Informasi penting
Perancis: Keuangan

9 TIPS KULIAH MURAH DI PERANCIS

1433

Perancis adalah negara destinasi kuliah yang menarik hati banyak mahasiswa internasional. Walau bukan dikenal sebagai negara kuliah termurah di Eropa, ada banyak cara untuk meringankan pengeluaran kamu di Perancis. Berikut adalah beberapa caranya:

 

1. Pilih kota-kota yang lebih jauh dari Paris, misalnya Grenoble, Lyon dan Cannes.

 

2. Hindari makan di tempat-tempat yang ramai akan turis. Jika kamu berencana untuk jalan-jalan kesana, kamu bisa membawa bekal, atau ke restoran lokal yang tidak dipenuhi turis. Akan tetapi kamu perlu bisa membaca bahasa Perancis, karena menu semua ditulis dalam bahasa Perancis.

 

3. Kuliah ke Perancis sebelum berumur 26 tahun, karena di bawah umur tersebut kamu masih bisa mendapatkan banyak diskon. Kamu hanya perlu membeli international youth travel card dan kamu akan mendapatkan harga diskon untuk berbagai hal, misalnya tiket masuk ke menara Eiffel dan atraksi lainnya, dan juga potongan harga di restoran dan lain-lain.

 

4. Kamu bisa membuka rekening di Perancis dan menyimpan uang untuk persediaan selama durasi kuliah di sana, dengan demikian kamu bisa menghemat biaya kirim uang dari Indonesia ke Perancis.

 

5. Bekerja sebagai guru part-time atau baby sitter bisa meringankan beban biaya hidup per bulan. Di Perancis, kamu bisa bekerja 20 jam/minggu

 

6. Kuliah di Grande Ecole bisa mendapatkan biaya kuliah gratis dan tunjangan biaya hidup. Akan tetapi, kamu harus bersiap-siap menghadapi persaingan masuk yang sangat ketat.

 

7. Cari beasiswa di Perancis

 

8. Hemat biaya transportasi dengan kartu metro card. Kamu bisa menggunakan kartu ini sepuasnya di zona 1-2 di Paris dengan biaya 35 Euro per bulan. Kartu ini juga memberikan paket bonus diskon di berbagai restoran, bioskop dan toko.

 

9. Makan hemat dan kenyang di CROUS yang terletak di dekat banyak universitas. Hanya dengan 3 Euro, kamu sudah bisa makan kenyang, murah dan bergizi.

 

 

Sudahkah kamu tahu persyaratan penting untuk dapat berkuliah di Perancis? Jika belum, artikel ini mungkin bermanfaat untuk kamu:

 

 

 

 

Sumber:

How to study abroad for free in France

Top Tips: surviving on a student budget in Paris

Mencari jurusan

Perancis
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS