
Apa pendapatmu tentang karir dalam membuat aplikasi? Kami berbincang dengan Daniel Lavorato, Student Advisor dan Resident Tech-Head di Academy of Information Technology (AIT) Australia, mengenai semua hal yang bersangkutan dengan aplikasi serta program pengembangan aplikasi mobile mereka.
BAGAIMANAKAH "APLIKASI YANG BAGUS" ITU?
‘Mobile Applications Development (M.A.D.) course (Program Pengembangan Aplikasi Mobile) akan mengajarkan kamu segala hal tentang bagaimana membuat ssebuah aplikasi yang bagus, yaitu aplikasi yang memiliki fitur-fitur di bawah ini:
-
Gampang digunakan/ memiliki User Interface/ User Experience yang bagus (akan diajarkan dalam mata kuliah UI/UX)
-
Unik dan Menarik
-
Memiliki sistem yang menghemat waktu user
-
Dengan kata lain, sebuah aplikasi yang dapat memenuhi kebutuhan user.
APA SAJA YANG DIPELAJARI DALAM MOBILE APPLICATIONS DEVELOPMENT DI ACADEMY OF INFORMATION TECHNOLOGY?
‘Kamu akan mempelajari dasar-dasar dari web development (pengembangan situs) dengan menggunakan bahasa pemograman tradisional seperti HTML, C++ dan Java. Yang menjadi keunggulan program ini adalah pendekatannya yang unik terhadap pembuatan aplikasi. Ketangkasan dalam mengembangkan aplikasi-aplikasi dalam segala platform merupakan tujuan dari program ini. Kamu akan belajar bagaimana cara mengoptimalkan sistem Android, iOS dan menghabiskan waktu untuk desain user experience dan interface. Kami juga mengajarkan manajemen proyek, dan cara memenuhi permintaan klien, mengelola suatu proyek secara sistematis untuk memberikan hasil yang sesuai dengan spesifikasi yang diberikan oleh klien. Ketika kami mengajarkan mahasiswa untuk membuat aplikasi, mereka memiliki banyak ide mereka sendiri dan kami mengajarkan mereka keahlian-keahlian untuk menjadikan ide mereka nyata. Semua mahasiswa akan lulus dengan berbagai koleksi aplikasi (yang disebut sebagai portofolio) yang siap untuk dijual, atau ditunjukkan bagi pihak-pihak yang berminat.’
APASAJA PERSIAPAN YANG DIBUTUHKAN UNTUK MENGIKUTI PROGRAM M.A.D.?
‘AIT tidak mengharuskan adanya persiapan, karena program ini mulai dari pengetahuan yang paling dasar. Akan tetapi, kami menyarankan calon mahasiswa kami mengambil mata pelajaran TI semasa sekolah, baik itu adalah IPT, desain dan pengembangan Software ataupun mata pelajaran lain yang bersangkutan dengan Multimedia. Sebenarnya ada banyak situs, ataupun video-video di YouTube yang bisa mengajarkan tentang dasar coding.’
APA SAJA PENGALAMAN TAK TERDUGA YANG DIALAMI MAHASISWA SEWAKTU MEREKA MEMULAI PROGRAM M.A.D.?
‘Kehidupan mahasiswa yang aktif! AIT memiliki komunitas yang hidup dan kreatif setiap saat, Kami memiliki lebih dari 400 orang mahasiswa di kampus, yang diramaikan oleh para mahasiswa yang bermain video game, yang bekerjasama dalam suatu proyek, dan menikmati waktu mereka sebagai mahasiswa. Para mahasiswa program ini juga menikmati kesempatan mereka untuk berinteraksi depan para mahasiswa jurusan digital media yang sama-sama memiliki keahlian dalam bidang animasi, desain game, seni digital dan perfileman. Kelebihan ini menambah kreatifitas mereka.
Respon yang paling sering kami dapatkan adalah, para mahasiswa menyenangi kelas kami yang berjumlah murid sedikit, sehingga mereka dapat merasakan pendekatan yang lebih personal. Para dosen kami sangat memperhatikan mahasiswa mereka dan memandu mereka dalam setiap sesi pelajaran dan praktikal. Metode pengajaran ini sangat berbeda dengan model universitas yang memiliki lebih dari 400 orang mahasiswa dalam satu kelas.’
APAKAH PARA ALUMNI M.A.D. LANGSUNG BERGABUNG DENGAN PERUSAHAAN BESAR ATAU 'MEMULAI USAHA SENDIRI'?
‘Kami belum memiliki lulusan dari program M.A.D. Alumni gelombang pertama baru akan lulus pada tahun 2016. Akan tetapi alumni Diploma of Software Development dan Interactive Media kami telah memilih jalur mereka. Banyak yang menjadi pekerja freelance dan menikmati waktu kerja yang fleksibel serta bayaran yang memuaskan. Sedangkan yang lain memilih untuk bekerja dengan perusahaan. Kami memiliki para alumni yang bekerja di beragam bidang TI, Periklanan, Film, Animasi dan Web Design. Salah seorang alumni kami bahkan bekerja di Disney Jepang.’
APLIKASI BUATAN AUSTRALIA YANG TERKENAL?
Halfbrick studios adalah game developer yang berbasis di Brisbane, dan telah membuat aplikasi iOS dan Android yang populer: game “Fruit Ninja” dan “Jetpack Joyride”. Game-game tersebut telah sukses di pasaran internasional. Fruit Ninja terjual sebanyak 200 000 unit di bulan pertama. 1Form adalah sebuah aplikasi yang sangat sukses, yang dijual seharga jutaan dolar kepada sebuah perusahaan real estate. Seorang pemuda bernama John Papandriopoulos menciptakan aplikasi SnappyCam yang dibeli oleh Apple dengan harga $20juta-an. Banyak sekali cerita-cerita sukses tentang pembuat aplikasi – kami berharap dapat mengajarkan keahlian-keahlian bagi semua orang yang ingin sukses di bidang ini.
APLIKASI FAVORIT ANDA?
‘Beberapa aplikasi favorit kami adalah Instagram, Photovault, Shazam, Dark Sky dan Jelly. Banyak sekali aplikasi-aplikasi yang unik, yang membuat mereka berbeda dengan aplikasi lainnya. Walau banyak aplikasi yang serupa, yang membuat sebuah aplikasi sukses bukanlah aplikasi yang dipasarkan terlebih dahulu, akan tetapi seberapa mudah/praktis mereka digunakan, dan tentu saja cara pemasarannya.’
BAGAIMANA MASA DEPAN APLIKASI? AKANKAH MEREKA BERTAHAN?
Sekarang ini, kita lebih sering mengakses internet melalui aplikasi daripada menggunakan web browser. Bahkan PC sekarang juga menggunakan aplikasi untuk memberikan fungsi yang spesifik bagi pengguna mereka. Perusahaan penelitian teknologi – Gartner, memprediksikan bahwa sebelum 2015, proyek-proyek yang membidik smartphones dan tablet akan melebihi proyek-proyek yang membidik PC dengan perbandingan 4:1. Gartner mengakui bahwa cloud, aplikasi mobile dan social computing harus dipertimbangkan sebagai strategi utama oleh setiap CEO yang berpikir ke depan. Bersamaan dengan teknologi, aplikasi-aplikasi akan terus berkembang dan berevolusi untuk memenuhi permintaan berbagai praktek bisnis dan masyarakat, jadi, sudah pasti mereka akan bertahan!