Informasi penting
Malaysia: Info Jurusan

TUTAS: PROGRAM KONSERVATORIUM PERTAMA DI MALAYSIA UNTUK SENI PERTUNJUKAN

share image

Seni selalu menjadi bagian integral dari kebudayaan manusia dan diekspresikan dalam berbagai bentuk - seperti tulisan, lukisan, musik, tarian dan teater. Karena sifat seni yang menyentuh emosi manusia, tak heran kalau berbagai karya seni telah memperkaya dan mempersatukan masyarakat dunia. Hal ini terlihat bahkan dalam situasi tak menentu, seperti ketika masyarakat Italia yang menjalani lockdown bersama-sama bernyanyi dari rumah mereka masing-masing untuk saling menyemangati.

 

Kalau kamu merasa seni adalah hal yang penting untuk dijaga kelestariannya, mungkin kuliah jurusan seni adalah pilihan yang ideal untukmu. Nah, salah satu program menarik yang bisa kamu ambil di bidang ini ada di negara tetangga kita: Malaysia. Pada bulan Maret lalu, Taylor's University Malaysia dan The Actors Studio (TUTAS) berkolaborasi untuk meluncurkan program konservatorium pertama di Malaysia untuk Seni Pertunjukan.

 

Berbeda dengan program biasa, para mahasiswa program konservatorium ini bisa secara eksklusif memfokuskan diri pada bidang studi mereka. Hal ini memungkinkan mereka untuk mengembangkan pemahaman yang lebih mendalam tentang seni dan mendapatkan pelatihan yang spesifik dan relevan dengan spesialisasi mereka. Program ini bertujuan untuk membekali mahasiswa untuk menjalani karir di bidang teater dan seni pertunjukan dengan keterampilan serta keahlian kelas dunia. Untuk mencapai tujuan tersebut, para mahasiswa akan mempelajari berbagai pendekatan teoretis dan praktik serta metodologi teater langsung dari para pakar industri.

 

Kurikulum program konservatorium TUTAS terdiri dari 80% kerja praktek dan memiliki dua pilihan jalur yang bisa diselesaikan dalam waktu 3 tahun: Pertunjukan (Performance) atau Teater Teknis (Technical Theatre).  Jalur Pertunjukan akan berfokus pada pengembangan keterampilan teater dan pertunjukan seperti akting, penyutradaraan dan perencanaan karir mahasiswa sebagai artis teater profesional. Mahasiswa jalur ini akan belajar dengan direktur teater profesional untuk mengeksplorasi teater, mengembangkan penulisan naskah, atau melakukan program magang untuk membangun keterampilan dan berjejaring dengan para pelaku industri.

 

 

 

Mahasiswa yang mengambil jalur Teater Teknis akan dipersiapkan untuk menerapkan berbagai prinsip serta teknik artistik dan dramatis untuk mengkomunikasikan informasi, gagasan, suasana dan perasaan dramatis melalui metode teater teknis. Kurikulum jalur ini mengajarkan desain tata panggung, desain pencahayaan, desain suara, akustik teater, skenografi, manajemen properti, desain kostum, dan pengarahan teknis serta penggunaan aplikasi komputer untuk mendukung fungsi-fungsi produksi teater.

 

Pelajar yang tertarik mengambil program ini harus mengikuti proses audisi selama dua hari (yang dibagi menjadi sesi audisi grup dan sesi individu) untuk bisa diterima. Lulusan program ini bisa menjalani berbagai profesi, seperti aktor, sutradara, penulis naskah, pengajar, teknisi panggung, perancang kostum dan event manager. Selain itu, mereka juga bisa mendirikan pusat pelatihan mereka sendiri.

 

Wakil Rektor dan Presiden Taylor's University, Prof. Michael Driscoll, menyatakan "Kami percaya bahwa kemitraan kami dengan The Actors Studio akan menyediakan platform yang tepat bagi mahasiswa untuk mempersiapkan diri mereka menghadapi industri yang terus berubah serta mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang bisa mengamankan karir mereka di masa mendatang," 

 

Sejak pendiriannya di tahun 1989, The Actors Studio memiliki peran besar dalam memelihara dan memberdayakan berbagai perusahaan seni pertunjukan dan pekerja seni di Malaysia. Studio yang didirikan oleh Datuk Dr. Faridah Merican dan Joe Hasham ini turut berperan serta dalam pertumbuhan Seni Pertunjukan Malaysia dan memiliki keahlian tinggi dalam bidang ini.

 

Tertarik dengan program ini? Coba saksikan video berikut untuk mendapatkan gambaran singkat mengenai program konservatorium TUTAS:

 

 

Informasi lengkap mengenai program ini bisa kamu akses di siniKalau kamu ingin tahu beasiswa apa saja yang tersedia di Taylor's University, langsung saja klik di sini.


Masih ingin mencari program sejenis di negara-negara lain? Langsung saja daftar untuk konsultasi GRATIS dengan konselor IDP Education yang siap membantumu mendaftar dan kuliah di berbagai universitas terbaik di luar negeri!

 

 

Sumber:

My.asiatatler.com

Thestar.com.my

University.taylors.edu.my

Study in Malaysia

Gratis

eBook 'Kuliah di Malaysia'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Malaysia dalam satu buku digital praktis.

Download

Mencari jurusan

Malaysia
Sarjana