Informasi penting
Korea Selatan: Info Negara Tujuan - Wajib dibaca

Sistem Pendidikan Tinggi di Korea Selatan

9634

Seperti apakah sistem pendidikan tinggi di Korea Selatan? Pelajari terlebih dahulu sebelum kamu berangkat kuliah ke sana...

 

Memiliki lebih dari 1,100 program kuliah yang disampaikan dalam bahasa Inggris, dapat dilihat bahwa Korea Selatan sangat menyambut kedatangan mahasiswa internasional dengan menyediakan pendidikan global.

 

Seperti Jepang dan China, pemerintah Korea juga telah menunjukkan komitmen dalam menyambut mahasiswa internasional. Jika kamu bercita-cita untuk kuliah ke Korea, sekarang adalah saat yang tepat!

 

Fakta Penting

  • Terdapat lebih dari 370 institusi pendidikan tinggi di Korea Selatan
  • Tingkat melek aksara dewasa di Korea Selatan melebihi 97%
  • Lebih dari 99% anak-anak usia sekolah menghadiri sekolah di Korea Selatan berkat tingginya perhatian pemerintah dan orang tua terhadap pendidikan
  • Kebanyakan program sarjana berdurasi empat tahun, sedangkan program kedokteran, kedokteran gigi dan kedokteran oriental berdurasi enam tahun

 

Jenis universitas

Terdapat tiga jenis institusi di Korea Selatan:

  1. Universitas swasta (didirikan oleh yayasan pendidikan non-profit)
  2. Universitas negeri (didirikan oleh pemerintah lokal)
  3. Universitas nasional (didirikan dan dioperasikan oleh pemerintah pusat)

 

Institusi pendidikan tinggi di Korea secara garis besar dibagi ke dalam:

  • Kolese junior (program 2-3 tahun)
  • Universitas (Program 4 tahun)
  • Sekolah Pascasarjana
  • Cyber University

 

Dalam beberapa tahun terakhir ini, dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, universitas cyber yang bisa memberikan pendidikan dalam bentuk e-learning (pembelajaran elektronik) juga sedang berkembang.

 

Program pascasarjana (program gelar master dan doktoral) biasanya diberikan pada universitas program 4 tahun. Namun, akhir-akhir ini 'graduate schools' (perguruan tinggi pascasarjana) juga didirikan secara eksklusif untuk program-program pascasarjana tanpa ada afiliasi dengan universitas-universitas tertentu.

 

Penjelasan

1. Universitas swasta

Institusi-institusi ini dikelola oleh institusi pendidikan berbadan hukum. Terkadang, biaya kuliah lebih mahal dari universitas lain. Universitas-universitas swasta terkenal di Korea Selatan adalah:

 

2. Universitas Negeri dan Nasional

Institusi-institusi ini dikelola oleh pemerintah lokal dan pemerintah nasional Korea, dan biasanya lebih murah dari universitas swasta. Institusi-institusi negeri dan nasional yang populer adalah:

 

Universitas-universitas di Korea Selatan pada umumnya beragam dalam besar universitas dan program yang ditawarkan, baik itu adalah universitas swasta, negeri atau nasional. Jadi tidak susah untuk menemukan program kuliah yang sesuai dengan minat kamu.

 

Setelah jelas dengan sistem pendidikan tinggi di Korea Selatan, mengapa tidak memanfaatkan fitur pencarian di bawah ini dan memulai mencari program kuliah yang cocok untukmu sekarang juga?

Mencari jurusan

Korea Selatan
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS