Informasi penting
Cina: Visa

CARA UNTUK MENDAPATKAN VISA PELAJAR CINA

share image
2083

Berkat ledakan ekonomi dan perkembangan yang drastis dalam beberapa tahun terakhir, pendidikan tinggi di Cina berkembang dengan sangat pesat. Meningkatnya popularitas dan banyaknya akreditasi yang diterima universitas-universitas Cina menempatkan mereka di posisi yang semakin tinggi di peringkat universitas dunia.

 

Daya tarik Cina semakin lengkap dengan prospek kerja yang dilaporkan semakin bagus dari tahun sebelumnya, khususnya di bidang teknik. Tahun lalu, 81% lowongan kerja tersedia untuk lulusan baru.

 

Jika kamu berencana untuk kuliah di Cina, ini adalah beberapa hal yang harus kamu ketahui untuk mendapatkan visa pelajar.

 

 

Tempat Pengajuan Visa

 

Kamu bisa mendaftar ke Konsulat Cina, atau melalui agen, atau secara online. Informasi selengkapnya dapat kamu peroleh di situs resmi Konsulat Cina

 

Jika kamu tinggal di Jakarta dan ingin mendaftar secara langsung, kamu bisa mengantarkan berkas pendafaran visa ke sini:

 

Chinese Visa Application Service Center
Unit 6, 2nd Floor, The East Building
Lingkar Mega Kuningan Rd. Kav E 32 No. 1
East Kuningan Setiabudi, South Jakarta - 12950
Tel: 021-5793 8655 Fax: 021-5793 8659

Hari Kerja: Senin s/d Jumat
Penyerahan berkas dan formulir pendaftaran Jam: 09.00 s/d 15:00
Pembayaran Pengambilan Visa Jam: 09:00 s/d 16:00

 

Sumber foto: www.visaforchina.org

 

Selain Jakarta, Konsulat Cina juga berlokasi di Surabaya, Denpasar dan Medan.

 

Biasanya visa Cina akan diterbitkan dalam kurang dari satu minggu. Walau demikian, disarankan segera mengajukan permohonan visa segera setelah surat penerimaan universitas telah diterima, supaya tersedia lebih banyak waktu untuk mengurus persiapan lainnya. 

 

 

Visa Pelajar X1 & X2

 

Sebelum mulai menyiapkan pengajuan visa, sebaiknya mengetahui terlebih dahulu visa mana yang dibutuhkan.

 

Mahasiswa internasional yang ingin kuliah ke Cina perlu mendapatkan visa pelajar X, yang terbagi menjadi 2 jenis. Visa pelajar X1 berlaku selama 5 tahun dan diperuntukkan untuk mereka yang mengambil program studi lebih dari enam bulan. Dengan visa X1 ini kamu bisa keluar masuk Cina selama beberapa kali. Jika program studi yang durasinya kurang dari enam bulan, maka diperlukan visa X2, yang biasanya hanya bisa digunakan untuk satu kali masuk ke Cina selama 6 bulan. 

 

Visa X berlaku selama 30 hari. Jadi setibanya di Cina, kamu perlu mendaftar dulu ke kantor Public Security Bureau (PSB) Exit and Entry Administration untuk mendapatkan ijin tinggal sesuai dengan durasi program studi kamu. 

 

 

Dokumen

 

 

sumber foto: www.thaiconsulatedubai.com 

 

Berikut adalah dokumen yang harus kamu serahkan untuk pendaftaran visa pelajar kamu:

  • Paspor Asli (dengan dua halaman kosong), ditambah dengan fotokopi paspor
  • Formulir Pendaftaran Visa yang telah dilengkapi (tulisan tangan tidak diterima)
  • Satu foto ukuran paspor
  • Formulir JW201 atau JW202 yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan Cina (asli dan fotokopi)
  • Pemberitahuan Penerimaan oleh universitas (asli dan fotokopi)
  • Bukti pembayaran biaya pendaftaran visa
  • Fotokopi tiket pesawat dan akomodasi
  • Hasil pemeriksaan fisik yang masih berlaku

 

 

Visa Pelajar dan Ijin Kerja

 

Mahasiswa internasional diijinkan untuk bekerja sambilan sambil kuliah, ataupun kerja magang berbayar di kampus. Akan tetapi sebelum mulai bekerja, pastikan kamu telah memiliki surat ijin dari universitas dan perusahaan yang memperkerjakan kamu, kemudian lapor ke kantor polisi. Setelah polisi memberikan catatan di visa kamu, maka kamu sah bisa bekerja sambilan di Cina sesuai dengan syarat dan peraturan yang diberikan.

 

Ternyata mengajukan visa pelajar Cina cukup mudah bukan? Tertarik kuliah ke Cina? Mulai cari program kuliah yang cocok untukmu yuk. Klik gambar di bawah ini untuk memulai:

 

.

 

Sumber: 

studyinternational.com
http://id.china-embassy.org/indo/lsqw/

Mencari jurusan

Cina
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

author image