Informasi penting
Finlandia: Akomodasi Pelajar - Wajib dibaca

Akomodasi Mahasiswa di Finlandia

86
Lapland, sinar di utara, udara yang bersih – ada banyak alasan yang membuatmu bersemangat begitu berpikir akan kuliah ke Finlandia. Setelah pendaftaran kamu beres, hal selanjutnya yang perlu kamu pikirkan adalah mencari akomodasi, alias tempat tinggal. 
 
1 EUR = Rp. 15,904 (per September 2017)
 

Mencari akomodasi di Finlandia

 
Menemukan akomodasi di Finlandia bisa cukup membingungkan, terutama di Helsinki, dimana harga sewa lebih tinggi. Supaya semua berjalan lancar, sebelumnya perlu mencari informasi tentang proses menyewa akomodasi dan jenis akomodasi yang tersedia. 
Biasanya universitas di Finlandia tidak menyediakan asrama dalam kampus, jadi mahasiswa perlu mencari akomodasi di luar. 
 
Akan tetapi kantor internasional universitas bisa membantu mahasiswa dalam hal menemukan akomodasi. 
 
Selain kantor universitas ada juga agen-agen akomodasi mahasiswa yang bisa membantu. Beberapa serikat mahasiswa di universitas juga menawarkan bantuan untuk menemukan akomodasi. Informasi selengkapnya dapat kamu temukan di SOA.FI.
 
Disarankan untuk menemukan akomodasi sebelum kamu berangkat ke Finlandia. Terutama untuk semester musim gugur yang lebih ramai dari musim semi. 
 
 

Jenis akomodasi mahasiswa

 
Terdapat beberapa jenis akomodasi yang bisa kamu pilih: 
 
Shared apartment – adalah pilihan yang ideal untuk mahasiswa yang tinggal sendiri. Apartemen ini biasanya ditempati oleh dua hingga empat mahasiswa. Setiap mahasiswa memiliki kamar sendiri, dan terdapat kamar mandi dan dapur bersama. Terkadang juga disediakan ruang duduk yang dapat digunakan sesama penghuni apartemen. 
 
Studio apartment – pilihan lain bagi mahasiswa yang ingin tinggal sendiri. Biayanya lebih mahal dan juga jumlahnya lebih sedikit, sehingga agak susah untuk mendapatkannya. 
 
Family apartment – pilihan ini cocok untuk pasangan atau keluarga yang membawa anak-anak. Biasanya lokasinya di dekat taman bermain/playground dan sekolah anak, sehingga lebih nyaman. Apartemen ini berisi dua atau tiga kamar, dan dilengkapi dengan dapur.  
 

Akomodasi Sewaan dan Swasta di Finlandia

 
Biaya sewa berbeda-beda tergantung lokasi, ukuran dan jenis akomodasi. Menurut data dari agen akomodasi di Finlandia tahun 2010, biaya sewa berkisar antara €160 to €340 – single apartment dan family flat lebih mahal. 
 
Kamu juga bisa menemukan akomodasi tanpa bantuan agen. Akan tetapi mencari sendiri bisa saja lebih mahal. Jika kamu ingin mencari sendiri, kamu bisa mencoba ke situs Infopankki yang juga memberikan tips dan panduan. Juga terdapat situs pencarian akomodasi internasional yang bisa kamu coba. Misalnya di Housing Anywhere
 
Mulailah mencari akomodasi begitu kamu telah diterima universitas dan telah mengkonfirmasi surat penawaran tempat dari universitas. 
 
Belum mendaftar ke universitas Finlandia? Temukan program kuliah yang cocok untukmu di sini. 

Mencari jurusan

Finlandia
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS