Informasi penting
Korea Selatan: Info Jurusan

5 PILIHAN KARIR POPULER UNTUK LULUSAN BAHASA & SASTRA KOREA

share image
590

Kamu suka musik atau penggemar drama Korea Selatan? Ingin kuliah di Korea Selatan dan memahami budaya mereka lebih dalam? Jurusan sastra dan bahasa Korea Selatan adalah cara terbaik bagi kamu untuk memahami budaya Korea Selatan sambil kuliah.

 

Jurusan Sastra dan Bahasa sering kali dianggap kurang penting padahal jurusan ini banyak dibutuhkan saat ini. Berikut adalah 5 pilihan karir yang bisa kamu pertimbangkan setelah lulus nantinya:

 

1. Penerjemah

 

Perbedaan bahasa merupakan salah satu kendala yang paling umum kita alami. Dengan semakin populernya budaya Korea Selatan, banyak perusahaan yang membutuhkan jasa penerjemah/interpreter yang ahli dalam bahasa Korea Selatan.

 

Kamu dapat bekerja di perusahaan Korea Selatan yang membuka cabang di Indonesia atau sebagai staf kedutaan baik kedutaan Indonesia yang ada di Korea Selatan atau kedutaan Korea Selatan yang ada di Indonesia.

 

 

2. Pemandu Wisata

 

Dengan menjadi pemandu wisata kamu juga bisa sekalian jalan-jalan ke banyak tempat di Korea Selatan. Saat ini Korea Selatan menjadi salah satu tujuan paling populer bagi wisatawan dari Indonesia, sehingga hal ini membuka kesempatan bagi kamu untuk menemani mereka menghabiskan liburan di tempat wisata di Korea Selatan.

 

 

3. Guru

 

Kamu juga bisa membagikan keahlian bahasa Korea Selatan yang kamu miliki kepada orang lain. Kamu bisa bekerja sebagai guru les, ataupun guru bahasa di sekolah.

 

 

4. Penulis

 

Dengan belajar Sastra dan Bahasa Korea Selatan, kamu akan mendapatkan banyak pengetahuan tentang linguistik dan teknik penulisan, dan ketika lulus nantinya keahlian ini dapat kamu pergunakan sebagai seorang penulis.

Kamu bisa menulis novel, menjadi penulis konten ataupun menulis di blog kamu sendiri.

 

 

5. Konsultan Pemasaran

 

Pemasaran selalu berhubungan dengan bagaimana memahami market atau klien. Dengan mengambil jurusan di bidang sastra atau bahasa Korea Selatan, kamu akan mendapatkan paparan yang lebih dalam memahami budaya mereka yang akan memberikan keuntungan bagi kamu dalam mengambil atau membuat strategi pemasaran yang tepat bagi perusahaan kamu.

 

Tertarik untuk mengambil jurusan Sastra dan Bahasa Korea Selatan? Kamu bisa mengambil Korean Language & Culture Program di Seoul National University.

 

 

 

Korean Language & Culture Program pertama kali dikembangkan oleh Institusi Pendidikan Bahasa Seoul National University pada tahun 1969 untuk menyediakan pelatihan bahasa Korea intensif bagi mahasiswa internasional yang mendaftar ke universitas Korea Selatan dan mereka yang ingin untuk mempelajari budaya dan bahasa Korea Selatan. Sejak saat itu lebih dari 28.000 mahasiswa dari lebih dari 90 negara lulus dari program ini. Saat ini lebih dari 3.000 mahasiswa internasional mengambil program ini setiap tahunnya.Terdapat 3 Program yang ditawarkan yaitu:

 

 

1. Program Reguler

 

Pusat Pendidikan Bahasa Seoul National University menawarkan program selama 10 minggu bagi warga asing atau mahasiswa internasional. Mahasiswa dapat memulai program ini setiap waktu. Semua mahasiwa diwajibkan untuk mengambil tes penempatan, sehingga mereka akan masuk ke kelas yang sesuai dengan kemampuan mereka. Mahasiswa yang masuk ke dalam program ini berhak untuk mendapatkan General Short-Term Visa (C-3) atau General Student Visa (D-4). Pusat Pendidikan ini juga menawarkan akomodasi bagi mahasiswa internasional.

 

 

2. Program Pelatihan Guru

 

Seoul National Univeristy juga menawarkan Program Pelatihan Guru Bahasa Korea Selatan yang bertujuan untuk memupuk tenaga ahli asing yang akan menyediakan pendidikan bahasa Korea Selatan baik di dalam dan luar negeri, sehingga berkontribusi terhadap semakin berkembangnya bahasa dan budaya Korea Selatan secara domestik dan global.

 

 

3. Program Jangka Pendek

 

Tersedia juga program jangka pendek bagi mereka yang ingin belajar bahasa Korea Selatan untuk penggunaan sehari-hari. Mereka yang memilih untuk mengambil program jangka pendek ini tidak bisa mendapatkan visa pelajar.

 

 

 

 

Sumber:
Useoul.edu
Mezzoguild.com
Bachelorsportal.com

 

 

 

 

 

 

Mencari jurusan

Korea Selatan
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

author image