Jurusan Telekomunikasi di luar negeri

TENTANG JURUSAN INI

  • TENTANG JURUSAN INI
  • APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?
  • PROSPEK KERJA
  • PROSES PERKULIAHAN
  • MENENTUKAN TEMPAT KULIAH
Telecommunications

Dari segala bidang ilmu, teknik telekomunikasi merupakan jurusan yang cenderung baru. Telekomunikasi adalah ilmu dalam menyebarkan data dan informasi melalui penggunaan gelombang elektromagnetik. Sejak penemuan metode telekomunikasi pertama yang berupa telegraf pada tahun 1839, industri telekomunikasi tidak berubah banyak selama abad 20 dan 21. Walaupun demikian tetap saja menjadi bagian penting dari masyrakat modern.

APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?

Apakah Anda mempunyai minat dalam bidang telekomunikasi? Apakah Anda memiliki bakat alami pada fisika? Apakah Anda berniat bekerja pada sektor ini? Jika demikian, maka jurusan telekomunikasi merupakan jurusan yang tepat untuk Anda.

Selain dibutuhkan minat yang kuat pada jurusan ini, penting juga bagi mahasiswa untuk mampu belajar secara mandiri dalam memahami isi perkuliahan. Penilaian pemahaman mahasiswa tidak hanya berdasarkan tugas-tugas tertulis, namun juga melalui penyelesaian tugas kerja praktek individu.

Penting bagi mahasiswa untuk mampu belajar dengan pendekatan yang lebih spesifik. Mahasiswa dengan kualitas tersebut, ditambah dengan etika kerja keras, akan menjadi mahasiswa yang paling berhasil dalam menyelesaikan perkuliahan dengan nilai memuaskan.

PROSPEK KERJA

Terdapat berbagai jenis pekerjaan tersedia bagi lulusan jurusan teknik telekomunikasi. Banyak mahasiswa bekerja pada sektor teknik sebagai ahli teknik aplikasi administrasi jaringan dan menjaga komunikasi antara perusahaan, seorang ahli teknik aplikasi bertanggung jawab dalam koordinasi dan instalasi peralatan industri, ataupun bekerja sebagai seorang ahli teknik komunikasi. Gaji awal dalam bidang ini berkisar antara £22,000 hingga £27,000 per tahun. Kisaran ini kembali tergantung pada lokasi kerja dan cenderung meningkat didasari oleh pengalaman Anda.

Selain itu, terdapat juga berbagai jenis posisi dalam penelitian tersedia, terutama pada industri telekomunikasi. Peneliti telekomunikasi mengembangkan pengetahuan dan kemampuan teknologi selular, kabel, dan satelit. Gaji awal pada bidang ilmu ini kurang lebih sebesar £29,000 per tahun di Inggris.

Di samping itu banyak alternatif pilihan pekerjaan lainnya bagi para lulusan bidang ilmu ini. Banyak mahasiswa yang bekerja pada bidang jurnalisme, keuangan, TI, bahkan SDM. Selain itu terdapat pilihan untuk melanjutkan kuliah bagi mereka yang ingin berganti sektor sepenuhnya seperti berkarir dalam bidang hukum ataupun mengenyam pendidikan yang lebih tinggi.

PROSES PERKULIAHAN

Jika Anda berencana untuk berkuliah di universitas ternama, maka penting bagi Anda untuk memiliki nilai akademik yang memuaskan. Sebagian besar universitas mewajibkan calon mahasiswa program sarjananya untuk memiliki nilai minimal 3 nilai A atau yang setara, sedangkan untuk program pascasarjana diwajibkan memiliki nilai memuaskan (idealnya tingkat 2:1).

Teknik telekomunikasi merupakan jurusan yang dapat dipelajari baik pada program sarjana maupun pascasarjana. Lamanya waktu perkuliahan sangat bergantung pada tingkatan yang Anda masuki. Program sarjana membutuhkan waktu minimal 3 tahun, sebagian universitas memberi pilihan untuk memperpanjang perkuliahan sampai dengan 1 tahun demi mendapatkan pengalaman kerja. Program pascasarjana membutuhkan waktu mulai dari 1 tahun, kemungkinan lebih lama bagi mereka yang memilih kuliah paruh waktu.

Bagi para mahasiswa asing yang ingin mendaftar harus mengikuti ujian IELTS dan mendapatkan nilai minimal 6.0 – 6.5 sebelum memulai perkuliahan.

MENENTUKAN TEMPAT KULIAH

Terjadi persaingan ketat untuk memasuki jurusan teknik telekomunikasi, baik pada program sarjana maupun pascasarjana, karena keputusan Anda mengenai universitas di mana Anda berkuliah memiliki dampak besar pada masa depan Anda. Anda harus memastikan bahwa Anda memasuki universitas ternama yang memiliki koneksi kuat dengan perusahaan-perusahaan yang berada di sektor telekomunikasi.

Selain itu, Anda perlu memilih wilayah yang mampu menyediakan kebutuhan sosial Anda di samping pencapaian akademik selama kuliah, terutama jika Anda tinggal jauh dari rumah. Yang penting untuk dipertimbangkan juga adalah di manapun Anda memutuskan untuk kuliah, Anda akan membutuhkan uang yang tidak sedikit, sehingga Anda harus memastikan bahwa Anda mendapat hasil yang sangat maksimal selama kuliah. Oleh karena itu, pilihlah tempat yang bisa membuat Anda berkembang baik secara akademis dan sosial.

Sebelum memilih universitas, periksalah terlebih dahulu apakah nilai Anda memenuhi persyaratan masuk ke universitas tersebut. Jurusan teknik telekomunikasi membutuhkan waktu kuliah sampai dengan 4 tahun, maka Anda perlu membuat anggaran. Apakah Anda mampu membayar biaya kuliah? Apakah Anda mampu memenuhi kebutuhan hidup? Apakah memungkinkan bagi Anda untuk mendapatkan kerja paruh waktu untuk meringankan biaya? Atau apakah Anda memenuhi syarat untuk mendapatkan bantuan beasiswa?

Program Telekomunikasi apa saja yang tersedia di sana?

1

Sistem Komunikasi Bergerak

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
2

Sistem Komunikasi Data

TINGKAT PENDIDIKAN Sarjana / Pascasarjana
3

Prinsip-Prinsip Gelombang Mikro (Elektronik)

TINGKAT PENDIDIKAN Sarjana / Pascasarjana
4

Jaringan Komunikasi Optik

TINGKAT PENDIDIKAN Sarjana / Pascasarjana

10 Negara tujuan kuliah untuk jurusan Telekomunikasi

1
210
Inggris
DILIHAT 803 KALI Lihat 52 program
2
173
Korea Selatan
DILIHAT 796 KALI Lihat 3 program
3
114
Malaysia
DILIHAT 500 KALI Lihat 19 program
4
93
Jepang
DILIHAT 488 KALI Lihat 3 program
5
69
Jerman
DILIHAT 437 KALI Lihat 3 program
6
9
Australia
DILIHAT 319 KALI Lihat 26 program
7
211
Amerika Serikat
DILIHAT 134 KALI Lihat 190 program
8
134
Selandia Baru
DILIHAT 82 KALI Lihat 3 program
9
189
Swedia
DILIHAT 70 KALI Lihat 5 program
10
39
Cina
DILIHAT 61 KALI Lihat 10 program