Informasi penting
Jerman: Pendaftaran Universitas

9 Universitas Jerman yang Paling Cocok untuk Mahasiswa Internasional

1979

Jerman bukan hanya dikenal akan mutu pendidikan tinggi terbaik di dunia, tetapi juga sebagai kota yang suportif dan ramah terhadap mahasiswa internasional. Jerman termasuk destinasi kuliah dengan biaya yang terjangkau. Mahasiswa internasional membayarkan biaya kuliah yang sama dengan mahasiswa lokal. Bahkan masih banyak universitas di Jerman yang menggratiskan biaya kuliah.

 

Bahasa Inggris menjadi semakin umum di Jerman. Banyak universitas Jerman yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar utama. Jadi sangat mungkin untuk menyelesaikan perkuliahan gelar sepenuhnya dalam bahasa Inggris, tanpa harus mengikuti kelas bahasa Jerman.

 

Jerman memiliki ratusan universitas, dan lebih dari 10 universitas Jerman masuk dalam peringkat 200 besar universitas terbaik di dunia. Dan, universitas-universitas berikut dikenal sebagai universitas- universitas Jerman yang paling suportif terhadap mahasiswa internasional.

 

 

1. Freie University of Berlin

 

Freie University of Berlin adalah universitas penelitian berperingkat atas di Jerman dan merupakan universitas penelitian terbesar di Berlin. Universitas ini bertujuan untuk mengisi sepertiga dari populasi mahasiswanya dengan mahasiswa internasional.  

 

Universitas ini kuat dalam bidang seni, sastra dan ilmu sosial. Universitas juga memiliki kantor-kantor cabang di Amerika, Belgia, Rusia, Cina, Mesir dan India, dan menjalin kerjasama erat dengan banyak universitas untuk melayani para mahasiswa dari negara-negara tersebut.

 

 

2. Humbolt University of Berlin

 

Humboldt adalah salah satu universitas tertua di Berlin. 10% mahasiswanya terdiri dari mahasiswa internasional.

 

Humboldt adalah universitas penelitian yang menawarkan banyak kesempatan untuk bekerja bersama banyak staf pengajar di berbagai bidang seperti sejarah sains, ekonomi kuantitatif, penelitian iklim dan keberlanjutan. Mahasiswa yang berminat dengan penelitian ilmiah sangat disarankan untuk mendaftar.

 

 

3. Technical University Munich (TUM)

 

TUM adalah universitas Jerman yang berperingkat tertinggi dalam pemeringkatan World University Rankings. Universitas yang kuat dalam bidang teknik ini memiliki 5,000 mahasiswa internasional (16% dari populasi mahasiswa).

 

Karena keunggulan universitas adalah penelitian dan teknik, TUM bekerjasama dengan banyak universitas ternama, termasuk universitas-universitas top di Amerika, seperti MIT, Stanford, Cornell, dan Georgia Tech. Universitas juga menjalin kerjasama yang kuat di Eropa dan Asia.

 

 

4. Ludwig Maximilian University of Munich (LMU)

 

Merupakan salah satu dari universitas tertua di Jerman, LMU menempati peringkat ke-60 dalam QS World University Rankings, di bawah TUM dan Heidelberg. Hampir 15% dari populasi mahasiswa LMU adalah mahasiswa internasional. LMU menawarkan lebih dari 100 bidang studi, dan banyak program kuliah yang ditawarkan dalam bahasa Inggris, terutama untuk bidang studi bisnis, manajemen, psikologi dan fisika.

 

 

5. Heidelberg University

 

Didirikan pada tahun 1386 dan menempati peringkat ke-55 dalam World University Rankings, Heidelberg University adalah salah satu universitas paling tua dan paling bergengsi di Eropa Barat. 20% populasi dari universitas yang kuat dalam bidang sains ini terdiri dari mahasiswa internasional yang berasal dari 130 negara. Walah demikian, kebanyakan program kuliah di universitas ini disampaikan dalam bahasa Jerman. Jika ingin kuliah di sini, kamu perlu memiliki dasar berbahasa Jerman.  

 

 

6. Schiller International University

 

Schiller International University adalah universitas yang internasional, dengan kampus-kampus yang tersebar di Amerika dan Eropa. Kampus utamanya berada di Florida, tetapi kampus pertama dan kampus paling besar ada di Heidelberg, Jerman. Universitas ini menyediakan banyak program kuliah ke luar negeri untuk mahasiswa Amerika.  

 

Salah satu kelebihan dari universitas ini adalah universitas juga menerima akreditasi dari sistem pendidikan Amerika. Semua program di semua kampus disampaikan dalam bahasa Inggris. Program-program yang disampaikan juga berbasis karir, termasuk program dua dan empat tahun. Saat ini universitas melayani mahasiswa dari lebih dari 100 negara.

 

 

7. Hochschule Furtwangen University (HFU)

 

HFU adalah universitas kecil di Baden-Württemberg, yang berfokus pada ilmu terapan. Walau demikian, program Manajemen Bisnis Internasional HFU adalah kedua terbaik di Jerman. HFU terkenal akan program komputer dan teknik. 13% mahasiswanya adalah mahasiswa internasional. HFU menempati peringkat pertama di Jerman untuk kategori kepuasan mahasiswa internasioanal. HFU juga menjalin kerjasama dengan lebih dari 100 universitas lainnya.

 

 

8. University of Freiburg

 

16% populasi mahasiswa universitas terdiri dari mahasiswa internasional asal lebih dari 120 negara. Berlokasi di Baden-Württemberg, universitas menawarkan program bahasa Jerman intensif bagi mahasiswa internasional. Dan ini menjadi daya tarik bagi mahasiswa dari 50an negara, yang datang kemari sewaktu liburan musim panas untuk belajar bahasa Jerman.  Global Studies Program adalah program master internasional yang disampaikan dalam bahasa Inggris yang ditawarkan universitas. Program ini juga menarik minat banyak mahasiswa internasional.

 

 

9. Leuphana University Lüneburg

 

Ini adalah universitas yang tepat jika kamu ingin mempelajari sejarah dan bahasa Jerman. Universitas terletak di Lüneburg yang bersejarah, yang dekat dengan Hamburg (bisa ditempuh dengan kereta).

 

 

Sumber:

 

Mencari jurusan

Jerman
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS