Informasi penting
Jerman: Pendaftaran Universitas

WAJIB: MEMILIKI ASURANSI KESEHATAN JIKA INGIN KULIAH KE JERMAN

share image
2412

Jika kamu ingin kuliah di Jerman, kamu memerlukan asuransi kesehatan, karena mahasiswa internasional dilarang untuk mendaftar ke universitas Jerman tanpa asuransi kesehatan.  

 

Asuransi kesehatan menanggung biaya perawatan kesehatan sejumlah nilai tertentu, sehingga kamu tidak perlu lagi membayarkan secara pribadi jika sakit atau kecelakaan sewaktu kuliah di Jerman. Ini sangatlah penting sehingga mahasiswa internasional diwajibkan untuk menunjukkan bukti bahwa mereka telah memiliki asurarnsi kesehatan sewaktu mendaftar ke universitas Jerman.

 

Membawa asuransi kesehatan yang telah dimiliki

Jerman memiliki perjanjian dengan negara-negara anggota Uni Eropa, Area Ekonomi Eropa dan negara lainnya, jadi asuransi kesehatan wajib dari negara-negara tersebut dapat diterima di Jerman. Supaya asuransi tersebut bisa dipakai di Jerman biasanya harus memiliki kartu yang disebut European Health Insurance Card (EHIC). Silahkan tanyakan kepada penyedia asuransi di negaramu mengenai hal ini.  

 

Asuransi kesehatan swasta dari negara lain juga bisa dipakai di Jerman. Jika kamu telah memiliki asuransi kesehatan swasta yang ingin kamu pakai di Jerman, kamu tidak bisa pindah ke asuransi kesehatan wajib selama kuliah di Jerman. Untuk informasi lebih jelas bisa konsultasi dengan penyedia asuransi yang kamu miliki.

 

Baik kamu memiliki asuransi kesehatan wajib atau swasta, kamu perlu memiliki sertifikat untuk dapat mendaftar ke universitas di Jerman. Sertifikat ini menunjukkan bahwa kamu tidak perlu lagi mendaftar untuk asuransi kesehatan wajib yang dikeluarkan oleh penyedia asuransi kesehatan di Jerman. Disarankan untuk menanyakan hal ini kepada International Office di universitas yang kamu minati.

 

 

Mendaftar untuk asuransi kesehatan di Jerman

Jika kamu belum memiliki asuransi kesehatan yang diakui di Jerman, kamu perlu mendaftar untuk asuransi kesehatan di Jerman. Penyedia-penyedia asuransi kesehatan di Jerman diwajibkan untuk menawarkan premi asuransi yang terjangkau untuk mahasiswa hingga berumur 30 tahun atau hingga akhir dari semester ke-14 dari perkuliahan mereka. Premi ini adalah sekitar 80 EUR dan berlaku hingga kamu telah berumur 30 tahun atau telah menyelesaikan semester ke-14. Premi asuransi berbeda-beda tergantung penyedia dan kondisi yang ditanggung.

 

Premi asuransi kesehatan wajib biasanya lebih tinggi daripada yang ditawarkan kepada mahasiswa. Jika mahasiswa kuliah ke Jerman setelah umur 30 tahun, maka premi asuransi kesehatan swasta adalah pilihan yang lebih baik karena preminya lebih rendah. German National Association for Student Affairs (DSW) telah membuat perjanjian dengan penyedia asuransi mengenai kasus-kasus ini. Untuk informasi lebih lanjut hubungi layanan mahasiswa di universitas yang kamu minati di Jerman.

 

 

Asuransi kesehatan untuk program bahasa atau foundation/persiapan kuliah

Mahasiswa yang ingin mengikuti program persiapan bahasa atau kuliah juga perlu memiliki asuransi kesehatan. Jika kamu telah memiliki European Health Insurance Card (EHIC) kamu perlu meminta informasi tentang asuransi kesehatan perjalanan tambahan. Jika kamu belum memiliki EHIC, maka kamu perlu mendaftar untuk asuransi kesehatan swasta. International Office di universitas dapat membantu untuk hal ini.

 

 

Memilih penyedia asuransi

Ada banyak penyedia asuransi kesehatan swasta yang bisa kamu pilih. Tanggungan dasar biasanya sama, yaitu:

  • menanggung biaya check-up
  • perawatan untuk sakit dan kecelakaan, dan
  • pengobatan tertentu.

 

Informasi sejelasnya tentang beragam penyedia asuransi dapat dibaca disini.

 

TIPS: DAAD menyediakan asuransi gabungan untuk kesehatan, kecelakaan dan pribadi untuk peserta pelatihan, mahasiswa dan akademisi yang ingin ke Jerman. Pemegang beasiswa DAAD secara otomatis akan menerima asuransi ini.

 

 

 

 

Mencari jurusan

Jerman
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

author image