Informasi penting
Korea Selatan: Pendaftaran Universitas

CARA MENDAFTAR KULIAH S1 KE KOREA SELATAN

10885

Universitas-universitas Korea menerima pendaftaran dari mahasiswa internasional, baik secara online, maupun via pos. Jika kamu berencana untuk kuliah ke Korea, ini ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebelum mendaftar:

 

 

GELOMBANG MASUK DAN BATAS AKHIR PENDAFTARAN

 

 

Dalam satu tahun terdapat 2 gelombang masuk di Korea Selatan: Maret dan September. Batas akhir pendaftaran untuk gelombang masuk Maret adalah September atau November satu tahun sebelumnya. Misalnya kamu ingin memulai kuliah di bulan Maret 2018, maka kamu harus telah mendaftar sebelum bulan September atau November 2017. Untuk penanggalan pasti, kamu bisa cek di situs universitas.

 

Batas akhir pendaftaran untuk gelombang masuk September adalah Mei atau Juni di tahun yang sama.

 

 

 

SEMESTER DAN LIBURAN

 

 

Satu tahun terbagi menjadi dua semester, dan terdiri dari dua kali liburan: liburan musim panas (Juli – Agustus), dan liburan musim dingin (Desember – Februari).

 

Durasi program kuliah S1 pada umumnya adalah 8 semester (4 tahun). Untuk jurusan yang berhubungan dengan kedokteran lebih lama, yaitu 12 semester (6 tahun).

 

 

 

BIAYA KULIAH

 

 

Biaya kuliah sama untuk mahasiswa lokal dan mahasiswa internasional. Pada umumnya, biaya kuliah S1 di universitas negeri mulai dari USD 2,000 hingga USD 4,500 per semester. Biaya kuliah jurusan sastra lebih murah dibandingkan dengan jurusan lain. Seperti pada umumnya, jurusan yang paling mahal adalah jurusan kedokteran.

 

Biaya kuliah di universitas swasta berkisar antara USD 3,000 – 6,000 per semester. Biaya kuliah di universitas-universitas yang masuk dalam 16 besar terbaik di peringkat internasional rata-rata adalah USD 6,800 per semester.

 

 

 

BAHASA PENGANTAR

 

Mayoritas program kuliah disampaikan dalam bahasa Korea. Hanya ada sekitar 25% program kuliah yang disampaikan dalam bahasa Inggris. Jadi, jika kamu berencana untuk kuliah ke Korea, kamu perlu mempersiapkan diri dari jauh-jauh hari. Universitas juga akan meminta bukti/sertifikat kelancaran berbahasa Korea, atau pada umumnya disebut TOPIK (Test of Proficiency in Korea).


 

 

CARA & PERSYARATAN MENDAFTAR KE PROGRAM S1 DI KOREA SELATAN

 

 

1. Lengkapi formulir pendaftaran. Kamu bisa mengunduh formulir pendaftaran di situs universitas, kemudian melengkapinya sesuai petunjuk.

 

2. STTB dan transkrip nilai, dan sertifikat/prestasi yang telah kamu capai. Jika mendaftar untuk jurusan kreatif, kamu perlu menyertakan portofolio.

 

3. Bukti kelancaran berbahasa Korea (TOPIK minimal level 3)atau berbahasa Inggris (skor minimal: TOEFL (PBT 550, CBT 213, iBT 80), TEPS 551, IELTS 5.5).  

 

4. Fotokopi paspor. Jika pada saat mendaftar belum memiliki paspor, bisa diganti dengan dokumen yang menunjukkan kewarganegaraan, misalnya KTP.

 

5. Fotokopi paspor orang tua. Jika tidak memiliki paspor, bisa diganti dengan dokumen yang menunjukkan kewarganegaraan, misalnya KTP.

 

6. Fotokopi kartu keluarga

 

7. Bukti kesanggupan finansial (biasanya universitas menyediakan formulir khusus yang bisa kamu unduh di situs mereka).

 

8. Personal Statement dan Study Plan (biasanya universitas menyediakan formulir khusus yang bisa kamu unduh di situs mereka).

 

9. Surat rekomendasi. Surat harus ditandatangani oleh penulis referensi, dan dimasukkan dalam amplop yang disegel (jika kamu mengirim via pos). Jika kamu mendaftar secara online, universitas biasanya menyediakan formulir khusus yang bisa kamu unduh di situs mereka.

 

10. Referensi Konselor. Surat ini bisa dituliskan oleh kepala sekolah atau pihak lain selain yang menuliskan surat rekomendasi. Sama halnya seperti surat referensi,  surat harus ditandatangani oleh penulis referensi, dan dimasukkan dalam amplop yang disegel (jika kamu mengirim via pos). Jika kamu mendaftar secara online, universitas biasanya menyediakan formulir khusus yang bisa kamu unduh di situs mereka.


 

 

TIPS UNTUK MENDAFTAR:

 

 

1. Kamu bisa mendaftar secara online atau mengirimkan berkas pendaftaran via pos.

2. Pelajari dengan seksama langkah-langkah pendaftaran di situs universitas dan dokumen yang harus dipersiapkan sebelum mendaftar.

3. Cek apakah universitas yang kamu tuju mewajibkan kamu untuk mengikuti ujian masuk (biasanya sekitar bulan Oktober).

3. Daftar seawal mungkin karena kamu mungkin membutuhkan waktu ekstra untuk mengikuti ujian masuk (jika perlu) dan untuk pengajuan visa pelajar.

 

 

Sumber:

 

Mencari jurusan

Korea Selatan
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS