Informasi penting
Finlandia: Pendaftaran Universitas - Wajib dibaca

Mendaftar Kuliah ke Universitas di Finlandia

243

Cara Mendaftar ke Universitas di Finlandia

Mempelajari prosedur pendaftaran sebelum mendaftar ke universitas di Finlandia adalah hal yang penting. Disarankan untuk menghubungi universitas secara langsung dan bertanya tentang prosedur pendaftaran karena setiap universitas memiliki peraturan dan kebijakan yang berbeda.

 

Secara umum, berikut adalah beberapa hal yang perlu diketahui sebelum mulai mendaftar ke universitas di Finlandia:

 

Informasi penting yang perlu kamu ketahui

Jika kamu telah memutuskan jurusan dan program kuliah yang akan kamu pilih, langkah selanjutnya adalah mencari informasi tentang persyaratan mendaftar dan batas akhir pendaftaran. Situs resmi universitas adalah sumber yang tepat untuk mendapatkan informasi terkini dan akurat.

 

Jika ada pertanyaan, jangan ragu untuk menghubungi international office dari universitas yang kamu minati. Beberapa informasi penting yang bisa kamu tanyakan:  

  • Persyaratan masuk dari program kuliah pilihanmu
  • Batas akhir pendaftaran
  • Dokumen apa saja yang perlu dipersiapkan
  • Apakah ada beasiswa?

 

Apakah kamu memenuhi syarat untuk kuliah did Finlandia?

Jika kamu ingin kuliah S1 di Finlandia, kamu perlu memenuhi salah satu persyaratan berikut:

  • International Baccalaureate (IB) Diploma
  • European Baccalaureate (EB) Diploma
  • Kualifikasi luar negeri yang mengakui pendidikan tinggi di negara asal mahasiswa dan negara yang memberikan gelar pendidikan tinggi tersebut.

 

Mahasiswa akan diseleksi berdasarkan nilai, hasil ujian masuk, atau keduanya.

 

Jika ingin mendaftar ke program S2, kamu perlu memiliki gelar S1 atau gelar yang setara dengan pendidikan tinggi. Selain itu juga perlu memiliki pengalaman kerja selama tiga tahun yang sesuai dengan bidang studi setelah menamatkan gelar S1.

 

 

Dokumen apa saja yang perlu saya persiapkan untuk mendaftar ke universitas di Finlandia?

Hal ini tergantung pada universitas yang ingin kamu tuju. Pada umumnya, universitas Finlandia akan meminta transkrip nilai resmi dan sertifikat, misalnya sertifikat O Levels, A levels, dan lainnya. Fotokopi setiap dokumen harus dilegalisir.

 

 

Jenis pendaftaran ke universitas Finlandia

 

Pendaftaran gabungan

Kamu dapat mendaftar untuk enam program studi di satu formulir gabungan. Kamu perlu menerakan program kuliah yang ingin kamu pilih berdasarkan urutan prioritas. Urutan ini tidak bisa diubah begitu masa pendaftaran berakhir.

 

Pendaftaran terpisah

Ini berarti kamu akan mengisi formulir terpisah untuk setiap program kuliah yang ingin kamu daftar, dan kamu harus mendaftar langsung ke universitas yang bersangkutan. Tergantung kebijakan universitas, kamu mungkin hanya perlu mengisi satu formulir untuk mendaftar ke beberapa program kuliah, atau kamu perlu mengisi satu formulir untuk satu program kuliah.

 

 

Kapan mulai mendaftar?

Pendaftaran gelombang pertama dimulai di awal Januari hingga pertengahan Januari. Gelombang kedua dimulai di pertengahan Maret hingga awal April.

 

Pendaftaran bulan Januari dikhususkan untuk program S1 di  Universitas-universitas Ilmu Terapan (UAS) serta program-program S1 dan S2 di universitas umum dan universitas seni. Semua program kuliah tersebut disampaikan dalam bahasa Inggris. Periode pendaftaran ini adalah untuk perkuliahan yang dimulai di musim gugur. Akan tetapi, beberapa program S1 yang dimulai di bulan Januari pendaftarannya akan dibuka di bulan September satu tahun sebelumnya.

 

Pendaftaran di bulan Maret dikhususkan untuk program S1 dan S2 di UAS yang disampaikan dalam bahasa Finlandia atau Swedia.

