Informasi penting
Jerman: Pendaftaran Universitas

Program S1 & S2 dalam bahasa Inggris di Jerman

2608

 

Kuliah ke Jerman” menjadi impian banyak pelajar Indonesia. Ini tidak mengherankan. Siapa yang tidak tahu Jerman memiliki banyak universitas bereputasi tinggi di dunia, standar hidup yang tinggi, ekonomi yang kuat, dan juga, biaya kuliah yang murah, bahkan gratis.

 

Walau kebanyakan program kuliah disampaikan dalam bahasa Jerman, sekarang semakin banyak tersedia pilihan kuliah yang disampaikan dalam bahasa Inggris.  

 

Sebelumnya, program kuliah dalam bahasa Inggris lebih banyak tersedia untuk tingkat S2, terutama untuk jurusan ilmu sosial dan bisnis. Akan tetapi, seiring dengan banyaknya permintaan, program kuliah dalam bahasa Inggris kini juga banyak tersedia untuk tingkat S1.

 

Program Kuliah Sarjana S1 dalam Bahasa Inggris di Jerman

Hingga saat ini, fitur pencarian program DAAD (German Academic Exchange Service) menemukan 98 program kuliah S1 yang disampaikan FULL dalam bahasa Inggris di Jerman.

 

Sedangkan search tool milik Study-in.de menunjukkan tersedia 196 program kuliah S1 yang disampaikan FULL dalam bahasa Inggris di Jerman.

 

Akan tetapi, mayoritas dari program-program tersebut tersedia di universitas-universitas swasta, yang tidak menggratiskan biaya kuliah. Walau demikian, biaya kuliah masih termasuk murah, yaitu sekitar €10,000 (~US$10,500) per semester.

 

Contohnya, Jacobs University Bremen adalah satu-satunya universitas swasta di Jerman yang menawarkan program S1 matematika dan psikologi dalam bahasa Inggris. Biayanya adalah €20,000 (~US$21,000) per tahun.

 

Jika kamu ingin kuliah jurusan S1 manajemen bisnis atau psikologi dalam bahasa Inggris secara gratis di Jerman, kamu bisa mempertimbangkan Furtwangen University.

 

Fakultas Bisnis ESCP Europe menawarkan pilihan untuk kuliah di London, Paris/Madrid dan Berlin untuk jurusan S1 Manajemen dengan biaya €13,100 (US$13,750) per tahun. ESCP Europe juga menawarkan program kuliah S2 (Master in Management & Master in European Business) dalam bahasa Inggris di kelima kampusnya (Berlin, London, Madrid, Paris dan Turin).

 

Berikut adalah beberapa universitas yang masuk dalam Peringkat QS World University Rankings 2016-17, yang menawarkan program kuliah S1 dalam bahasa Inggris di Jerman:

 

1. Universität Freiburg

Selain menawarkan banyak program S2 dalam bahasa Inggris, universitas ini juga menawarkan program S1 dalam bahasa Inggris. Contohnya adalah Bachelor of Arts (BA) dan Bachelor of Science (BSc) yang bisa dilihat di sini.

 

2. Georg-August-Universität Göttingen

Georg-August-Universität Göttingen menawarkan program S1 BSc in Molecular Ecosystem Sciences yang diajarkan sepenuhnya dalam bahasa Inggris. Selain itu universitas juga menawarkan sejumlah program S2 internasional

 

 

3. Universitat Leipzig

Universitat Leipzig menawarkan program S1 dengan gelar BA in American Studies dan BSc in International Physics Studies seluruhnya dalam bahasa Inggris.

 

 

4. Julius-Maximilians-Universität Würzburg

Julius-Maximilians-Universität Würzburg bekerjasama dengan Peking University di Cina dan menawarkan program S1 BA in Modern China.

 

 

5. BAU International Berlin

Semua program kuliah disampaikan dalam bahasa Inggris di sini. Biaya kuliah adalah €7,200 (~US$7,530). Program yang tersedia adalah untuk jurusan Administrasi Bisnis, Desain Grafis & Komunikasi Visual, Desain Produk & Desain Interior.

 

 

Program Kuliah Sarjana S2 dalam Bahasa Inggris di Jerman

Beberapa universitas yang menawarkan program kuliah gelar S2 dalam bahasa Inggris adalah:

 

  1. Ruprecht-Karls-Universität Heidelberg 
  2. Ludwig-Maximilians-Universität München 
  3. Technische Universität München (TUM) 
  4. Universität Freiburg 
  5. Karlsruhe Institute of Technology (KIT) 
  6. Humboldt-Universität zu Berlin 
  7. Georg-August-Universität Göttingen 
  8. RWTH Aachen University 
  9. Freie Universität Berlin 
  10. Rheinische Friedrich-Wilhelms-Universität Bonn 
  11. Universität Hamburg 
  12. ESCP Europe 
  13. Friedrich-Alexander University Erlangen-Nürnberg 

 

Tips mendaftar kuliah ke universitas di Jerman

Ini adalah beberapa pertanyaan yang perlu ditanyakan kepada International Office:

  • Persyaratan masuk program kuliah yang diminati

  • Kapan perlu mengirimkan formulir pendaftaran

  • Kapan batas akhir pendaftaran

  • Dokumen apa saja yang perlu dilampirkan

Setelah mendapatkan informasi-informasi di atas, kamu bisa melanjutkan ke langkah berikutnya…

 

Apa kata mahasiswa Indonesia yang telah kuliah di Jerman

 

Baca lebih lanjut

Top University - Study Germany English

Mencari jurusan

Jerman
Pascasarjana
TENTANG PENULIS