Informasi penting
Cina: Keuangan

MENGEJAR ILMU KE CHINA DENGAN BEASISWA CHINA - AUN

share image

Dalam dekade terakhir, China telah berkembang menjadi salah satu negara yang populer bagi pelajar internasional. Buktinya, China kini memiliki jumlah mahasiswa internasional terbesar ketiga di dunia setelah Inggris dan Amerika Serikat. Hal ini dikarenakan kualitas pendidikan di universitas-universitas China yang semakin meningkat. Pada tahun 2019, 72 universitas China berhasil mendapatkan peringkat di daftar Times Higher Education World University Rankings 2019 - jauh lebih banyak dibandingkan universitas-universitas di Kanada atau Australia.

 

Untuk masalah biaya, kuliah di China lebih murah dibanding di Inggris ataupun AS. Tergantung dari universitas dan jurusan pilihanmu, kamu bisa diminta membayar 1.648 - 3.000 USD per tahun. Untuk jurusan-jurusan populer seperti kedokteran, teknik dan bisnis, mahasiswa internasional rata-rata mengeluarkan 22.874 - 47.665 USD per tahun. Selain itu, biaya hidup di China juga tergolong murah - kamu hanya perlu menganggarkan sekitar 500 USD per bulan. Berbagai bantuan dana dari pemerintah China juga tersedia untuk pelajar internasional, salah satunya adalah CHINA - AUN (ASEAN University Network) Scholarship. Beasiswa ini sangat menarik karena tidak meminta surat penerimaan dari universitas dan hasil tes bahasa. Mau tahu lebih lanjut tentang beasiswa ini? Hotcourses Indonesia akan membahasnya secara lengkap di bawah ini.

 

 

Apa Latar Belakang CHINA - AUN Scholarship?

 

CHINA - AUN Scholarship adalah beasiswa penuh untuk mahasiswa pascasarjana yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan China untuk membantu ASEAN University Network (AUN) mensponsori  pelajar, pengajar dan cendekiawan dari negara-negara ASEAN untuk belajar di China. Beasiswa ini juga bertujuan untuk mendorong pertukaran akademis dan bertumbuhnya saling pengertian antara China dan semua negara anggota ASEAN.

 

 

Apa Persyaratan Pendaftaran Beasiswa China - AUN Untuk WNI?

 

  1. Memiliki kewarganegaraan Indonesia
  2. Sehat jasmani dan rohani
  3. Jika ingin mengambil program S2 di China dengan beasiswa ini, pendaftar harus memiliki gelar S1 dan berumur di bawah 35 tahun. Untuk pendaftar program doktoral, harus sudah memiliki gelar S2 dan berumur di bawah 40 tahun.


 

Apakah Beasiswa Ini Memiliki Kuota Dan Prioritas Bidang Studi?

 

CHINA-AUN Scholarship hanya tersedia untuk 30 orang tiap tahunnya dan terbuka untuk pendaftar yang ingin mempelajari bidang studi berikut:

  1. Filsafat

  2. Ekonomi

  3. Ilmu hukum

  4. Pendidikan

  5. Sastra

  6. Sejarah

  7. Manajemen

  8. Sains

  9. Teknik

  10. Agrikultur

  11. Seni Murni

  12. Kedokteran

Pendaftar diperbolehkan memilih jurusan kuliah yang diajarkan dalam bahasa Inggris atau Mandarin.

 

 

 

Biaya Apa Saja Yang Ditanggung CHINA - AUN Scholarship?

 

Beasiswa ini mencakup biaya kuliah, akomodasi, pengeluaran bulanan/uang saku dan asuransi kesehatan. Jika dibutuhkan, CHINA-AUN Scholarship juga akan menanggung biaya kursus bahasa Mandarin. Perlu diingat bahwa beasiswa ini hanya akan mendukung mahasiswa S2 selama 3 tahun dan mahasiswa program doktoral selama 4 tahun. Detail lengkap tersedia di tabel berikut:

 


 

Kapan Pendaftaran Beasiswa Ini Dibuka?


Untuk tahun 2020, pendaftaran beasiswa ini sudah dibuka dari kuartal akhir 2019 dan akan ditutup pada tanggal 31 Januari 2020.

 

 

Bagaimana Proses Pendaftaran Beasiswa Ini?

 

Pendaftaran beasiswa ini tetap bisa kamu lakukan walaupun kalau belum mendapatkan pre-admission letter. Pendaftar yang tidak memiliki surat ini akan diminta untuk memilih universitas saat proses pendaftaran beasiswa secara online.

 

  1. Buka situs http://www.campuschina.org dan klik “Scholarship Application  for Students” atau buka http://www.csc.edu.cn/studyinchina. Panitia seleksi menyarankan pendaftar untuk menggunakan browser Firefox atau Internet Explorer (11.0) untuk mengakses kedua situs ini.

  2. Dua situs di atas akan mengarahkanmu ke situs Chinese Government Scholarship Information System (Sistem Informasi Beasiswa Pemerintahan China). Kalau kamu baru pertama kali mendaftar beasiswa dari pemerintah China, klik "Create an account" untuk membuat akun baru. Kalau kamu sudah pernah mendaftar di situs ini sebelumnya, langsung masuk dengan username dan password-mu. Jangan lupa untuk mengisi bagian 'Personal Details'.

  3. Setelah berhasil masuk situs ini, kamu akan diminta mengisi bagian Programme Category dan Agency Number. Untuk beasiswa CHINA - ANU, Programme Category-nya adalah 'Type A' dan Agency Number-nya adalah '00005' (ASEAN University Network). Ketika Agency Number sudah dimasukkan dengan tepat, maka nama ASEAN University Network akan muncul di layar.

  4. Isi formulir aplikasi online dan unggah semua dokumen yang diminta sesuai dengan langkah-langkah yang tertera di bagian kiri halaman tersebut. Sebelum memilih jurusan di formulir, kamu akan diminta untuk memilih disiplin ilmu terlebih dahulu. Kalau kamu butuh petunjuk lebih lanjut, penjelasan mengenai disiplin ilmu dan jurusan bisa kamu temukan di bagian 'Help'

  5. Periksa formulirmu dan kelengkapannya dengan seksama sebelum menekan tombol 'Submit'. Hal ini harus kamu perhatikan sebaik mungkin karena formulir dan dokumen-dokumen yang kamu unggah akan menjadi satu-satunya referensi untuk universitas tujuanmu mengkonfirmasi penerimaanmu.

  6. Kalau kamu mau mengubah isi formulir, klik 'Withdraw and Edit the Application' di bagian atas halaman. Setelah melakukan perubahan, kamu perlu kembali menekan tombol 'Submit' agar formulir dan semua dokumenmu diterima. Kalau kamu tidak menekan tombol tersebut, pendaftaranmu akan dianggap tidak sah dan tidak akan diterima oleh panitia seleksi.

  7. Klik 'Print the Application Form' dan unduh formulir pendaftaran. Formulir harus dicetak rangkap 2.

  8. Kirimkan 2 set formulir pendaftaranmu beserta semua dokumen pendukung lainnya lewat layanan pos ke sekretariat AUN sebelum pendaftaran ditutup pada tanggal 31 Januari 2020.

 

Berikut adalah alamat untuk pendaftaran beasiswa ini:

 

Mr. Chawanvit Panprasert
ASEAN University Network Secretariat
17th Floor, Chaloem Rajakumari 60 Building,
Chulalongkorn University, Phayathai Road, Pathumwan,
Bangkok 10330 THAILAND

Tel: +66 2 2153640 ext. 105

E-Mail: aun.chawanvit@gmail.com

 

Panitia seleksi hanya akan menerima aplikasi yang dikirimkan via pos ke alamat di atas. Semua dokumen yang dikirimkan tidak akan dikembalikan. Kalau kamu punya pertanyaan mengenai beasiswa ini, kamu bisa menghubungi email dan nomor telepon yang tercantum di atas atau mengakses situs AUN di sini.

 

 

Dokumen Apa Saja Yang Dibutuhkan Untuk Mendaftar Beasiswa Ini?

 

Siapkan 2 set dokumen-dokumen berikut:

 

  1. Formulir pendaftaran yang telah diisi lengkap (dalam bahasa Mandarin atau Inggris).

  2. Salinan ijazah terakhir beserta terjemahannya dalam bahasa Mandarin atau Inggris yang telah dinotarisasi.

  3. Salinan transkrip akademik beserta terjemahannya dalam bahasa Mandarin atau Inggris yang telah dinotarisasi.

  4. Proposal penelitian atau rencana studi dalam bahasa Mandarin atau Inggris (minimal 800 kata).

  5. 2 Surat rekomendasi (dalam bahasa Mandarin atau Inggris) dari dosen atau asisten dosen.

  6. Salinan formulir Foreigner Physical Examination yang telah diisi oleh dokter (formulir asli harus disimpan oleh pendaftar). Kamu bisa mengunduh formulir ini di https://drive.google.com/file/d/13A9ezP8jZMTh24BOnawhu1eMEu6AYnsF/view. Lakukan semua pemeriksaan yang diminta dalam formulir di rumah sakit pilihanmu. Untuk memastikan formulir ini sah, kamu harus memeriksa apakah formulir telah terisi lengkap dalam bahasa Inggris dan ada tanda tangan dokter pemeriksa serta cap resmi RS tersebut (Cap RS harus dibubuhkan di atas foto pendaftar dan di sebelah tanda tangan dokter pemeriksa). Formulir ini hanya berlaku selama 6 bulan dari tanggal pemeriksaan.

  7. Salinan surat pre-admission dari universitas China pilihanmu (jika ada)

  8. Salinan sertifikat HSK/tes bahasa Mandarin (jika ada). Kalau kamu butuh informasi lebih lanjut mengenai tes HSK, langsung saja klik di sini.

 

Semua dokumen digabung menjadi 2 set dengan urutan sesuai daftar di atas (1-6 atau 1-8 jika kamu sudah memiliki pre-admission letter dan sertifikat HSK). Tiap set harus distapler di sisi kiri atas.

 

 

Apa Proses Selanjutnya Setelah Melakukan Pendaftaran?

 

  1. Panitia seleksi dari AUN akan memilih kandidat-kandidat terbaik yang memenuhi syarat dari semua pendaftar. Kemudian AUN akan merekomendasikan para kandidat tersebut ke China Scholarship Council (CSC) untuk dinilai berdasarkan kualifikasi dan eligibilitas.

  2. Aplikasi semua kandidat yang lolos penilaian akan dikirimkan ke universitas-universitas China untuk penempatan mahasiswa. Berdasarkan berbagai faktor - seperti perbedaan kebutuhan pendanaan beasiswa tiap negara, kapasitas universitas tujuan, lama waktu belajar dan kriteria pendaftar - maka CSC berhak membuat perubahan/penyesuaian pada universitas tujuan kandidat, bidang studi, kategori pendukung dan durasi beasiswa. Kalau kamu mendaftar tanpa surat pre-admission, ini berarti ada kemungkinan jurusan dan universitas yang menerimamu akan berbeda dengan pilihanmu di formulir pendaftaran. Sementara itu, aplikasi yang disertai pre-admission letter dari universitas tertentu akan diserahkan ke universitas tersebut untuk konfirmasi penerimaan.

  3. Setelah universitas tujuan mengkonfirmasi penerimaan kandidat, maka kandidat tersebut resmi menjadi penerima beasiswa China - AUN dengan persetujuan dari CSC. Tiap penerima beasiswa tidak akan menerima lebih dari 1 beasiswa. 

  4. CSC akan meninjau hasil penempatan, menyetujui daftar penerima beasiswa dan mengirimkan dokumen penerimaan ke sekretariat AUN sebelum 31 Juli 2020.

  5. Sekretariat AUN akan menghubungi para penerima beasiswa via email pada akhir Juli atau awal Agustus 2020. Sekretariat juga akan mengirimkan dokumen penerimaan (dua di antaranya berupa Daftar Penerima Beasiswa dan Formulir Aplikasi Visa untuk belajar di China/JW201) kepada para penerima beasiswa.

  6. Penerima beasiswa tidak diperkenankan mengganti universitas tujuan, bidang studi atau durasi masa belajar yang ditetapkan di Surat Penerimaan setelah tiba di China.

  7. Beasiswa tidak dapat ditunda jika penerima beasiswa tidak bisa mendaftar sesuai tenggat waktu pendaftaran.

 

Untuk mendapatkan gambaran dokumen apa saja yang akan kamu dapatkan jika berhasil mendapatkan beasiswa ini, coba saksikan penjelasan Raymond Octavian yang berhasil mendapatkan beasiswa dari pemerintah China untuk mengambil program S2 Science of Business Administration di Zhejiang Gongshang University.

 

 

Tertarik untuk mendaftar beasiswa ini? Kalau kamu sudah punya universitas pilihan tertentu di China, kamu bisa daftar untuk konsultasi GRATIS dengan konsuler IDP mengenai tata cara mendapatkan pre-admission letter  yang bisa membantumu kuliah di universitas tersebut dengan pendanaan dari China - AUN Scholarship. Selamat mencoba!

 

 

Sumber:

Aunsec.org

TimesHigherEducation.com

Sicas.cn

Mencari jurusan

Cina
Pascasarjana
TENTANG PENULIS

author image