Informasi penting
Study abroad: Keuangan

TIPS MEMILIH ASURANSI KESEHATAN UNTUK MAHASISWA INTERNASIONAL

Tips Memilih Asuransi Kesehatan Untuk Mahasiswa Internasional

Pada tanggal 7 April lalu, seluruh dunia merayakan Hari Kesehatan Internasional yang dicanangkan oleh WHO. Walaupun kita tengah menghadapi pandemi Covid-19, perayaan ini diharapkan bisa menyalakan semangat untuk terus membangun dunia yang lebih baik agar tiap insan memiliki hak yang setara untuk mengakses layanan kesehatan. 

 

Sebagai mahasiswa internasional, akses ke layanan kesehatan di destinasi studimu adalah hal yang sangat perlu diperhatikan. Karena mahasiswa internasional biasanya tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan layanan kesehatan gratis dari pemerintah setempat, kamu memerlukan asuransi kesehatan yang bisa membantumu dalam berbagai situasi medis.

 

Sebagian universitas di luar negeri saat ini mewajibkan mahasiswa internasional untuk membeli asuransi kesehatan dari penyedia asuransi yang telah mereka tunjuk. Namun ada juga universitas yang membebaskan mahasiswanya untuk memilih penyedia asuransi mereka sendiri. Nah, jika kamu diberikan kebebasan untuk memilih, ada beberapa tips yang bisa membantumu membeli polis asuransi kesehatan yang terbaik.

 

Belilah Polis Asuransi Yang Sesuai Dengan Persyaratan Universitas & Pengurusan Visa

 

Banyak negara memiliki persyaratan spesifik untuk asuransi kesehatan, terutama bila ada beberapa jenis visa pelajar yang tersedia. Kalau kamu ingin memilih asuransi sendiri, biasanya kamu akan diberikan daftar kriteria yang harus dipenuhi oleh asuransi kesehatan pilihanmu agar memenuhi syarat pengurusan visa. Bacalah daftar tersebut dengan seksama dan belilah polis yang menanggung semua biaya yang tercantum dalam daftar tersebut (contoh: biaya repatriasi atau evakuasi). Pastikan juga bahwa polis tersebut memenuhi daftar kriteria yang diberikan pihak universitas tujuanmu.

 

Selain itu, kamu juga harus memilih penyedia asuransi yang bisa menyediakan semua dokumen yang diminta pihak universitas dan badan yang memproses visa pelajarmu. Jangan lupa menanyakan waktu yang diperlukan untuk mengeluarkan dokumen-dokumen tersebut agar kamu bisa mengumpulkan semua berkas yang kamu perlukan sebelum tenggat waktu.

 

Cek Apakah Kamu Bisa Memenuhi Syarat Polis Asuransi Tersebut

 

Tiap jenis asuransi kesehatan untuk mahasiswa internasional memiliki persyaratan tersendiri. Misalnya, ada tipe asuransi kesehatan yang mensyaratkan durasi kuliah minimum per minggu untuk pemegang polis. Jadi kamu harus memastikan bahwa kamu bisa memenuhi syarat dari pihak penyedia asuransi agar polis asuransimu tetap berlaku.

 

Pastikan asuransi yang kamu pilih menanggung biaya-biaya semua biaya medis yang kamu perlukan, seperti biaya konsultasi dokter dan penebusan obat - Hotcourses Indonesia

Pastikan asuransi yang kamu pilih menanggung semua biaya medis yang kamu perlukan, seperti biaya konsultasi dokter dan penebusan obat.

 

Unduh brosur universitas favoritmu di seluruh dunia

 

Periksa Kembali Semua Manfaat Yang Akan Kamu Dapatkan

 

Ingin mendapatkan standar pelayanan kesehatan yang sesuai dengan kebutuhanmu? Pertama-tama, kamu harus mencari polis asuransi yang menjamin semua biaya medis yang kamu perlukan, seperti konsultasi dokter, rawat inap, dan penebusan obat. Lalu kamu bisa memilih plafon manfaat yang kamu inginkan.

 

Kalau kamu ingin tanggungan untuk biaya kesehatan yang berhubungan dengan gigi dan kacamata, biasanya kamu harus membeli paket asuransi tambahan. Jangan lupa untuk meminta info lengkap tentang manfaat khusus yang tersedia bagi mahasiswa internasional, seperti biaya repatriasi dan evakuasi. 

 

Cari Tahu Semua Biaya Yang Harus Kamu Tanggung Sendiri

 

Selain biaya premi asuransi bulanan, ada kemungkinan kamu juga harus mengeluarkan uang saat mengurus klaim asuransi. Hal ini biasanya terjadi jika kamu mengambil polis asuransi yang memiliki kebijakan copay (sistem pembagian pembayaran biaya pengobatan antara pemegang polis dengan perusahaan asuransi) atau mengenakan biaya deductible (biaya yang harus dibayar pemegang polis jika terjadi pengajuan klaim). Mintalah info lengkap mengenai biaya ini ke penyedia asuransimu agar kamu bisa membuat anggaran kesehatan pribadi yang lebih matang.

 

Sesuaikan Polis Asuransi Dengan Durasi Kuliah

 

Asuransi kesehatan untuk mahasiswa internasional biasanya bisa diperbarui hingga 4-5 tahun. Namun jika kamu hanya mengambil program yang berdurasi kurang dari 1 tahun, sebenarnya ada beberapa asuransi perjalanan yang memberikan tanggungan kesehatan serupa dengan asuransi kesehatan. Jadi ada kemungkinan kamu hanya perlu membeli asuransi perjalanan saja. Cobalah menghubungi universitas pilihanmu dan badan yang memproses visa pelajar untuk menanyakan apakah kamu bisa menggunakan asuransi perjalanan sebagai pengganti asuransi kesehatan.

