Informasi penting
Jerman: Keuangan - Wajib dibaca

9 BEASISWA JERMAN

19867

Walau biaya kuliah di Jerman gratis untuk tingkat sarjana di universitas negeri, mahasiswa perlu membayar biaya kuliah jika ingin melanjutkan ke tingkat Master atau PhD.

Berikut ini adalah 9 beasiswa dari berbagai instansi, baik itu pemerintah, non pemerintah dan organsisasi…

 

Beasiswa Pemerintahan

 

Setiap tahun pemerintah Jerman mengalokasikan sejumlah beasiswa bagi mahasiswa internasional yang tertarik untuk kuliah ke Jerman.

 

1. DAAD Scholarships

German Academic Exchange Service (DAAD) menawarkan paling banyak jenis beasiswa yang didanai pemerintah. DAAD menyediakan database beasiswa yang gampang diakses di sini.

 

2. Erasmus +

Mahasiswa internasional asal Eropa bisa mendaftar untuk Erasmus+ grant. Didanai oleh European Commission, Erasmus+ menawarkan pendanaan untuk biaya hidup sewaktu mengikuti pertukaran pelajar di negara-negara Eropa. Jerman adalah salah satu tujuan populer bagi mahasiswa yang mendaftar untuk Erasmus, info lebih lengkapnya di sini.

 

Beasiswa Non-pemerintah

Tersedia sejumlah beasiswa non-pemerintahan bagi mahasiswa internasional. Biasanya diberikan berdasarkan keunggulan prestasi akademis.

 

3. Heinrich Böll Scholarships bagi mahasiswa internasional

Beasiswa ini diselenggarakan oleh Heinrich Böll Foundation. Mahasiswa domestik dan internasional dapat mendaftar untuk beasiswa ini, baik untuk tingkatan sarjana, Master atau PhD. Terdapat dua gelombang pendaftaran dalam setahun. Kamu bisa mendaftar online di sini

 

4. Deutschland Stipendium

Mahasiswa internasional yang berprestasi mungkin memenuhi syarat untuk mendapatkan beasiswa berupa pendanaan  €300 per bulan ini. Tergantung kerjasama negeri-swasta, antar bisnis, organisasi dan sponsor individual, mahasiswa berbakat bisa mendapatkan pendanaan mulai dari €150 per bulan yang disetujui pemerintah. Info lengkap Deutschland Stipendium di sini

 

5. Kurt Hansen Science Scholarships

Mahasiswa internasional yang berencana berkarir dalam pendidikan sains dapat mendaftar untuk beasiswa yg didanai oleh Bayer ini. Pendanaan yang disediakan dapat berupa proyek studi, magang, semester musim panas, program persiapan dan suplementer, serta pelatihan tenaga pengajar sains. Info selengkapnya bisa diakses di sini.

 

 

Beasiswa Universitas

 

Seperti negara-negara lainnya, beberapa universitas ternama di Jerman juga menawarkan beasiswa. Berikut ini adalah beberapa contohnya...

 

6. Frankfurt School of Finance and Management Doctoral Tuition Waivers  (Potongan biaya kuliah)

Setiap tahunnya Frankfurt memberikan 10 potongan biaya kuliah bagi mahasiswa doktorat yang mengabil program Bahasa Inggris bidang keuangan, akuntansi, matematika dan administrasi bisnis.Silahkan klik di sini untuk info secara rinci. 

 

 

7. RWTH Aachen University scholarships

Universitas ini masuk dalam 100 besar Times Higher Education Reputation Rankings dan sangat murah hati dalam memberikan beasiswa. Terdapat kesempatan pendanaan untuk mahasiswa internasional dan domestik. Kamu bisa mulai mencari informasi di sini.

 

8. FRIAS Cofund Fellowship Programme untuk Peneliti Internasional

Terkenal akan keunggulan penelitiannya, University of Freiburg menawarkan sejumlah beasiswa bagi mahasiswa internasional yang mendaftar untuk program penelitian. Beasiswa biasanya diumumkan pada masa musim panas. Pengumumannya ada di sini.

 

9. DRD Scholarships untuk Sub-Sahara Afrika

Mahasiswa Master berprestasi dari negara-negara Sub-Sahara Afrika dapat mendaftar untuk beasiswa ini dengan mengumpulkan proposal rencana penelitian untuk perkuliahan purna waktu di Jerman. Baca persyaratan mendaftar dan informasi selengkapnya di sini.

 

Ternyata banyak beasiswa di Jerman bukan? Mengapa tidak mulai mencari program kuliah di Jerman, dan memulai petualangan kuliah ke luar negeri sekarang juga?

Mencari jurusan

Jerman
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS