Informasi penting
Singapura: Akomodasi Pelajar - Wajib dibaca

Pilihan akomodasi di Singapura

5325

Terdapat beberapa pilihan akomodasi untuk para mahasiswa yang tinggal di Singapura. Berikut ini adalah beberapa pilihan akomodasi yang dapat Anda pertimbangkan.

Kebanyakan mahasiswa internasional tinggal di kamar-kamar sewaan di perumahan yang disubsidi oleh pemerintah dan disediakan oleh Housing & Development Board (HDB). Angkutan umum dapat ditemukan dengan mudah di komplek HDB dan ada toko bahan makanan, kedai, kantor pos, bank, fasilitas ATM, dan pujasera yang semuanya berada di dalam satu lingkungan sehingga membuat nyaman para penghuninya. Manfaat terbesar akomodasi di HDB adalah tarif sewa yang ditawarkan sangat wajar, yaitu mulai dari SGD400 sebulan untuk sebuah kamar sampai sekitar SGD3,000 untuk rumah berlantai dua. Silakan melihat daftar flat HDB dan jenis apartemen lainnya di sini.

Kami sarankan Anda mencari akomodasi sebelum Anda tiba di Singapura. Permintaan akan akomodasi sangat tinggi dan unit-unit yang tersedia mungkin cepat tersewa. Semakin cepat Anda mencari, semakin besar kesempatan Anda untuk mendapatkan tempat yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai akomodasi klik di sini

Homestay  (tinggal di rumah keluarga setempat)
Menyewa kamar dalam sebuah ruman adalah salah satu cara mahasiswa internasional dapat benar-benar membaur dengan kehidupan masyarakat Singapura. Dengan homestay, mahasiswa akan menyewa kamar dalam sebuah rumah yang dihuni oleh pemilik sehingga Anda dapat berinteraksi dengan tuan rumah, keluarganya, dan teman-temannya.

Dalam beberapa kasus, tersedia pula "full board” yakni termasuk makan. Anda bisa bernegosiasi dengan keluarga tersebut mengenai apa saja yang disediakan dan fasilitas apa saja yang dapat digunakan seperti peralatan memasak, peralatan bersih-bersih, atau telepon. Mungkin ada beberapa aturan yang ditetapkan oleh pemilik seputar masalah tamu dan jalan masuk, jadi pastikan bahwa Anda membicarakannya dengan mereka sebelum menyewa sebuah kamar.

Institusi pendidikan Anda biasanya memiliki daftar pemilik apartemen yang tersedia dengan kamar-kamar yang disewakan kepada para mahasiswa.

Hostel privat dan gedung asrama
Hostel milik perorangan atau asrama di Singapura akan menampung mahasiswa internasional untuk jangka waktu yang diperpanjang. Sebaiknya Anda menegosiasikan tarif jangka panjang dengan pihak hostel.

Hostel sering kali menawarkan pondokan murah dengan kamar tunggal atau kamar bersama (biasanya sampai empat tempat tidur dalam satu kamar) dengan kenyamanan dasar seperti makan, jasa binatu, TV, dan layanan internet. Hostel bisa menjadi pilihan tepat bagi para mahasiswa luar negeri karena pada umumnya mereka dapat bersosialisasi dengan mahasiswa-mahasiswa lain.

National University of Singapore (NUS) dan Nanyang Technological University (NTU) menyediakan beberapa gedung asrama di dalam kampus. Sebaiknya Anda menanyakannya langsung ke institusi pendidikan Anda mengenai hal ini.

Akomodasi sewa dan tinggal bersama
Menyewa bersama sebuah apartemen atau rumah sangat umum dilakukan para mahasiswa internasional. Untuk menemukan akomodasi yang dapat disewa, yang paling tepat adalah dengan melihat iklan-iklan di papan pengumuman akomodasi di institusi pendidikan Anda; dalam jaringan (online), dan di koran harian setempat.

Manfaat hidup di tempat sewa adalah Anda jauh lebih mandiri baik secara sosial maupun finansial. Dengan cara hidup di tengah-tengah masyarakat setempat mahasiswa juga mendapat manfaat dari sisi budaya.

Mencari jurusan

Singapura
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Hotcourses Editor is the mysterious, faceless force made up of all our different contributors over the years. From masters in their field to top notch journos, take a peek at some of the talent we’ve had the pleasure of working with.