 

Penyedia asuransi kesehatan untuk mahasiswa internasional biasanya menawarkan paket asuransi tambahan yang menanggung biaya untuk perawatan gigi dan mulut - Hotcourses Indonesia

Penyedia asuransi kesehatan untuk mahasiswa internasional biasanya menawarkan paket asuransi tambahan yang menanggung biaya untuk perawatan gigi dan mulut.

 

Baca Kebijakan Pembatalan

 

Ada kemungkinan bahwa kamu akan menghadapi berbagai situasi tak terduga di perjalanan studimu. Misalnya, visa pelajarmu bermasalah atau ada situasi darurat yang membuatmu harus menunda kuliah di luar negeri. Jika kamu tiba-tiba berada dalam situasi di mana kamu tidak memerlukan asuransi kesehatan yang telah kamu beli, kamu harus memahami kebijakan pembatalan asuransi. Dengan begitu, kamu akan tahu apakah kamu memenuhi syarat untuk berhenti membayar premi dan menerima pengembalian uang. Biasanya kamu akan menerima pengembalian uang sepenuhnya jika asuransi dibatalkan sebelum tanggal berlaku polis. Namun bila pembatalan dilakukan setelah polis berlaku, maka akan ada potongan pada jumlah uang yang dikembalikan ke rekeningmu.


Setelah mengikuti tips di atas untuk menemukan asuransi kesehatan terbaik, jangan lupa untuk membeli polis asuransi sedini mungkin ya! Meskipun kamu hanya memerlukan asuransi kesehatan ini saat tiba di luar negeri, bukan berarti kamu bisa membelinya di detik-detik terakhir. Dengan membeli dari jauh-jauh hari, kamu akan punya lebih banyak waktu untuk mengumpulkan semua dokumen yang kamu butuhkan dari penyedia asuransi kesehatan.

 

Kalau kamu masih punya pertanyaan mengenai asuransi atau persyaratan-persyaratan lain untuk kuliah di luar negeri, kamu dapat menelusuri berbagai panduan pendaftaran ke universitas luar negeri yang telah kami susun. Kamu juga bisa mengunduh brosur resmi berbagai universitas internasional ternama di sini. Jangan lupa untuk mencoba alat Pencari Jurusan kami yang bisa menemukan jurusan kuliah dan universitas terbaik berdasarkan kriteria pribadimu.

 

 

Mau tanya-tanya soal kuliah di luar negeri? Langsung saja daftar untuk konsultasi GRATIS dengan konselor IDP Education yang siap membantu mewujudkan impianmu berkuliah di mancanegara.

 

Daftar sekarang untuk konsultasi GRATIS!

 

BACA JUGA:

 

Sumber:

internationalstudentinsurance.com

Wajib dibaca

6 Biaya penunjang kuliah diluar biaya kuliah

Kuliah memang memerlukan banyak biaya, selain biaya kuliah dan biaya hidup, ternyata masih ada biaya penunjang kuliah yang kadang lupa dianggarkan, atau ternyata melebihi perkiraan kita. Apa sajakah biaya penunjang kuliah itu? Mari kita simak lebih lanjut... Buku Pelajaran Setiap mata kuliah bisa saja memerlukan lebih dari satu buku pelajaran. Tertutama jika mata kuliah seperti sastra, mungkin Anda perlu membeli banyak novel. Tergantung negara dimana

27.6K

BEASISWA, DERMASISWA DAN BANTUAN FINANSIAL LAINNYA

Terdapat banyak jenis bantuan keuangan bagi mahasiswa internasional yang ingin kuliah ke luar negeri. Salah satu yang paling umum adalah beasiswa. Selain itu juga terdapat banyak jenis bantuan keuangan lainnya yang akan dibahas di bawah ini...   Beasiswa Akademis Beasiswa bisa menanggung hanya sebagian biaya kuliah atau bahkan seluruh biaya kuliah. Banyak basis yang digunakan untuk memberikan beasiswa, misalnya yang paling umum adalah prestasi

26.8K

Cara Efektif Mencari Info Beasiswa Luar Negeri

Meneruskan pendidikan ke jenjang lebih tinggi adalah mimpi sebagian orang. Alasan utamanya bisa karena ingin menambah ilmu atau untuk meningkatkan karir. Sayangnya, pendidikan membutuhkan biaya yang tidak sedikit, apalagi bila ingin melanjutkan di luar negeri. Salah satu cara untuk mensiasatinya adalah dengan mendapatkan beasiswa luar negeri . Banyak lembaga dan institusi pendidikan di luar negeri yang memberikan beasiswa kepada mahasiswa Indonesia setiap tahunnya.

25.2K

Tips menghemat pengeluaran dan mencari penghasilan tambahan sewaktu kuliah

Biaya hidup semasa kuliah tidaklah kecil. Banyak sekali pengeluaran yang tidak bisa dihindari. Misalnya biaya transportasi, berbelanja keperluan sehari-hari di supermarket, hiburan dan lain-lain. Akan tetapi Anda bisa menghemat pengeluaran Anda dengan mengatur anggaran Anda sebaik mungkin. Ikuti tips-tips yang kami berikan di bawah ini...   Milikilah kartu transportasi mahasiswa   Kartu diskon untuk transportasi bisa membantu

10.3K