Informasi penting
Study abroad: Before you leave

DAFTAR BARANG YANG WAJIB DIBAWA SAAT BELAJAR DI LUAR NEGERI

share image

Jika sudah memutuskan untuk kuliah di luar negeri, maka banyak hal yang harus dipersiapkan agar nantinya tidak terlalu mendapatkan banyak masalah dan merepotkan. Terutama tentang barang-barang yang harus kamu bawa. Apa sajakah mereka:

 

Dokumen Universitas

 

Konfirmasi pendaftaran dan dokumen penting lainnya dari universitas yang dituju. Contohnya adalah informasi tentang hari pertama di sekolah, informasi check-in untuk tempat tinggalmu, dll. Universitas mungkin juga telah menginstruksikan untuk membawa barang-barang tertentu jadi baca informasinya dengan cermat.

 

Paspor dan visa pelajar

 

Alat tulis seperti pulpen dan detail akomodasi yang mudah diakses untuk mengisi kartu pendaratan yang biasanya dibagikan di pesawat sebelum mendarat di negara asing. 

 

 

Asuransi

 

Asuransi dan kelengkapannya seperti kartu dan surat polis. Banyak Universitas yang mewajibkan siswanya untuk menunjukkan bukti asuransi pada hari pertama di kampus. 


 

Obat-obatan dan vaksinasi

 

Ingatlah untuk mengemas semua obat yang dibutuhkan. Obat penghilang rasa sakit dan diare juga sebaiknya dibawa. Jika membawa obat resep yang kuat atau obat dalam jumlah besar, harus memiliki sertifikat medis dari dokter. Jangan lupa untuk mengambil vaksinasi yang diperlukan sebelum perjalanan. Periksa dengan pusat vaksinasi apa yang mereka rekomendasikan.

 


 

Adaptor dan pengisi daya

 

Jangan lupa membawa charger dan charger ponsel dan untuk perangkat listrik lainnya. Periksa juga jenis steker dan voltase negara tujuanmu. DIperlukan adaptor jika negara tujuanmu menggunakan jenis steker yang berbeda dan jika tegangan berbeda dari perangkat negara asal Anda seperti pengering rambut, dll..

 


 

Uang dan kartu debit / kredit

 

Pastikan untuk menukar beberapa mata uang lokal sebelum pergi tetapi jangan membawa terlalu banyak uang tunai, dan jangan menyimpan semua uang dan kartu di tempat yang sama. Jika memiliki Visa atau Mastercard, kamu dapat menarik uang dan membayar di sebagian besar toko dan restoran besar di seluruh dunia tetapi jangan kaget jika beberapa tempat hanya mengambil uang tunai.


 

Hal-hal untuk dipersiapkan secara digital

Berikut ini beberapa hal baik yang harus disiapkan:

 

Aplikasi kamus dan bahasa

 

Sangat direkomendasikan orang untuk membawa kamus kecil ketika belajar di luar negeri. Saat ini, seringkali lebih mudah dengan aplikasi di ponsel lebih disukai yang berfungsi offline. Ada juga banyak aplikasi lain yang dapat memfasilitasi pembelajaran bahasa.


 

Cadangan dokumen

 

Kirim dokumen penting ke alamat email berbasis web. Memindai atau mengambil foto paspor Anda, visa pelajar, surat penerimaan, asuransi, dan alamat penting dll.


 

Peta dan lokasi offline

 

E-book

 

Buku membutuhkan banyak ruang jadi mengapa tidak membawa e-book saja.

 

 

 

Baja juga:

6 ALASAN MENGAPA KAMU HARUS BELAJAR DI LUAR NEGERI

KIPRAH STUDI DAN KARIR MUSLIMAH INDONESIA DI JEPANG

6 TIPS BELAJAR DARI RUMAH SAAT MENGHADAPI VIRUS CORONA

Wajib dibaca