Informasi penting
Cina: Akomodasi Pelajar

MENGENAL LEBIH DALAM MEMILIH AKOMODASI MAHASISWA DI CINA

share image
396

Menemukan akomodasi yang cocok di Cina dapat menjadi tantangan, bahkan untuk orang yang punya pengalaman di Cina. Hambatan bahasa hanyalah masalah kecil. Tantangan yang lebih besar adalah menemukan akomodasi yang dapat memenuhi semua kebutuhan, termasuk keterjangkauan, dan lokasi. Mahasiswa Internasional dapat memilih untuk tinggal di asrama kampus atau menyewa apartemen di luar kampus.

 

Berikut beberapa pilihan akomodasi atau tempat tinggal untuk mahasiswa di Cina.

 

Asrama Di Kampus

Pilihan tempat tinggal paling umum bagi mahasiswa internasional di Cina adalah asrama kampus. Akomodasi ini telah melalui periode pengembangan dan memiliki banyak bangunan asrama yang lebih baru. Sebagian besar universitas memiliki asrama untuk mahasiswa internasional. Universitas menyediakan serangkaian kamar, dari kamar tunggal hingga kamar bersama.

Biaya tinggal di asrama adalah dari 995 RMB sampai 2.655 RMB atau sekitar  2,1 juta rupiah sampai 14,4 juta rupiah per bulan. Biaya akomodasi asrama di kampus biasanya dibayarkan per semester.

Kehidupan asrama biasanya sangat menyenangkan dan hangat, selain dapat merasakan kebersamaan dengan teman-teman, keuntungan lain tinggal di asrama kampus adalah kamu dapat lebih dekat dengan kampusmu sehingga dapat menghemat waktu perjalanan dan menghemat uang saku.

 

 

Akomodasi di Luar Kampus

Jika kamu ingin tinggal di luar kampus, maka kamu harus mengatur sendiri pencarian apartemen.

Biasanya mahasiswa baru memesan hotel selama beberapa hari ketika pertama kali tiba sehingga dapat memberi waktu untuk menyesaikan diri dengan melihat beberapa apartemen yang berbeda.

Biaya tinggal di apartemen bisa murah, tetapi itu tergantung pada luas dan ukuran. Rata-rata mahasiswa di Cina tinggal bersama teman di apartemen agar bisa berbagi uang jaminan sebesar 1990 RMB sampai 3.053 RMB atau sekitar 4,3 juta rupiah sampai 6,6 juta rupiah dan 331 RMB atau 724 ribu rupiah per bulan untuk tagihan air, gas dan listrik. Sewa apartemen satu kamar tidur di daerah perkotaan Cina rata-rata 3520 RMB atau sekitar 6,3 juta rupiah sampai 7,9 juta rupiah perbulan.

 

 

Akomodasi di Beijing     

Biaya sewa apartemen di Beijing biasanya naik 10% per tahun. Pada tahun 2016 saja, untuk satu kamar apartemen di Beijing biasanya bervariasi dari 2500 RMB hingga 4500 RMB atau sekitar 5.2 juta rupiah sampai 9.4 juta rupiah. Sebagian besar anak muda membayar lebih dari 3.000 RMB atau sekitar 6 juta rupiah dan menyewa di daerah hutong yang telah direnovasi dengan teras dan atap. Mahasiswa Internasional cenderung condong ke tiga wilayah di Beijing, yaitu Wudaokou, Hutong, dan Shuangjing.

 

 

 

Akomodasi di Wudaokou

Mahasiswa biasanya tinggal di Wudaokou, dekat dengan Universitas Tsinghua atau Universitas Peking. Meskipun tinggal jauh dari bagian tengah Beijing, Wudaokou terkenal mahal tetapi relatif mudah untuk menemukan akomodasi yang cocok karena tempat ini adalah tempat berkumpulnya mahasiswa internasional. Perlu diingat bahwa biaya sewa cenderung naik di bulan Agustus. Mahasiswa yang tinggal di Wudaokou biasanya dapat menemukan akomodasi dengan mudah, dari melalui mulut ke mulut dan tanpa menggunakan perantara.

 

 

Akomodasi di Wuhan

Karena biaya kuliah dan biaya hidup yang relatif rendah dibandingkan dengan Beijing di utara dan Shanghai di timur, Wuhan menempati peringkat 50 besar dalam kategori 'keterjangkauan' dalam indeks Kota Pelajar Terbaik. Ini membuat kota di Cina Tengah menjadi tujuan populer bagi siswa internasional.​

 

 

Akomodasi di Hangzhou

Hangzhou, ibukota Provinsi Zhejiang dan salah satu dari tujuh ibu kota kuno Tiongkok (enam lainnya adalah Xi'an, Luoyang, Nanjing, Beijing, Kaifeng dan Anyang). Ini adalah kota favorit bagi siswa internasional sebagai kota tujuan untuk berkuliah. Memadukan unsur metropolitan modern dan elemen kuno bersejarah yang juga ditunjukkan dalam gaya hidup tradisional Tiongkok.

Siswa cenderung tinggal di daerah sekitar stadion Yellow Dragon Hangzhou karena kedekatannya dengan Universitas Zhejiang.​ ​Apartemen satu kamar tidur rata-rata disewa antara 3.000 RMB dan 4.000 RMB per bulan. 

 

Baca juga:

DAFTAR UNIVERSITAS TERKEMUKA DI CHINA

MENGAPA KULIAH DI CINA - EMPAT ALASAN UNTUK KULIAH KE CINA

3 BEASISWA CINA UNTUK MAHASISWA INTERNASIONAL

 

Sumber:
https://www.china-admissions.com/study-in-china-guide/accommodation/
http://www.asiaoptions.org/housing-in-china-guide/

https://www.chinaeducenter.com/en/university/accommodation.php

 

 

Mencari jurusan

Cina
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

author image