Informasi penting
Study abroad: Pendaftaran Universitas

4 Tips Jitu Persiapan Tes IELTS

Tim Hotcourses telah menyusun panduan persiapan IELTS untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Baca dan ikuti tips berikut agar sukses dalam tes IELTS!

288
tips jitu untuk persiapan tes ielts

 

Seperti kata pepatah “persiapan merupakan kunci menuju kesuksesan”, dan untuk bisa sukses dalam tes IELTS tentunya diperlukan persiapan yang matang. Persiapan tes IELTS dengan benar adalah hal penting untuk mendapatkan nilai yang kamu butuhkan untuk mendaftar ke universitas atau perguruan tinggi yang kamu tuju. Oleh sebab itu, tim Hotcourses menyusun panduan berikut dalam mempersiapkan diri menghadapi tes IELTS. Baca empat tips ampuh untuk mengikuti tes IELTS selengkapnya di bawah ini.

 

Apa Yang Dibahas di Dalam Artikel Ini?

 

 

 

1. Persiapkan Diri dengan Memahami Format Tes IELTS

 

Membiasakan diri dengan format tes IELTS merupakan hal penting dalam persiapan. Dengan demikian, kamu tidak akan terkejut pada hari pelaksanaan tes, dan kamu juga bisa mengetahui bagian mana dari tes IELTS yang ingin kamu fokuskan.

 

Memahami format tes IELTS secara menyeluruh memungkinkan kamu untuk memahami bagaimana tiap bagian saling berkaitan. Kamu juga akan menjadi terbiasa dengan jenis pertanyaan yang muncul dalam tes IELTS. Jangan lupa untuk memeriksa peraturan yang berlaku dalam tes IELTS sebelum hari pelaksanaan tes.

 

Ada berbagai jenis tes IELTS yang tersedia. Tes IELTS akademik adalah jenis tes yang harus kamu ambil jika ingin mendaftar kuliah ke luar negeri. Tes ini terdiri dari 4 bagian, yaitu listening, reading, writing, dan speaking. 3 bagian pertama dilaksanakan secara berurutan, sementara bagian speaking dapat dilakukan sebelum atau sesudah 3 bagian tersebut.

 

 

2. Kembangkan Kemampuan Bahasa Inggrismu

 

Meskipun memang penting mempersiapkan diri untuk bisa mengerjakan tes IELTS, ada baiknya juga untuk kamu mengembangkan dan melatih kemampuan bahasa Inggris. Jika kamu mahir dalam berbahasa Inggris, besar kemungkinan kamu bisa mendapat skor IELTS yang lebih tinggi.

 

Beberapa kiat yang bisa kamu ikuti antara lain adalah dengan berkomunikasi dalam bahasa Inggris secara teratur, mendengarkan podcast dalam bahasa Inggris, dan membaca berita dan buku dalam bahasa Inggris. Jika kamu suka menonton film atau series, cobalah untuk menonton film dalam bahasa Inggris. Sebagai permulaan, kamu bisa menggunakan subtitle bahasa Inggris untuk belajar cara pengucapan kosakata bahasa Inggris. Jika sudah terbiasa, kamu bisa mencoba menonton film tanpa menggunakan subtitle untuk melatih kemampuan listening-mu.

 

persiapan tes ielts

 

Cara lain yang bisa kamu coba adalah dengan membuat buku berisi catatan kata-kata dan frasa bahasa Inggris yang kamu tahu dan yang ingin kamu cek. Hal ini bisa membantu kamu untuk memahami bagaimana kata-kata tersebut digunakan dalam berbagai konteks dan percakapan. Cara ini bisa melatih kemampuan writing dan reading–mu dalam tes IELTS.

 

Mungkin tidak mudah untuk mencari teman ngobrol bahasa Inggris, namun jangan sampai hal itu menghalangimu dalam berlatih berbahasa Inggris. Kamu bisa berlatih percakapan sehari-hari dalam bahasa Inggris dengan diri sendiri menggunakan cermin dan merekam suara percakapanmu dengan handphone untuk bahan evaluasi. Jangan takut untuk mencoba membaca teks bahasa Inggris dengan keras agar kamu terbiasa dengan pronounciation kata-kata dalam bahasa Inggris. Luangkan waktumu untuk mencari tahu skill mana yang kamu masih perlu asah. Itu semua akan menjadi sangat berguna ketika kamu mengerjakan tes IELTS.

 

 

3. Latihan Mengerjakan Soal IELTS

 

Mengerjakan soal latihan IELTS merupakan salah satu bentuk persiapan yang bisa kamu lakukan. Tes IELTS berlangsung selama 2 jam 45 menit. Biasakan berlatih mengerjakan soal latihan IELTS dalam rentang waktu tersebut agar kamu tidak kaget pada saat pelaksanaan tes yang sebenarnya.

 

Kamu dapat mengakses soal latihan IELTS dari buku persiapan IELTS maupun dari internet, salah satunya dari situs IELTS by IDP. Soal-soal latihan ini biasanya berupa soal tes IELTS yang terdahulu maupun soal buatan yang mirip dengan tes IELTS. Dengan mengerjakan latihan IELTS, kamu dapat membandingkan jawabanmu dengan model jawaban sehingga kamu bisa memahami sistem evaluasi dari soal tersebut.

 

Kamu juga dapat menjalani try out IELTS melalui IELTS Progress Check yang tersedia di website IELTS seharga USD 49,95 (± Rp783.000). Kamu memiliki pilihan untuk mengambil tes yang terikat dengan durasi waktu atau tidak, serta beberapa versi tes lainnya.

 

Try out IELTS pada IELTS Progress Check akan dinilai oleh penguji IELTS. Kamu akan mendapat test report yang memberi perkiraan berapa skor IELTS yang kamu dapatkan serta bagian yang harus kamu persiapkan lebih sebelum hari pelaksanaan tes yang sebenarnya.

 

 

4. Ikut Program Persiapan IELTS

 

Jika kamu membutuhkan bantuan profesional dalam mempersiapkan tes IELTS, kamu bisa mendaftar les persiapan IELTS yang kini banyak tersedia online maupun dalam bentuk kelas tatap muka biasa. Beberapa perguruan tinggi di luar negeri juga menyediakan kelas khusus untuk mengembangkan kemahiran bahasa Inggris yang bisa kamu ikuti. Program-program ini dapat membantu kamu untuk meraih skor IELTS yang diperlukan untuk keperluan akademik.

 

Program persiapan IELTS dan pengembangan kemampuan bahasa Inggris biasanya memiliki fokus utama dalam keterampilan berikut:

 

  • Academic writing

  • Berbicara dan melakukan percakapan

  • Research

  • Presentasi dan public speaking

  • Kerja kelompok yang bersifat kolaboratif

  • Berpikir kritis dan analitis

 

Dengan melakukan persiapan yang sungguh-sungguh, besar kemungkinan kamu dapat menjalani tes IELTS dengan lancar. Jangan lupa untuk mencari info lengkap seputar tes IELTS sebelum hari pelaksanaan tes. Kamu juga bisa mencari tahu berapa skor IELTS yang kamu butuhkan untuk jurusan kuliah impianmu dengan mesin pencari milik Hotcourses Indonesia.

 

Awali perjalanan menuju sukses studi di luar negeri dengan IELTS! Ikuti tes dan les persiapan IELTS lengkap di IDP Indonesia. Booking sekarang dan siapkan dirimu untuk meraih skor gemilang dengan meng-click tautan ini.

 

 

BACA JUGA:

 

Serba-serbi Aplikasi IELTS

Perbedaan Tes TOEFL dan IELTS

Ikut Tes IELTS Dari Rumah? Bisa Banget dengan IELTS Indicator!

Wajib dibaca

article Img

Persyaratan Masuk Umum untuk Kuliah S1 di Luar Negeri

Sudah menemukan jurusan dan universitas pilihan? Selamat! Selanjutnya kamu tinggal mencari informasi mengenai persyaratan masuk dari universitas tersebut.   Secara umum, persyaratan masuk universitas di luar negeri terbagi menjadi: persyaratan akademis dan persyaratan kemampuan berbahasa Inggris. Persyaratan masuk bisa saja berbeda-beda antar setiap jurusan, walaupun mereka berada di universitas yang sama. Persyaratan tersebut ditentukan oleh

198.2K
article Img

14 Pertanyaan Tentang Perkuliahaan yang Perlu Kamu Tanyakan Kepada Konsultan Pendidikan Luar Negeri

Mendaftar kuliah ke luar negeri perlu banyak informasi dan waktu. Oleh karena itu tidak sedikit pelajar yang menggunakan jasa konsultan pendidikan untuk membantu pendaftaran ke universitas di luar negeri.   Baca juga: 5 kelebihan dari jasa konsultasi kuliah ke luar negeri .   Jika kamu juga berencana untuk menggunakan jasa konsultan pendidikan, berikut adalah daftar pertanyaan-pertanyaan penting yang perlu kamu tanyakan, supaya

144.7K