Informasi penting
Finlandia: Info Negara Tujuan - Wajib dibaca

Mengapa Kuliah di Finlandia?

Jika Finlandia adalah salah satu dari tujuan kuliahmu di luar negeri, kamu tidak sendirian, karena Finlandia semakin populer sebagai tujuan kuliah pilihan banyak mahasiswa internasional. Hotcourses Indonesia telah mengumpulkan informasi dari mahasiswa-mahasiswa internasional yang sedang berkuliah di sana, dan rupanya lima alasan inilah yang membuat mereka memilih Finlandia sebagai tempat kuliah.

 

1. Lingkungan Internasional

Menurut Badan Pendidikan Nasional Finlandia, terdapat lebih dari 30,000 mahasiswa internasional yang berkuliah di Finlandia pada tahun 2015 dan diperkirakan akan terus meningkat.

 

Selanjutnya, seiring dengan meningkatnya globalisasi, mahasiswa internasional dapat memasuki lingkungan nyaman dimana kemampuan berbahasa Inggris mereka dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan Finlandia.  Saat ini, terdapat permintaan akan tenaga kerja profesional di bidang kesehatan dan pemerintah Finlandia mencari individu-individu asing yang berbakat untuk mengisinya. Diprediksikan juga bahwa Finlandia akan kekurangan tenaga kerja di masa mendatang. Oleh karena itu, sekarang adalah saat yang tepat jika kamu ingin mengejar pendidikan dan mengukir karir di sana.  Dengan perekonomian yang stabil, jaringan transportasi umum yang baik, dan akses layanan pentitipan anak yang terjangkau, Finlandia merupakan suatu negara yang sempurna untuk dijadikan tempat kuliah, bekerja, dan bahkan untuk memulai kehidupan berkeluarga.

 

Baru-baru ini, Finlandia mengumumkan rencananya untuk menarik mahasiswa internasional, terutama mahasiswa Asia untuk mengejar pendidikan disana. Dengan target 100,000 mahasiswa internasional sebelum tahun 2020, kamu pasti akan disambut dengan ramah di Finlandia!

 

2. Institusi Berkualitas

Finlandia memiliki beberapa universitas terbaik di dunia dan ini adalah salah satu alasan kuat yang mendorong mahasiswa internasional untuk berkuliah disini. Delapan universitas Finlandia masuk dalam 500 besar peringkat Times Higher Education World University Rankings 2015-2016. University of Helsinki meraih peringkat ke-76 dan selanjutnya adalah University of Turku, University of Jyvaskyla, Aalto University, Tampere University of Technology, University of Oulu, University of Tampere dan University of Eastern. Lappeenranta University of Technology juga berhasil masuk ke dalam peringkat 501-600.

 

Finlandia bukanlah wajah asing dalam peringkat-peringkat papan atas. Pada tahun 2016, Finlandia menempati peringkat pendidikan global ke-1 dalam World Economic Forum’s Global Competitiveness Report, dan juga juga berada di urutan ke-5 dalam peringkat PISA tahun sebelumnya.

 

Dengan 10 universitas multidisipliner, 8 di antaranya berhasil menduduki peringkat 500 besar dunia. Kamu dijamin akan mendapatkan pendidikan bermutu di Finlandia. Sistem pendidikan Finlandia merupakan salah satu yang paling berkembang di dunia, dan berfokus pada problem-based learning. Selain itu juga terdapat sejumlah universitas ilmu terapan dan politeknik yang berfokus pada pelatihan kejuruan.

 

University of Helsinki merupakan universitas terbesar di Finlandia yang memiliki lebih dari 35,000 mahasiswa. Populasi mahasiswa internasional di sini cukup besar. Beberapa ilmuwan papan atas di dunia merupakan bagian dari fakultas universitas ini. Gelar dari universitas ini atau institusi bergengsi manapun di Finlandia akan membuatmu lebih unggul dalam persaingan pasar kerja saat ini.

 

Program-program yang populer di kalangan mahasiwa internasional di Finlandia adalah:

  • Komunikasi
  • Arsitektur
  • Ilmu Lingkungan
  • Bioteknologi
  • Teknologi Informatika dan Komunikasi
  • Seni dan Desain

 

Secara keseluruhan, terdapat lebih dari 400 program-program yang diajarkan dalam bahasa Inggris di Finlandia. Jadi perkuliahan, buku, ujian, dan tutorial semuanya disampaikan dalam bahasa Inggris. Selain dari program-program yang disebutkan diatas, Universitas-universitas di Finlandia juga terkenal unggul dalam bidang studi pendidikan, ilmu sosial, hukum, bisnis, dan kemanusiaan.

 

Banyak universitas terkemuka di Finlandia berfokus pada penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup. Misalnya, University of Tampere memiliki banyak pusat penelitian yang meneliti berbagai penyakit seperti kanker, penyakit seliak, leukemia, dll. Di sini, kamu akan terlibat dalam hal-hal yang penting dan membuat perbedaan di dunia.

 

 

3. Tempat kuliah yang terjangkau

Apabila dibandingkan dengan destinasi kuliah terkenal lainnya seperti Tokyo, London ataupun Paris, biaya hidup di Finlandia jauh lebih rendah. Meskipun pemerintah Finlandia menerapkan bahwa mahasiswa non EU/EEA harus membayar biaya perkuliahan, hal tersebut tidak berlaku apabila kamu mengambil program Doctoral, mengikuti program pertukaran di Finlandia ataupun terdaftar dalam program yang diajarkan dalam bahasa Finlandia atau Swedia.

 

Warga EU/EEA dapat menikmati pendidikan gratis di Finlandia gratis untuk Anda. Mahasiswa non EU/EEA yang mengambil program Bachelor/S1 atau Master/S2 dalam bahasa Inggris juga dapat mengajukan beasiswa dari universitas mereka masing-masing dan badan-badan pemerintah tertentu. Sebagai contoh, University of Tampere menawarkan sejumlah beasiswa kepada mahasiswa-mahasiswa internasional berprestasi yang mengikuti program gelar Master dalam bahasa Inggris. Beasiswa ini berupa potongan sebesar 50% hingga 100% biaya kuliah selama dua tahun dan beberapa beasiswa bahkan memberikan tambahan 7,000 Euro untuk biaya hidup setiap tahun selama perkuliahan.

 

 

4. Kaya akan keberagaman

Kamu menyukai kegiatan outdoor? Finlandia adalah surganya. Banyak kegiatan seru yang bisa kamu coba, misalnya ski air, kitesurfing di danau beku, melihat serigala dan beruang di taman nasional atau mendaki di bukit hutan Lapland. Sewaktu libur, cobalah ke pantai barat Finlandia dan amati keindahan aurora borealis. Oh iya, jangan lupa mencoba sauna Finlandia yang terkenal! Atau, kamu juga bisa mengunjungi Pulau Suomenlinna, bekas benteng laut militer yang dibangun di enam pulau dan nikmati pemandangan pantai Helsinki yang menakjubkan.

Bukan penggemar kegiatan outdoor? Negara ini memiliki sejumlah pertunjukkan seni dan musik, dan juga makanan-makanan lezat. Kamu dapat menelusuri sejarah dan budaya di museum, katedral ataupun hanya berjalan-jalan dan mengagumi keindahan arsitektur bergaya Skandinavia di sekitar. Selain itu juga terdapat banyak festival dan acara olahraga yang bisa kamu ikuti.

 

Lokasi Finlandia yang strategis berarti kamu dapat menjelajahi Eropa Timur dan Skandinavia sewaktu liburan. Kamu bisa mengunjungi Norwegia atau Swedia dan bahkan Rusia hanya dengan naik kereta api!

 

 

5. Tempat yang menyenangkan!

Tahukah kamu bahwa negara Finlandia dinilai sebagai negara paling aman di dunia menurut Forum Ekonomi Dunia (WEF)? Selanjutnya, banyak survei yang menunjukkan bahwa Finlandia secara konsisten menduduki peringkat tinggi dalam kualitas hidup, stabilitas dan pendidikan secara keseluruhan. Berada di peringkat kedua negara paling bahagia di seluruh dunia, Finlandia juga tampil dengan baik dalam survei Program for International Student Assessment (PISA) selama beberapa tahun terakhir. Finlandia tidak hanya membanggakan standar hidup dan pendidikan yang baik, namun juga mendapat nilai terbaik dalam dampak inovasi global dan penghijauan. Dengan nilai fantastis seperti itu, tidak mengherankan bahwa Finlandia telah dinominasikan sebagai Negara Terbaik Dunia oleh majalah Newsweek.

 

Kamu bisa kuliah di kota yang ramai dan padat seperti Helsinki, Turku dan Tampere, atau berjemur di padang belantara eksotis di Lapland. Jika kamu ingin mengukir karir di bidang bisnis atau seni, belajar di Finlandia akan membantumu memupuk keterampilan dan pengetahuan.

 

Langkah selanjutnya?

Apabila kelima alasan di atas telah meyakinkanmu , saatnya mulai mencari informasi tentang universitas Finlandia dan program kuliah yang cocok!

Mencari jurusan

Finlandia
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS