Informasi penting
Jerman: Pendaftaran Universitas

PERSYARATAN DAN CARA UNTUK MAGANG SEWAKTU KULIAH DI JERMAN

share image
6096

Banyak mahasiswa memanfaatkan kesempatan magang untuk mendapatkan pengalaman kerja profesional pertama sewaktu kuliah. Pengalaman ini bisa membantu mereka mengenal spesialisasi baru yang cocok untuk studi mereka dan merupakan bantu loncatan untuk memasuki dunia kerja setelah lulus kuliah.

 

 

Apa keuntungan dari mengikuti magang di Jerman?

 

Magang di Jerman adalah kesempatan yang sangat bagus bagi mahasiswa internasional. Melalui magang, mereka dapat mengenal praktek kerja sehari-hari di Jerman dan membantu mereka membangun koneksi dengan orang/perusahaan yang berpotensi menjadi tempat kerja mereka di masa depan.

 

Kebanyakan program kuliah di Jerman mewajibkan mahasiswa untuk magang. Jadi mahasiswa akan magang di bawah bimbingan dosen, yang memberikan evaluasi tentang perkembangan mereka.  

 

 

Program magang apasaja yang tersedia?

 

Kabar baiknya, lowongan magang banyak tersedia di Jerman. Mahasiswa internasional bisa magang di perusahaan, organisasi, pusat penelitian dan institusi-institusi umum lainnya. Durasinya juga beragam, mulai dari beberapa minggu hingga beberapa bulan.

 

Selain magang berbayar, ada juga magang sukarela. Kesempatan magang juga terbuka untuk mereka yang tidak memiliki status mahasiswa.

 

 

Seperti apa sih lowongan magang yang bagus itu?

 

Tidak semua program magang sesuai untuk mahasiswa. Dengan kata lain, tidak semua magang memberikan masukan dan pengembangan yang diharapkan oleh mahasiswa. Oleh karena itu, sebelum memilih program magang, ada beberapa faktor penting yang perlu dipertimbangkan, supaya magang yang dipilih bisa memberikan hasil yang optimal:

 

  1. Jenis pekerjaan: Pekerjaan yang diberikan haruslah kompleks dan menantang, menawarkan kesempatan untuk belajar, atau bahkan memulai proyek sendiri yang sesuai dengan bidang studi kamu, bukannya pekerjaan yang hanya memasukkan data, atau bikin kopi.
  2. Kemandirian: Setelah sesi pengenalan berakhir, kamu sudah bisa mengerjakan proyek/tugas secara independen (boleh meminta bantuan jika perlu). Kinerja kamu sewaktu menyelesaikan tugas akan mempengaruhi penilaian perusahaan terhadap kamu.  
  3. Durasi: program magang tersebut harus memiliki durasi yang cukup untuk menyelesaikan suatu tugas, biasanya dua atau tiga bulan sudah cukup.
  4. Orang yang dapat dihubungi: Kamu perlu mengetahui orang/bagian yang bisa kamu hubungi untuk mendiskusikan pekerjaan secara berkala.
  5. Gaji: Beberapa perusahaan memberikan gaji sekitar 800 EUR per bulan (sekitar 14 juta). Tetapi ada juga yang tidak memberikan bayaran. Jika kamu merasa program magang tersebut bermanfaat untuk perkembanganmu di masa depan, kamu bisa tetap menerimanya walau tanpa dibayar.

 

 

Persyaratan resmi untuk mengikuti magang

 

Seperti halnya bekerja sambilan, magang juga termasuk dalam kategori bekerja, walaupun kamu tidak menerima bayaran. Untuk mahasiswa yang tidak berasal dari Uni Eropa atau Kawasan Ekonomi Eropa, mereka diijinkan untuk bekerja hingga 120 hari per tahun. Jika melebihi waktu yang ditentukan maka mahasiswa memerlukan ijin dari   Ausländerbehörde (foreigners' office) dan Agentur für Arbeit (Federal Employment Agency). Akan tetapi, peraturan ini tidak berlaku untuk program magang yang diwajibkan oleh program kuliah.

 

 

Cara menemukan lowongan magang

 

Sebelum memulai, kamu perlu memutuskan arah karir yang kamu inginkan. Magang memungkinkan kamu untuk mencoba minatmu, keahlian dan pengetahuan yang kamu pelajari dari kelas kuliah dan menerapkannya di lingkungan kerja. Setelah kamu menentukan  arah karir dan bidang kerja yang diinginkan, kamu bisa mencari lowongan magang secara online atau mencari di papan pengumuman kampus, atau di departemen karir kampus.

 

 

Cara mendaftar untuk magang

 

Pertama-tama, kamu perlu menghubungi perusahaan tersebut secara langsung. Kamu bisa menelpon bagian HR/SDM untuk menanyakan apakah tersedia lowongan magang untuk bidang yang kamu inginkan? Bagaimana cara mendaftar dan apa yang bisa didapatkan sewaktu magang.  Setelah itu kamu bisa mulai menulis surat lamaran sesuai dengan informasi yang kamu dapatkan.

 

 

Berkas-berkas lamaran kerja harus mencakup:

  • cover letter dan rincian kontak
  • CV
  • sertifikat sekolah dan universitas
  • surat referensi perusahaan jika ada
  • pengalaman kerja jika ada
  • surat rekomendasi jika ada

 

 

Apa yang perlu saya ketahui sebelum menghadiri wawancara kerja?

 

Jika lamaranmu diterima, kamu akan diundang untuk menghadiri wawancara. Tujuan dari wawancara ini adalah untuk memastikan apakah lowongan magang sesuai dengan kebutuhanmu. Sebelum menghadiri wawancara, pikirkanlah jawaban untuk beberapa pertanyaan ini: mengapa kamu ingin bekerja di sana? Apa yang kamu harapkan dari program magang? Dan mengapa perusahaan perlu menerima lamaranmu?

 

Informasi tentang magang bisa kamu peroleh di kantor pelatihan kampus, international office di kampus, oraganisasi-organisasi internasional seperti IAESTE atau organisasi mahasiswa AIESEC.

Mencari jurusan

Jerman
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

author image