Informasi penting
Finlandia: Prospek Karir - Wajib dibaca

Menemukan pekerjaan setelah lulus di Finlandia

57

Seperti apa pasar kerja di Finlandia?

 
Kondisi pasar kerja di Finlandia cukup menguntungkan bagi mahasiswa internasional. Di tahun 2017, persentase pengangguran di Finlandia berada di angka 7.5%. Banyak industri yang berkembang pesat, misalnya elektronik, metal, kayu, kertas, pertanian dan kehutanan. 
Terutama di bidang kesehatan, banyak tenaga kerja yang telah berusia, sementara banyak lowongan yang membutuhkan tenaga kerja yang lebih muda. Industri lainnya yang kekurangan tenaga kerja adalah pekerjaan dan layanan masyarakat yang menyokong kehidupan masyarakat dan banyak usaha. 
 
Lulusan yang memiliki pengalaman kerja di bidang teknik, TI dan elektronik banyak dicari. Untuk dapat diterima dengan baik, disarankan untuk memahami etika kerja dan bahasa Finlandia. Dalam hal bahasa, siap-siap untuk bersaing dengan lulusan lokal yang biasanya lancar dalam beberapa bahasa seperti Inggris, Swedia (bahasa resmi), Jerman, Perancis dan bahkan Spanyol. 
 

Bisakah saya menetap di Finlandia?

 
Mahasiswa Indonesia perlu mengajukan ijin tinggal. Ijin ini harus diurus sebelum lulus kuliah. Ijin tinggal akan memberikan kamu waktu 1 tahun untuk menemukan pekerjaan. 
Menurut situs Migri, setelah kamu menamatkan satu gelar atau kualifikasi lainnya di Finlandia, kamu dapat mengajukan ijin tinggal baru dengan tujuan bekerja, setelah kamu menemukan pekerjaan.’
 
Setelah menemukan pekerjaan dan telah tinggal di Finlandia untuk beberapa waktu, kamu dapat mengajukan residensi permanen. 
 

Bagaimana cara menemukan pekerjaan?

 
Kamu bisa mencoba banyak cara. Tempat terbaik untuk memulai adalah universitas. Layanan karir di sana bisa memberikan panduan untuk menemukan pekerjaan. Pekan karir juga bisa menjadi cara yang bagus untuk bertemu dengan calon pemberi kerja. Pekan karir ini biasanya diadakan oleh universitas atau perusahaan.  
 
Mahasiswa internasional disarankan untuk mendaftar ke Employment Economic Development Office, yang akan membantu memberikan panduan dalam hal mencari lowongan kerja dan melengkapi formulir.  Situs Study in Finland menyarankan mahasiswa untuk mencari di luar dan menghubungi perusahaan yang bergerak di bidang yang sesuai dengan jurusan mereka. 
 
Seperti pada umumnya, sewaktu melamar pekerjaan perlu menyertakan CV dan cover letter. Beberapa perusahaan juga menerima lamaran pekerjaan secara online. Kamu hanya perlu mengisi formulir di situs resmi mereka. 
 
Beberapa situs yang memberikan informasi lowongan kerja – Jobs in Helsinki dan Work in Finland adalah sumber yang bisa kamu manfaatkan untuk menemukan pekerjaan. Situs Expat Finland juga memuat banyak informasi dan masukan untuk menemukan pekerjaan di Finlandia.  
 

Tips menemukan pekerjaan di Finlandia

• Ajukan perpanjangan ijin tinggal sebelum masa berlaku berakhir 
• Kenali budaya dan etika kerja Finlandia. Informasi ini penting supaya kamu tampil dengan baik sewaktu wawancara kerja, menyusun CV dan di lingkungan kerja 
• Manfaatkan Layanan Karir di universitas untuk mencari masukan dan panduan dalam hal menemukan pekerjaan 
• Cari tahu lebih banyak informasi di situs-situs resmi seperti InfoPankki dan Study in Finland. 

Mencari jurusan

Finlandia
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS