau pun penasihat hukum saat Anda tamat nanti, sebaiknya Anda memilih universitas-universitas dengan reputasi yang baik seperti Cambridge, Oxford, Durham, University College London, Kings College London, Nottingham, Glasgow, Exeter dan Bristol. Universitas-universitas tersebut terkenal akan Program Sarjana Hukum karena mereka mewajibkan para calon mahasiswa untuk lulus Tes LNAT sebelum memulai perkuliahan. Sehingga kredibilitas para lulusan dari universitas-universitas tersebut dinilai dengan tinggi di kalangan masyarakat. Hal ini sangat menguntungkan para mahasiswa dari universitas-universitas tersebut karena akan mempermudah mereka mencari penempatan kerja saat kuliah dan prospek karir mereka setelah tamat kuliah juga lebih terjamin.

Selain universitas, lokasi juga penting. Kuliah tidak hanya selalu berfokus kepada pencapaian di bidang akademis. Kehidupan sosial Anda juga harus diperhatikan. Pilihlah lokasi dengan karakteristik kehidupan yang sesuai dengan Anda. Baik itu adalah tempat yang ramai di tengah kota, atau daerah yang lebih tenang di pedalaman. Yang penting, pilihlah tempat dimana Anda bisa berkembang secara baik di bidang akademis maupun sosial.

Program Hukum Publik apa saja yang tersedia di sana?

1

Hak Menurut Hukum (Undang-Undang)

TINGKAT PENDIDIKAN Sarjana / Pascasarjana
2

Hukum Konstitusi / Publik

TINGKAT PENDIDIKAN Sarjana / Pascasarjana
3

Hukum Lingkungan Hidup

TINGKAT PENDIDIKAN Sarjana / Pascasarjana
4

Hukum Administrasi

TINGKAT PENDIDIKAN Sarjana / Pascasarjana

10 Negara tujuan kuliah untuk jurusan Hukum Publik

1
131
Belanda
DILIHAT 2,646 KALI Lihat 5 program
2
210
Inggris
DILIHAT 716 KALI Lihat 58 program
3
9
Australia
DILIHAT 522 KALI Lihat 10 program
4
211
Amerika Serikat
DILIHAT 161 KALI Lihat 73 program
5
173
Korea Selatan
DILIHAT 128 KALI Lihat 1 program
6
114
Malaysia
DILIHAT 122 KALI Lihat 2 program
7
196
Thailand
DILIHAT 96 KALI Lihat 1 program
8
134
Selandia Baru
DILIHAT 56 KALI Lihat 1 program
9
140
Norwegia
DILIHAT 55 KALI Lihat 1 program
10
189
Swedia
DILIHAT 42 KALI Lihat 3 program