 

Beberapa program kuliah juga akan menambah periode pendaftaran di luar kedua gelombang pendaftaran yang disebutkan di atas.

 

Setelah semua pendaftaran dinilai, universitas akan mengirimkan surat penawaran tempat bagi mahasiswa yang diterima. Pengumuman hasil biasanya akan dilaksanakan di akhir Juni. Kamu harus mengkonfirmasi penerimaan penawaran tempat. Universitas akan memberikan instruksi yang jelas tentang cara menerima surat penawaran tempat dari universitas.

 

Mahasiswa hanya boleh menerima satu surat penawaran tempat per semester. Ini berarti kamu tidak dapat menerima penawaran dari universitas lain yang program kuliahnya dimulai di semester akademik yang sama.

 

Misalnya jika kamu telah menerima penawaran tempat dari pendaftaran terpisah, kamu tidak dapat menerima penawaran tempat dari pendaftaran gabungan yang program kuliahnya dimulai di semester akademik yang sama.

 

Kamu juga dapat mendaftar untuk program pendidikan tinggi lainnya seperti IB atau EB di Finlandia melalui pendaftaran gabungan, perbedaannya adalah kamu akan mengirimkan sertifikat dan dokumen langsung ke fakultas tersebut.

 

 

Status pendaftaran universitas Finlandia

Ketika periode pendaftaran gabungan berakhir, status pendaftaranmu bisa berupa salah satu di bawah ini:

  • Diterima
  • Diterima (secara bersyarat)
  • Diterima (menunggu hasil dari pilihan prioritas sebelumnya)
  • Sedang dalam waiting list
  • Tidak diterima

 

Jika kamu telah diterima, selamat! Selanjutnya kamu perlu mengkonfirmasi penerimaan penawaran tempat dari universitas.

 

Jika kamu mendapat penerimaan bersyarat dari universitas, ini berarti untuk diterima, kamu perlu memenuhi persyaratan yang diminta. Misalnya kamu belum menyertakan transkrip nilai akhir sewaktu mendaftar. Jika nilai yang kamu sertakan di bawah permintaan universitas, maka pendaftaran kamu tetap akan ditolak.

 

Jika kamu menerima status ‘Diterima (menunggu hasil dari pilihan prioritas sebelumnya)’ berarti kamu perlu menunggu hasil pendaftaran dari universitas/program kuliah yang berada di urutan prioritas yang lebih atas.

 

Jika kamu sedang dalam waiting list, berarti kamu akan diterima jika ada pendaftar lain yang tidak mengkonfirmasi penerimaan tempat.

 

 

Perlukah mengikuti ujian masuk?

 

Universitas mungkin mengharuskan pendaftar untuk mengikuti ujian masuk. Biasanya ujian masuk akan diadakan di Finlandia. Akan tetapi ada beberapa alternatif yang memungkinkan kamu mengikuti ujian di luar Finlandia. Silahkan tanyakan hal ini ke bagian pendaftaran. Siapa tahu kamu bisa mengikuti ujian masuk tersebut di negara asal, tanpa harus ke Finlandia.

 

 

Cara mengajukan visa

 

Disarankan untuk segera mengajukan visa sesegera kamu telah mengkonfirmasi penerimaan tempat dari universitas di Finlandia. Jika kamu harus mengikuti ujian masuk ke Finlandia, kamu juga akan membutuhkan visa jangka pendek.  

(Include link to visa article here)

 

Tips mendaftar ke universitas di Finlandia

 

Pastikan ada waktu yang cukup untuk mencari informasi tentang program kuliah yang kamu minati. Hubungi kantor internasional universitas untuk informasi lebih lengkap dan beasiswa (jika ada). Untuk informasi mendetil tentang beasiswa, kunjungi halaman ini.

 

Pastikan kamu memperoleh informasi yang akurat tentang persyaratan mendaftar dan batas pendaftaran. Daftarlah sedini mungkin supaya kamu punya cukup waktu untuk mengatur jadwal untuk ujian masuk. Jangan ragu untuk menghubungi kantor pendaftaran universitas jika ada pertanyaan.

 

Tertarik untuk kuliah di Finlandia? Mulai cari informasi tentang universitas Finlandia idamanmu sekarang juga!

Mencari jurusan

Finlandia
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS