Jurusan Sosiologi di luar negeri

TENTANG JURUSAN INI

  • TENTANG JURUSAN INI
  • APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?
  • PROSPEK KERJA
  • PROSES PERKULIAHAN
  • MENENTUKAN TEMPAT KULIAH
Sociology

Diartikan sebagai ilmu mengenai masyarakat sosial, sosiologi mencakup beragam topik mulai dari pengembangan institusi hingga dengan interpretasi sikap-sikap kebudayaan. Analisis sosial banyak dihasilkan oleh para filsuf hebat seperti Plato.

Kata sosiologi pertama kali digunakan untuk menjabarkan ilmu mengenai masyarakat pada tahun 1780 oleh akademisi Prancis Emmanuel Joseph Steynes, dan berasal dari kata Latin “socius” yang berarti teman. Saat ini, sosiologi sudah menjadi subjek yang dipelajari secara luas dan merupakan sebuah disiplin ilmu yang berdiri sendiri, dengan serangkaian subjek lainnya seperti hukum, sastra, sejarah, dan filsafat.

APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?

Apakah Anda senang mempelajari sifat manusia? Apakah Anda berhasrat dalam memahami mengapa struktur masyrakat terbentuk seperti itu? Apakah alasan dan logika manusia merupakan hal yang menarik bagi Anda? Jika demikian, maka sosiologi mungkin jurusan yang ideal bagi Anda.

Sebagai bagian dari perkuliahan, selain memahami beragam kepercayaan teologi, Anda juga akan mempelajari sejarah dan hukum. Maka penting bagi Anda untuk memiliki ketertarikan yang kuat terhadap sosiologi.

Sebagian besar perkuliahan sosiologi dinilai melalui tugas dan ujian tertulis, dengan waktu perkuliahan di kelas yang lebih sedikit dibandingkan jurusan lainnya. Penting bagi mahasiswa untuk bukan hanya memiliki keahlian analisa yang kuat, namun juga termotivasi dan mampu belajar secara mandiri dalam mempelajari buku-buku utama sosiologi.

PROSPEK KERJA

Sebagian besar alasan mahasiswa memilih jurusan sosiologi adalah karena mereka tertarik pada sosiologi. Lulusan sosiologi tidak memiliki jenis pekerjaan tertentu, namun beragam pekerjaan tersedia bagi lulusan dengan nilai yang memuaskan.

Pilihan pekerjaan yang populer bagi lulusan sosiologi adalah bekerja di bidang sosial seperti peneliti sosial, mengumpulkan data statistik mengenai topik-topik yang menjadi perhatian suatu komunitas, atau pekerja sosial yang memperhatikan orang-orang yang terpinggirkan dalam masyarakat.

Memungkinkan juga bagi lulusan sosiologi untuk berkarir dalam bisnis, terutama pada pekerjaan yang memerlukan interaksi dengan orang lain. Banyak lulusan yang bekerja di bagian penjualan, SDM atau bahkan relasi publik.

Bagi mereka yang ingin melanjutkan pendidikan, terdapat pilihan untuk memasuki bidang yang berbeda seperti jurnalisme, pengajar sixth form, atau bahkan mengambil diploma hukum untuk dilatih menjadi advokat maupun pengacara.

PROSES PERKULIAHAN

Tersedia beragam pilihan jurusan bagi mahasiswa yang ingin mempelajari sosiologi. Jika Anda sudah memiliki gelar sarjana, Anda mungkin dapat mempertimbangkan untuk mengambil program pascasarjana seperti MA yang membutuhkan waktu minimal 1 tahun. Program sarjana membutuhkan waktu minimal 3 tahun, dimana sebagian perkuliahan memberi pilihan pada mahasiswa untuk mengambil skema Erasmus (kuliah ke luar negeri) atau mengambil penempatan kerja di antara tahun kedua dan ketiga perkuliahan.

Persyaratan masuk perkuliahan sangat bergantung pada tempat dan tingkat Anda kuliah. Program pascasarjana mewajibkan Anda memiliki gelar sarjana dengan predikat 2:1, sedangkan program sarjana membutuhkan nilai minimal 3 nilai As atau setara untuk mata pelajaran humaniora atau yang terkait.

Bagi Anda yang ingin kuliah di Inggris namun berbahasa ibu selain bahasa Inggris, Anda diharuskan mengikuti ujian IELTS dan mendapat nilai minimal 6.0 -6.5. Sosiologi merupakan jurusan yang pemahaman akan mata kuliahnya dinilai berdasarkan tugas dan ujian tertulis. Walaupun mahasiswa menghadiri perkuliahan di kelas, kebanyakan tugas di jurusan ini diselesaikan di luar jam kuliah.

MENENTUKAN TEMPAT KULIAH

Universitas Cambridge, Durham, dan Bath merupakan universitas terbaik untuk fakultas sosiologi di Inggris, prestise universitas Anda menjadi poin penting untuk jurusan-jurusan yang bersifat non-vokasi (bukan kejuruan). Jika nilai akademik sekolah Anda sangat memuaskan, maka Anda dapat mempertimbangkan untuk berkuliah di universitas-universitas tersebut. Jika nilai Anda sedikit kurang memuaskan, masih banyak universitas hebat lainnya menawarkan beragam jurusan program sarjana.

Anda juga harus mempertimbangkan mengenai biaya kuliah dan biaya hidup selama Anda kuliah. Untuk memudahkan keputusan Anda, buatlah anggaran yang Anda butuhkan selama kuliah, dan usahakan beasiswa yang dapat Anda penuhi persyaratannya.

Kebanyakan perusahaan terkenal mencari lulusan yang memiliki pengalaman kerja sebelumnya pada lingkungan kerja, sehingga tidak hanya penting untuk melihat reputasi akademik dari suatu universitas, namun juga koneksi yang dimiliki universitas dengan perusahaan tempat Anda akan bekerja di masa datang. Banyak universitas yang menawarkan kesempatan bagi mahasiswanya untuk mengambil magang selama musim panas ataupun bekerja, demi meningkatkan kesempatan bekerja setelah lulus. Perusahaan juga lebih menyukai untuk mempekerjakan orang yang pernah bekerja pada mereka sebelumnya.

Kepribadian Anda juga memiliki pengaruh dalam memutuskan di mana Anda akan berkuliah. Dengan segala data statistik dan informasi akademik yang Anda dapatkan, ingatlah bahwa Anda akan tinggal di wilayah di mana universitas pilihan Anda berlokasi. Jika Anda berencana menghadiri acara open day universitas sebelum mendaftar, maka pastikan Anda menginvestigasi wilayah lokal setempat untuk melihat apakah itu wilayah yang tepat untuk Anda tempati selama kuliah.

Program Sosiologi apa saja yang tersedia di sana?

1

Kriminologi

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
2

Ilmu Sosial

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
3

Studi Tentang Keluarga

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
4

Studi Tentang Kepemudaan

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana

10 Negara tujuan kuliah untuk jurusan Sosiologi

1
210
Inggris
DILIHAT 7,763 KALI Lihat 169 program
2
9
Australia
DILIHAT 3,876 KALI Lihat 65 program
3
114
Malaysia
DILIHAT 3,567 KALI Lihat 19 program
4
131
Belanda
DILIHAT 2,967 KALI Lihat 12 program
5
211
Amerika Serikat
DILIHAT 1,734 KALI Lihat 703 program
6
168
Singapura
DILIHAT 996 KALI Lihat 7 program
7
69
Jerman
DILIHAT 774 KALI Lihat 8 program
8
32
Kanada
DILIHAT 614 KALI Lihat 85 program
9
93
Jepang
DILIHAT 599 KALI Lihat 2 program
10
173
Korea Selatan
DILIHAT 461 KALI Lihat 1 program