Informasi penting
Australia: Info Jurusan

RAIH KARIR GLOBAL DENGAN KULIAH FARMASI DI AUSTRALIA

RAIH KARIR GLOBAL DENGAN KULIAH FARMASI DI AUSTRALIA

Saat mencari jurusan kuliah yang bisa membuka kesempatan berkarir di luar negeri, banyak pelajar masih berkutat di bidang studi teknik atau komputer. Tapi sebenarnya ada 1 jurusan yang jarang tersebut: Farmasi. Jurusan ini memang cukup populer di Indonesia, tapi banyak calon mahasiswa belum tahu kalau keahlian lulusan farmasi sangat dibutuhkan di negara maju.

 

Apa Yang Dipelajari Di Jurusan Farmasi?

Di jurusan ini kamu akan mempelajari semua seluk beluk obat. Mulai dari kandungan bahan kimia dalam obat, fungsi dan kegunaan obat, proses pembuatan obat, proses pengemasan obat, cara distribusi obat dan juga pengelolaan stok obat. Selain obat, kamu juga akan belajar mengenai produk-produk farmasi lain, seperti suplemen makanan dan kosmetika.

 

Apa Prospek Kerja Lulusan Farmasi?

Sebagian besar orang berpikir kalau lulusan farmasi hanya bisa jadi apoteker di institusi pelayanan kesehatan, padahal ada berbagai pekerjaan lain yang bisa dilakukan oleh lulusan farmasi. Misalnya dosen, peneliti, staf badan pengawas obat dan makanan serta pegawai Research & Development untuk perusahaan obat, makanan, minuman dan kosmetik.

 

 

Unduh brosur universitas favoritmu di Australasia

 

Apa Gambaran Pekerjaan Lulusan Farmasi Yang Menjadi Apoteker?

Profesi apoteker pada dasarnya bisa dibagi dua: apoteker klinis dan apoteker industri. Apoteker klinis adalah bagian dari tim tenaga kesehatan profesional di suatu institusi pelayanan kesehatan seperti RS, Klinik atau Apotek. Tugasnya adalah mendistribusikan obat-obatan dan memastikan tingkat keefektifan dan keamanan penggunaan obat. Sementara itu, apoteker industri bekerja di industri farmasi. Biasanya tempat kerjanya berupa pabrik atau laboratorium. Beberapa tugas apoteker industri adalah meracik produk farmasi serta menguji dan mengurus pendaftaran produk tersebut agar dapat diperjualbelikan.

 

Mengapa Harus Kuliah Farmasi Di Australia Untuk Bekerja Di Luar Negeri?

Untuk bisa bekerja di luar negeri dengan keahlian farmasi, kamu harus memiliki gelar dan kualifikasi apoteker yang diakui secara internasional. Sayangnya, jurusan-jurusan farmasi di Indonesia masih belum diakui oleh banyak negara maju. Karena itu, kamu sebaiknya memilih universitas luar negeri yang kualitas lulusan jurusan farmasinya diakui secara global.

 

Saat ini, negara terdekat yang menawarkan jurusan farmasi dengan peringkat tinggi dan memiliki pengakuan internasional adalah Australia. Berdasarkan QS World University Rankings 2019, ada 12 fakultas farmasi dan farmakologi di Australia yang berada di urutan 250 besar.

  1. Monash University Peringkat 2
  2. The University of Sydney Peringkat 18
  3. The University of Queensland Peringkat 25
  4. The University of Melbourne Peringkat 41
  5. The University of New South Wales Peringkat 51-100
  6. Curtin University Peringkat 151-200
  7. Griffith University Peringkat 151-200
  8. The University of Western Australia Peringkat 151-200
  9. The University of Newcastle Peringkat 151-200
  10. University of South Australia Peringkat 151-200
  11. Deakin university Peringkat 201-250
  12. University of Technology Sydney Peringkat 201-250

 

Bagaimana Cara Menjadi Apoteker Di Australia?

Ada 2 jalur kuliah untuk menjadi apoteker/pharmacist di Australia.

 

2 JALUR KULIAH UNTUK MENJADI APOTEKER DI AUSTRALIA

 

WNI lulusan program farmasi Australia yang ingin bekerja di negara tersebut harus mendaftar ke Australian Pharmacy Council (APC) dan mengajukan visa untuk bekerja. Jenis visa kerja yang perlu kamu ajukan bisa berbeda tergantung dari apakah kamu ingin berimigrasi ke Australia atau tidak.

 

Menjadi Apoteker Di Negara Lain Selain Australia

Apoteker yang telah terdaftar di APC bisa mengejar karir di negara-negara lain. Berikut adalah persyaratan untuk bekerja di beberapa negara:

 

1. New Zealand

Menurut Trans Tasman Agreement, New Zealand mengakui bahwa kualifikasi apoteker Australia yang terdaftar di APC sejajar dengan apoteker lulusan lokal. Untuk bisa praktek di negara ini, kamu hanya perlu menjalani pelatihan 4 minggu dan melalui sesi wawancara dengan apoteker yang ditunjuk oleh Pharmacy Council of New Zealand.

 

2. UK

UK termasuk negara yang hanya mengakui program S1 farmasi yang dilangsungkan selama 5 tahun. Jadi lulusan farmasi Australia perlu mengambil studi farmasi tambahan selama 12 bulan dan juga melewati periode pra-registrasi selama 12 bulan untuk bisa mendaftar dengan Royal Pharmaceutical Society.

 

3. Republik Irlandia

Kamu perlu mengikuti ujian persamaan, melewati periode pra-registrasi selama 12 bulan dan mengikuti ujian pendaftaran untuk menjadi bagian dari Pharmaceutical Society of Ireland.

 

4. Amerika Serikat & Kanada

Kamu perlu mengikuti ujian dan melewati periode pra-registrasi minimal 12 bulan untuk mendaftar ke National Association of Boards of Pharmacy di kedua negara ini. Seperti UK, Amerika Serikat juga hanya mengakui program S1 farmasi 5 tahun. Jadi lulusan farmasi Australia perlu mengambil studi farmasi tambahan selama 12 bulan.

 

5. Singapura

Untuk bisa praktek di negara ini, apoteker berstatus WNA harus bekerja selama minimal 3 bulan di institusi pelatihan farmasi yang disetujui oleh Singapore Pharmacy Council (SPC). Selain itu, kamu harus mendapat tawaran kerja sebagai apoteker dari institusi yang diakui SPC dan mengambil ujian yang diselenggarakan SPC.

 

6. Malaysia

Kamu harus melewati ujian khusus untuk warga negara asing yang mengambil pendidikan apoteker di negara lain. Ujian ini diselenggarakan oleh The Pharmacy Board of Malaysia dan menjadi syarat wajib untuk bisa bekerja di Malaysia.

 

7. Saudi Arabia

Kamu harus mengambil ujian Saudi Pharmacist Licensure Examination yang diselenggarakan oleh Saudi Commission For Health Specialties.

 

8. Uni Emirat Arab

Kamu harus punya pengalaman kerja minimal 2 tahun sebagai apoteker dan menguasai bahasa Inggris dan Arab. Negara ini memiliki 3 jenis ujian bahasa dan farmasi dari 3 instansi berbeda sebagai syarat untuk bekerja di beberapa wilayah tertentu di UEA:

  • Tes dari Health Authority Abu Dhabi: Hanya untuk izin bekerja di Abu Dhabi atau Al Ain.
  • Tes dari Ministry of Health: Untuk izin bekerja di Sharjah, Ajman, Ras Al Khaimah dan emirat lain, tapi tidak berlaku di Abu Dhabi atau Dubai.
  • Tes dari Dubai Health Authority: Hanya untuk izin bekerja di Dubai.

Setelah melewati tes-tes di atas, kamu juga harus mengikuti UAE Pharmacy Regulation Exam untuk mendapatkan izin praktek.

 

Selain ujian dan persyaratan di atas, jangan lupa kalau masing-masing negara tentunya punya ketentuan tersendiri untuk visa kerja skilled worker seperti apoteker.

 

Bagaimana? Sudah yakin mau kuliah farmasi di Australia? Langsung saja daftar untuk konsultasi GRATIS dengan konselor IDP mengenai jurusan farmasi di Australia yang tepat untukmu!

 

Sign up sekarang untuk konsultasi GRATIS!

Sumber:

TopUniversities.com

AnakUI.com

RavensRecruitment.com.au

Study in Australia

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Australia'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Australia dalam satu buku digital praktis

DOWNLOAD

Mencari jurusan

Australia
Sarjana
TENTANG PENULIS

RAIH KARIR GLOBAL DENGAN KULIAH FARMASI DI AUSTRALIA