Informasi penting
Korea Selatan: Pendaftaran Universitas

LANGKAH-LANGKAH MENDAFTAR KULIAH S2 KE KOREA SELATAN

3398

GELOMBANG MASUK

Satu tahun dibagi menjadi dua semester dan dua kali liburan: Juli hingga Agustus dan Desember Hingga Februari. Terdapat 2 gelombang masuk per tahun di Korea Selatan: Maret dan September.

 

 

WAKTU PENDAFTARAN

 

 

Batas akhir pendaftaran untuk gelombang masuk Maret adalah September atau November satu tahun sebelumnya. Misalnya kamu ingin memulai kuliah di bulan Maret 2018, maka kamu harus telah mendaftar sebelum bulan September atau November 2017. Untuk penanggalan pasti, kamu bisa cek di situs universitas. Batas akhir pendaftaran untuk gelombang masuk September adalah Mei atau Juni di tahun yang sama.

 


 

DURASI KULIAH

Perkuliahan S2 di Korea Selatan biasanya memerlukan dua tahun, tergantung institusi dan jurusan. Mahasiswa harus menyelesaikan 24 kredit (sejenis SKS) dan lulus ujian akhir.  Selain itu mahasiswa juga harus menulis tesis agar dapat menerima gelar S2. Tesis ini akan dinilai oleh kelompok penguji yang terdiri dari 3 orang.

 


 

BAHASA PENGANTAR

 

Universitas Korea juga menyediakan program kuliah yang disampaikan dalam bahasa Inggris, atau sebagian dalam bahasa Inggris. Akan tetapi pilihan jurusannya lebih terbatas daripada program kuliah yang disampaikan dalam bahasa Korea.

Sebelum mendaftar, pastikan kamu telah konfirmasi dengan universitas apakah jurusan pilihanmu mewajibkan keahlian berbahasa Korea. Jika perlu, kamu perlu mencari tahu skor minimal ujian kelancaran berbahasa Korea yang diminta. Ujian ini dikenal dengan sebutan Test of Proficiency in Korean (TOPIK).

Universitas Korea menyediakan kursus bahasa Korea bagi mahasiswa internasional yang biasanya berupa kelas intensif dengan durasi 3 -10 minggu.  



 

 

CARA & PERSYARATAN MENDAFTAR KULIAH S2 DI KOREA SELATAN

 

 

Mahasiswa dapat mendaftar secara online di situs universitas, atau mengirimkan via pos ke alamat yang ditentukan universitas.

 

 

Persyaratan mendaftar:

 

1.  Melengkapi formulir pendaftaran, bisa secara online, atau unduh dan cetak dari situs resmi universitas yang ingin kamu tuju.

 

2. Telah lulus S1 dengan predikat yang memuaskan. Universitas Korea memberlakukan standar yang cukup tinggi. Universitas mungkin meminta minimum IPK 3.5-4.0. Jika kamu memegang gelar S1 dari universitas luar negeri, maka persyaratan minimalnya adalah predikat first class honour/GPA A-.

 

3. Study plan dan pengenalan diri. Study plan harus menerakan dengan jelas target akademik dan cita-cita karir, mengapa kamu memilih jurusan ini dan bagaimana jurusan ini bisa membantumu.

 

4. Surat rekomendasi dari dosen di tempat kamu menyelesaikan gelar S1.

 

5. Transkrip nilai dan sertifikat S1. Jika kamu mendaftar untuk jurusan kreatif perlu juga menyertakan portofolio.

 

6. Fotokopi paspor

 

7. Bukti kelancaran berbahasa Inggris/ Korea (sesuai permintaan universitas). Biasanya untuk bahasa Korea, universitas akan meminta skor minimal TOPIK level 3. Persyaratanberbahasa Inggris: TOEFL PBT 550, IBT 80; IELTS 5.5; TEPS 551.

 

8. Bukti kesanggupan finansial (minimal USD 10,000), serta surat keterangan usaha/kerja pemberi dana.


 

 

 

BIAYA KULIAH S2 DI KOREA SELATAN

 

 

 

 

Seperti pada umumnya, jurusan dengan biaya kuliah terendah adalah jurusan sastra, dan jurusan termahal adalah jurusan kedokteran. Berikut adalah kisaran biaya kuliah per semester:

  • Di univeristas negeri/nasional: 2,700,000 - 4,250,000 won

  • Di univeristas swasta: 4,000,000 - 7,000,000 won

Perlu diingat satu tahun terdiri dari 2 semester.

 

 

BIAYA LAINNYA

  • Biaya pendaftaran sekitar 50,000 hingga 160,000 won

  • Asuransi wajib 21,000 won per bulan.

  • Kursus bahasa Korea: 850,000 won untuk kelas intensif 3 minggu, dan 1,500,000 won untuk kelas 10 minggu.


 

Sumber:
 

Mencari jurusan

Korea Selatan
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS