Informasi penting
Cina: Before you leave

HAL - HAL YANG PERLU KAMU KETAHUI SEBELUM BELAJAR DI CINA

share image
599

Kamu mungkin memiliki banyak pertanyaan seputar kuliah di Cina yang bahkan kamu tidak tahu harus mulai dari mana. Artikel kali ini akan membantu menghapus rasa penasaran kamu tentang belajar di Cina.

 

Di mana tempat paling populer untuk belajar di Cina?

 

Menyusul gerakan urbanisasi besar-besaran, Tiongkok saat ini menawarkan 20 kota dengan lebih dari tiga juta penduduk, termasuk tujuh kota dengan lebih dari 10 juta orang. Program studi khusus di Cina  kadang-kadang menawarkan lokasi di luar kota-kota besar dan berada di kota-kota kecil atau daerah pedesaan, tetapi Shanghai, Beijing, dan Hong Kong tetap menjadi tujuan studi paling populer di Cina.

 

Lokasi-lokasi studi populer lainnya di Cina adalah Chengdu, Tianjin, dan Kunming. Cina adalah negara besar, yang memerintah lebih dari 22 provinsi dan lima wilayah otonom. Banyak di antaranya memiliki budaya, dialek, dan cara hidup yang berbeda. Ke mana pun kamu pergi, setiap tempat di Cina akan menawarkan sesuatu yang unik dan berbeda. Jadi pilihlah tempat studi kamu dengan bijak.

 

 

Berapa biayanya?

 

Bergembiralah karena Cina sangat terjangkau. Meskipun Cina adalah Negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia, namun biaya hidup disana cukup murah dibandingkan dengan kebanyakan negara Barat. Makanan di Cina pada umumnya hanya akan membuat kamu mengeluarkan uang yang tidak terlalu banyak. Harga lebih rendah bahkan bisa kamu temukan di daerah pedesaan, dan pasar tradisional juga akan lebih murah daripada supermarket yang dipenuhi dengan brand-brand barat yang sudah terkenal. Ketahuilah bahwa sebagai seorang turis atau siswa muda kamu akan sangat menonjol, jadi berhati-hatilah terhadap penipuan dengan harga yang dibuat-buat secara berlebihan. Negara ini menggunakan Ren Min Bi sebagai mata uangnya (juga dikenal sebagai Kuai atau Yuan), dan biasanya beroperasi dengan uang tunai versus kartu kredit. Walaupun Cina adalah Negara yang lumayan terjangkau, sebaiknya kamu tetap menyiapkan  uang saku ekstra untuk antisipasi selama hidup di negeri orang.

 

 

 

Apa Bidang Studi Populer untuk Siswa yang Belajar di Cina?

 

Bidang studi akademik yang umum di Cina meliputi matematika, ekonomi, teknik, ilmu politik, pengembangan kota, dan tentu saja, bahasa Mandarin. Program-program yang tersedia di kota-kota besar di Tiongkok biasanya menggabungkan studi akademik dengan berbagai pelajaran bahasa intensif dan peluang budaya yang mendalam. Jika kamu khawatir diajarkan dalam bahasa lokal, jangan takut! Ada banyak bidang studi yang dapat kamu pelajari dalam Bahasa Inggris, meskipun kami menyarankan kamu mengambil beberapa kelas dasar bahasa mandarin untuk membantu kamu dalam berkomunikasi sehari-hari, juga membuat kamu berkesempatan untuk belajar lebih banyak tentang budaya mereka yang sangat kaya.

 

 

Apakah saya perlu berbicara bahasa Mandarin untuk belajar di Cina?

 

Hambatan bahasa dapat menjadi hambatan yang sangat nyata dan semakin menonjol. Sementara lembaga kelas dunia seperti Universitas Tsinghua, Universitas Peking, dan Universitas Fudan adalah mahkota di mata setiap siswa nasional Cina, karena sebagian besar kelas umumnya diajarkan dalam bahasa Mandarin. Namun banyak dari sekolah-sekolah ini menjangkau program internasional untuk menarik siswa asing, dan beberapa bidang studi, seperti bisnis internasional, seringkali diajarkan dalam bahasa Inggris.

 

 


Apakah ada Bucket List yang harus saya capai ketika belajar Cina?

 

  • Makan pangsit!

 

Cobalah memakan Pangsit dengan berbagai isian yang berbeda. Poin bonus jika kamu mendapatkan pangsit  yang berwarna ungu, hijau, atau oranye.

 

  • Kunjungi Tembok Besar Cina.

 

Pakailah sepatu yang bagus karena kamu akan berjalan dengan sedikit memanjat. Atur waktu kunjungan kamu dengan waktu yang pas untuk mendapatkan foto-foto yang sangat spektakuler.

 

  • Minum Teh Hijau.

 

Semakin pahit, semakin baik. Percayalah, teh hijau di Cina memiliki banyak manfaat untuk kamu.

 

 

  • Cobalah berbicara bahasa Mandarin Sepanjang Hari.

 

Kamu akan terkejut betapa banyak kamu menyerap bahasa mandarin, jangan takut salah! Karena ada banyak siswa lokal yang akan membantu kamu yang mungkin salah dalam menyebutkan kalimat yang rumit.

 

 

Baca juga:

PANDUAN LENGKAP CARA MENGAJUKAN VISA KE CINA

5 KOTA TERBAIK UNTUK KULIAH DI CINA

KULIAH TEKNIK LINGKUNGAN DI CINA DALAM BAHASA INGGRIS

 

Sumber:

https://www.goabroad.com/articles/study-abroad/studying-abroad-in-china-tips

https://www.gooverseas.com/study-abroad/china

 

Mencari jurusan

Cina
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

author image