Informasi penting
Finlandia: Info Jurusan - Wajib dibaca

3 jurusan untuk dipelajari di Finlandia

Dikenal internasional akan sistem pendidikan dan kesehatan yang baik, dan sebagai negara ke-5 yang paling bahagia di dunia, ada banyak alasan yang mendorong mahasiswa internasional untuk kuliah ke Finlandia. Minat terhadap wilayah Nordik juga semakin tinggi semenjak Uni Eropa meningkatkan mobilitas tenaga kerja sebanyak 31,510 orang ke Finlandia pada tahun 2014.

 

Kuliah ke luar negeri meliputi membuat banyak keputusan penting, misalnya kuliah di mana, ambil jurusan apa, dan universitas mana yang sesuai. Jika kamu tertarik untuk kuliah ke Finlandia, beberapa jurusan ini bisa kamu pertimbangkan, terutama jika kamu berencana untuk meniti karir dan menetap di sana setelah lulus.  

 

1. Layanan masyarakat, Kesehatan dan Olahraga

 

Bidang ini termasuk bidang yang kekurangan tenaga kerja, sehingga ada banyak kesempatan yang tersedia di sektor kesehatan dan layanan masyarakat. Finlandia sadar bahwa pemuda di negara mereka saja tidak cukup untuk memenuhi lowongan kerja yang perlu diisi, sehingga mereka mencari tenaga kerja dari luar.

 

Banyak rumah sakit Finlandia yang membujuk ekspatriat di Swedia untuk kembali ke tanah air, sementara banyak perusahaan menghadiri pekan rekrutmen di Eropa untuk menarik bakat-bakat baru.

 

Permintaan yang semakin meningkat untuk tenaga ahli kesehatan merupakan peluang yang bagus untuk tenaga kerja internasional. Sebelum mulai bekerja, pelatihan akan diberikan dengan seksama. Salah satu yang menjadi kendala mungkin adalah bahasa. Akan tetapi jika mau berusaha, tentunya bukanlah hal yang mustahil bahwa tenaga kerja internasional juga dapat berkomunikasi lancar dengan pasien.

 

 

2. Ilmu sosial, Bisnis dan Administrasi

 

Lebih dari 6,500 bisnis di Finlandia dirintis oleh pendatang. Finlandia adalah negara yang mudah untuk memulai usaha. Banyak orang yang berwirausaha di sini, terutama mereka yang tidak ingin bekerja di bawah pengawasan orang lain. Selain itu juga tersedia banyak bantuan untuk usaha – kamu hanya perlu mencari tahu.

 

Situs Invest in Finland adalah tempat yang bagus untuk mulai mencari tahu tentang peluang yang tersedia.

 

Bahasa Inggris umum digunakan di Finlandia. 90% warga lokal yang berusia di bawah 30 tahun menggunakan bahasa Inggris.

 

Menurut situs Invest in Finland, Finlandia adalah kontributor terbesar untuk inovasi global di dunia. Jadi, mengambil jurusan sains atau bisnis dan administrasi akan membukakan banyak peluang di sektor ini.

 

 

3. Teknologi, Komunikasi dan Transportasi

 

Finlandia adalah otak dari berbagai teknologi yang mendominasi dunia, mulai dari Nokia 1100 hingga game yang menjadi favorit banyak orang, Angry Birds. Kuliah jurusan TI di Finlandia akan memberimu kesempatan untuk terlibat dalam inovasi yang mengubah dunia.

 

Misalnya Linus Torvalds, seorang mahasiswa computer science dari Helsinki menciptakan operating system untuk komputer barunya, dan kemudian dikenal dunia dengan nama Linux. Ini hanyalah satu contoh dari suatu proyek yang dimulai sendiri, kemudian berkembang cepat dan sekarang digunakan di mana-mana; ruter Wi-Fi, komputer-komputer industri dan bahkan senapan sniper.

 

Teknologi bisa menjangkau ke mana saja, misalnya industri transportasi. Program baru yang dikelola oleh Kementerian Transportasi dan Komunikasi dan Tekes bertujuan untuk mendirikan konsep Mobility as a Service (MaaS).

Membuat semua orang terhubung dengan segala jenis transportasi hanya via smartphone adalah salah satu langkah untuk menjadikan Finlandia sebagai smart city. Dengan adanya proyek yang sedang berjalan ini, Finlandia akan terus menerima mahasiswa internasional yang berminat dan senang berpikir ke depan, terutama dalam hal teknologi.

 

Apakah jurusan pilihanmu disebutkan di atas? Mengapa tidak segera memulai mencari universitas yang cocok untukmu di Finlandia? 

Mencari jurusan

Finlandia
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS