Informasi penting
Australia: Pendaftaran Universitas

JENIS GELAR/KUALIFIKASI PENDIDIKAN TINGGI DI AUSTRALIA

442

Setiap negara memiliki sebutan gelar pendidikan tinggi yang berbeda. Walau nama terdengar sama, definisinya bisa berbeda antara setiap negara. Walau demikian, gelar berikut ini sama untuk semua negara:

 

1. Diploma = D3 di Indonesia

2. Bachelor = S1 di Indonesia

3. Master = S2 di Indonesia

3. Doctorate = S3 di Indonesia

 

Sedangkan untuk gelar-gelar di bawah ini tidak ada di Indonesia, tetapi sangat umum di Australia. Kenali masing-masing gelar supaya kamu bisa memilih program kuliah yang tepat:

 

1. Certificate

 

Secara umum, program Certificate ini lebih seperti SMK di Indonesia. Bidang studi yang ditawarkan lebih spesifik, misalnya untuk penataan rambut, pijat terapi, perpipaan, dan bidang khusus lainnya. Untuk mengambil program Certificate tidak perlu lulus SMU 3, setelah SMU kelas 2 kamu sudah bisa mengikuti program tersebut di Australia. Tetapi sebelumnya cek persyaratan untuk mendaftar dulu ya.

 

Setelah lulus dari program Certificate kamu bisa langsung bekerja di bidang yang bersangkutan. Kamu juga bisa mengambil program ini untuk melengkapi kualifikasi yang kamu miliki. Misalnya kamu sudah lulus S1 di bidang Desain Interior, kamu bisa mengambil Certificate fotografi misalnya, untuk menunjang gelar S1 yang kamu miliki. Atau, kamu adalah anak jurusan Hospitality Management, tetapi ingin lebih mendalami ‘pattiserie’, maka kamu bisa mengambil Certificate in Pattiserie yang khusus mengajarkan tentang ilmu membuat kue dan dessert. Karena jurusan S1 biasanya lebih umum, kamu bisa mengambil program certificate untuk mendalami bidang yang kamu minati (yang bersifat kejuruan/praktek), yang sejalan dengan jurusan yang kamu ambil.

 

 

2. Advance Diploma

 

Advance Diploma ini setara dengan D4 di Indonesia. Ada program S1 dan universitas tertentu yang mensyaratkan Advance Diploma. Gelar ini juga dapat kamu ambil jika kamu ingin mendaftar untuk Graduate Visa/visa kerja di Australia.

 

 

3. Foundation

 

Ini adalah program persiapan kuliah. Setiap universitas menawarkan program foundation mereka sendiri. Program ini diikuti oleh mahasiswa yang belum memenuhi persyaratan masuk dari universitas tersebut. Setelah menyelesaikan foundation, maka mereka bisa langsung melanjutkan ke S1. Program ini berdurasi 1 tahun.

 

 

4. Honor

 

Honor adalah predikat/titel untuk mahasiswa S1 yang memperoleh nilai bagus (nilai rata-rata di atas 7). Untuk mendapatkan gelar ini, mereka perlu menambah waktu kuliah selama 1 tahun.

 

 

5. Graduate Certificate

 

Gelar ini setara dengan bachelor/S1. Gelar ini baru bisa kamu ambil setelah tamat S1. Perkuliahannya lebih mengarah ke praktikum dan durasinya lebih singkat (biasanya 6 bulan). Graduate Certificate bisa menjadi pertimbangan, jika kamu belum memenuhi persyaratan masuk untuk mendaftar ke program Master/S2. Sebelum memutuskan program mana yang perlu kamu ambil, kamu bisa menanyakan ke universitas yang kamu minati, apa yang mereka syaratkan untuk mendaftar ke program Master.

 

 

6. Master by Coursework & Master by Research

 

Di Australia, gelar Master/S2 untuk jurusan tertentu memberikan 2 pilihan: Master by Coursework atau Master by Research. Master by Coursework maksudnya kamu akan mengikuti perkuliahan seperti biasa, di kelas, mengikuti tutorial dan ujian. Sedangkan di program Master by Research, kamu akan melakukan banyak penelitian, dan kelulusan ditentukan oleh tesis yang kamu tulis. Baca lebih lanjut di sini (perbedaan antara Master by Coursework & Master by Research).

 

Setelah membaca penjelasan di atas, mungkin kamu masih punya pertanyaan seperti, gelar mana yang harus saya ambil untuk melanjutkan S1 di Australia? Apakah itu Certificate, Advanced Diploma atau Foundation? Mereka terdengar sama. Kamu tidak perlu bingung, Hotcourses Indonesia siap membantu. Untuk konsultasi gratis, kamu hanya perlu mendaftar dengan klik gambar di bawah ini dan tunggu telepon dari konsultan pendidikan kami :)

 

 

 

 

Kamu juga bisa download gratis brosur resmi universitas-universitas Australia untuk mengetahui program kuliah apa saja yang mereka tawarkan, persyaratan mendaftar dan biaya kuliah serta beasiswa yang tersedia. Klik gambar di bawah ini:

 

 

 

 

 

Dapatkan juga e-book gratis tentang panduan lengkap kuliah ke Australia, supaya kamu mengetahui semua informasi penting yang bisa membantu persiapan kuliah kamu:

 

 

 

 

Mencari jurusan

Australia
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS