Informasi penting
Swedia: Kehidupan Pelajar - Wajib dibaca

Himpunan Mahasiswa di Swedia

2099

Selain belajar, saat-saat kuliah di luar negeri sebaiknya juga dimanfaatkan untuk bersosialisasi. Bersosialisasi sebaiknya tidak hanya dengan sesama mahasiswa Indonesia, tetapi mahasiswa penduduk lokal negara tempat kamu kuliah dan juga mahasiswa internasional dari negara lain. Banyak mahasiswa Indonesia ketika kuliah di luar negeri lebih banyak bergaul dengan sesama mahasiswa Indonesia saja. Kekurangannya, kemampuan bahasa asing selain bahasa Inggris, bila kuliah di negara yang bahasa Inggris bukan bahasa ibu, tidak bertambah. Pastinya pengalaman dan teman juga tidak terlalu banyak.

Agar lebih mudah bersosialisasi, tidak ada salahnya bergabung dengan kegiatan yang diadakan himpunan mahasiswa di kampus. Bila kuliah di Swedia, kamu bisa bergabung dengan dua himpunan mahasiswa yang ada di setiap kampus. Hampir mirip dengan yang ada di universitas-universitas di Indonesia, himpunan mahasiswa di Swedia menjadi wadah bagi banyak kegiatan mahasiswa. Kedua himpunan mahasiswa di Swedia tersebut adalah:

Student Nations

Awalnya Student Nation didirikan untuk menjadi wadah bagi mahasiswa yang berasal dari wilayah yang sama di Swedia. Misalnya untuk wilayah Lund disebut dengan Lund Nation dan Malmö Nation untuk wilayah Malmö. Student Nation berlaku umum bagi seluruh mahasiswa di semua jurusan, jadi himpunan mahasiswa ini seperti himpunan mahasiswa di universitas di Indonesia.

Kalau himpunan mahasiswa di Indonesia biasanya memiliki kegiatan yang berhubungan dengan perkuliahan dan hal-hal serius lainnya, Student Nation lebih banyak melakukan kegiatan yang berkesan santai karena memang tujuannya untuk memberikan sarana sosialisasi bagi para mahasiswa agar saling mengenal satu sama lain. Kegiatan yang biasa diadakan Student Nation seperti makan siang dan makan malam bersama, nonton bareng, pesta kampus dan lain-lain. Student Nation sengaja mengkoordinir kegiatan yang berbau hura-hura ini agar mahasiswa tidak stress akibat beban kuliah dan bisa lebih santai.

Selain mengadakan kegiatan yang fun, Student Nation juga berperan penting dalam menentukan status seorang mahasiswa. Karena ketika mendaftar di kampus, dulunya calon mahasiswa harus lebih dulu mendaftar ke Student Nation. Bila belum terdaftar maka calon mahasiswa tidak akan tercatat sebagai mahasiswa universitas yang bersangkutan. Namun sekarang ini peraturan ini sudah dihapus. Mahasiswa internasional bebas memilih Nation yang mereka suka.

Studentkåren

Kalau Student Nation banyak mengadakan kegiatan hura-hura, maka Studentkåren sebaliknya. Kegiatannya hampir mirip dengan himpunan mahasiswa yang ada di Indonesia. Studentkåren bertugas mengurusi kesejahteraan dan hak asasi mahasiswa. Juga menjadi penghubung antara mahasiswa dengan organisasi dan perusahaan di luar kampus, misalnya saat mahasiswa perlu tempat untuk melakukan penelitian atau kerja magang. Karena itu setiap fakultas mempunya himpunan mahasiswa ini, di Indonesia dikenal dengan himpunan mahasiswa fakultas. Jadi ada himpunan mahasiswa ekonomi = ekonomernas Studentkår, himpunan mahasiswa teknik = Teknologkåren,, himpunan mahasiswa ilmu pasti = Naturvetarkår, himpunan mahasiswa program doktor = Doktorandkår, dan seterusnya.

Studentkåren merupakan himpunan mahasiswa bergengsi di kampus-kampus di Swedia. Mahasiswa perlu bersaing ketat agar bisa diterima sebagai pengurusnya. Alasannya mahasiswa yang aktif sebagai pengurus Studentkåren akan lebih mudah diterima bekerja setelah lulus. Calon pengurus dipilih melalui pemilihan umum di tingkat fakultas dan universitas. Kegiatan pengurus ini juga tidak main-main, bahkan bisa menyita banyak waktu kuliah. Karena itu pula, pengurus Studentkåren umumnya mengambil cuti kuliah selama menjadi pengurus.

Selain kedua himpunan di atas, di tiap fakultas masih ada himpunan mahasiswa lainnya yang lebih sempit ruang lingkupnya, seperti himpunan mahasiswa jurusan. Di himpunan mahasiswa jurusan ini yang bergabung bukan hanya mahasiswa saja, tetapi juga para dosen. Tujuannya agar komunikasi antara mahasiswa dan dosen bisa lebih akrab. Dengan begitu diharapkan kegiatan perkuliahan berjalan dengan lancar dan mahasiswa dapat mengikuti kuliah dengan baik.

Jika tertarik untuk kuliah di Swedia, klik untuk melihat daftar universitas Swedia dan peringkat universitas Swedia.

Mencari jurusan

Swedia
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS