Informasi penting
Jerman: Pendaftaran Universitas

UJIAN YANG PERLU DIIKUTI SEBELUM MENDAFTAR KULIAH KE JERMAN

4331

Jerman menawarkan salah satu mutu pendidikan tinggi terbaik di dunia. Akan tetapi universitas-universitas di Jerman terkenal sangat selektif dalam penerimaan mahasiswa. Jika kamu bercita-cita untuk kuliah di sana, memiliki sertifikat ujian-ujian berikut akan memperbesar peluang kamu. Sebelumnya, disarankan untuk konfirmasi ke universitas yang kamu minati ujian apa saja yang wajib kamu ikuti supaya memenuhi persyaratan masuk.

 

Secara umum, berikut adalah beberapa ujian masuk yang perlu diikuti oleh mahasiswa internasional supaya dapat diterima masuk di universitas Jerman.

 

 

International English Language Testing System (IELTS)

 

IELTS adalah ujian berbahasa Inggris yang diakui dunia dan diterima di semua negara berbahasa Inggris. Selain sebagai persyaratan untuk diterima kuliah, IELTS juga menjadi persyaratan wajib untuk kepentingan imigrasi, misalnya dalam mendapatkan visa pelajar atau visa kerja.  

 

Hasil ujian IELTS berlaku selama 2 tahun. Berikut adalah lokasi dan tempat pendaftaran tes IELTS di Indonesia dan Timor Leste.

 

 

 

Test of English as a Foreign Language (TOEFL)

 

Seperti halnya IELTS, TOEFL juga merupakan tes bahasa Inggris yang diakui internasional. Ada beberapa tipe ujian TOEFL, tetapi yang paling sering diikuti adalah Internet-based test (iBT).  Hasil ujian TOEFL juga berlaku selama 2 tahun.

 

Berikut adalah lokasi dan jadwal ujian TOEFL di Indonesia.

 

Kamu hanya perlu mengikuti salah satu tes bahasa Inggris. Ikut IELTS atau TOEFL? Kedua artikel ini bisa memberikan masukan:

Perbedaan antara TOEFL dan IELTS

IELTS VS TOEFL – Mana yang lebih gampang?

 

 

 

Test Deutsch als Fremdsprache/ Test of German as a Foreign Language (TestDaF)

 

Test Deutsch als Fremdsprache (TestDaF) serupa dengan tes TOEFL dan IELTS, tetapi tes ini menguji kelancaran dalam berbahasa Jerman. Jika kamu ingin mengikuti program kuliah yang disampaikan dalam bahasa Jerman, kamu wajib mengikuti tes ini. Di Jerman, tes ini diselenggarakan oleh TestDaF Institute. Di luar Jerman, tes ini diselenggarakan di sekitar 400an pusat tes yang tersebar di 90 negara. Di Indonesia, kamu bisa mengikuti tes ini di:

  1. Universitas Indonesia Jakarta
  2. Goethe-Institut Indonesien - Jakarta
  3. Wisma Jerman, Surabaya
  4. Studienkolleg Indonesia

 

 

 

Deutsche Sprachprüfung für den Hochschulzugang (DSH)

 

Sama halnya dengan TesDAF, DSH juga merupakan ujian kelancaran berbahasa Jerman. Bedanya, tes ini hanya diadakan oleh institusi atau universitas Jerman, jadi kamu tidak bisa mengikuti tes ini di luar Jerman. Kamu bisa menanyakan kepada universitas yang kamu minati, apakah kamu perlu mengikuti ujian ini.

 

Selain itu, juga ada ujian yang serupa yaitu ‘telc Deutsch C1 Hochschule’ yang juga diterima di semua universitas dan kolese Jerman sejak 12 Februari 2016.

 

 

 

Graduate Management Admission Test (GMAT)

 

Tes Graduate Management Admission Test (GMAT) diterima oleh lebih dari 6000 fakultas bisnis dan manajemen di dunia. Kebanyakan program MBA mensyaratkan GMAT. Di Indonesia, tes GMAT bisa kamu ikuti di berbagai lokasi berikut.

 

 

 

Graduate Record Examinations (GRE)

 

Tes GRE adalah ujian wajib yang disyaratkan oleh ribuan fakultas bisnis dan pascasarjana, terutama jurusan teknik. Jerman juga tidak terkecuali. Informasi tes GRE di Indonesia bisa diperoleh di sini.

 

Tips untuk lulus dari tes GRE

 

 

Untuk mengetahui tes mana saja yang perlu kamu ikuti, cari universitas yang kamu minati di daftar universitas Jerman, kemudian klik nama universitas tersebut, dan klik icon ungu di sebelah kanan atas yang bertuliskan 'meminta konsultasi'.

Mencari jurusan

Jerman
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS