Hero Image

Universiti Tunku Abdul Rahman (UTAR)

Malaysia Malaysia

DILIHAT 26,533 KALI

Join us at Universiti Tunku Abdul Rahman (UTAR)

Universiti Tunku Abdul Rahman (UTAR)

Kunjungi situs

Ikhtisar

Sebagai universitas swasta terkemuka di Malaysia, Universiti Tunku Abdul Rahman (UTAR) telah membangun reputasi sebagai lembaga yang unggul dalam pengajaran dan penelitian.

UTAR menawarkan lebih dari 110 program akademis yang tersebar di sembilan fakultas, tiga pusat kajian, dan tiga institut. UTAR dikenal akan program-program berkualitas tinggi di bidang ilmu pengetahuan budaya, ilmu pengetahuan alam, teknik, dan teknologi, yang menekankan pada pembelajaran praktek, penelitian, dan pengembangan keterampilan hidup.

Melalui inisiatif Penelitian, Pengembangan, dan Komersialisasi, UTAR membangun jaringan penelitian global yang terdiri dari 32 pusat kajian. Budaya penelitian yang kuat ini telah membuka jalan bagi terbentuknya Skema Penelitian Sarjana (UTAR), yang memungkinkan mahasiswa untuk mengikuti program pelatihan penerapan proyek penelitian secara terstruktur.

Dengan kolaborasi formal dengan lebih dari 330 universitas dan mitra industri, pendidikan UTAR telah membuka banyak peluang bagi para mahasiswa. 95% lulusan UTAR telah diterima dalam waktu enam bulan pasca kelulusan.

UTAR memiliki lebih dari 24.000 mahasiswa dari seluruh dunia, menawarkan pengalaman belajar yang dinamis di kedua kampusnya. Kampus Kamper UTAR di Perak merupakan kampus yang meraih penghargaan dan berlokasi di lokasi yang menawan, diapit oleh gunung dan danau yang indah sehingga memberikan suasana yang damai dan tenang. Kampus Sungai Long di Selangor, merupakan fasilitas mutakhir dan dibangun khusus di luar kota Kuala Lumpur yang semarak.

Berada di peringkat 600 besar Times Higher Education (THE) University World Rankings, dan peringkat ke-2 di antara universitas negeri dan swasta di Malaysia, UTAR merupakan lembaga dengan reputasi yang terus berkembang. UTAR memiliki nilai bintang lima sebagai universitas yang berkembang di Setara 2017 Rating System for Malaysian Higher Education.

Biaya kuliah rata-rata per tahun

S1
Biaya tercantum adalah untuk tujuan indikatif saja, hubungi institusi untuk lihat rinciannya

RM18.110

S2/S3
Biaya tercantum adalah untuk tujuan indikatif saja, hubungi institusi untuk lihat rinciannya

RM16.730

Biaya per tahun

Biaya hidup

RM12.900

Akomodasi kampus

RM4.500

Kenapa harus belajar di sini?

Kenapa harus belajar di sini?

Ada banyak alasan untuk memilih UTAR sebagai destinasi kuliah di luar negeri:

  • UTAR meraih pengakuan global, dan berada di peringkat 600 besar di dunia dan ke-2 di Malaysia, berdasarkan Times Higher Education World University Rankings 2019.
  • UTAR fokus pada mempersiapkan mahasiswa untuk karir di dunia yang mengglobal.
  • UTAR menawarkan lingkungan belajar internasional yang multibudaya, mendorong keterampilan sosial dan paparan global mahasiswa.
  • Seluruh program yang ditawarkan di UTAR telah terakreditasi dan diakui; diajar oleh para dosen berkelas dengan ruang kelas dan fasilitas belajar yang modern.
  • Mahasiswa UTAR mendapat manfaat dari pendidikan berfokus pada industri dan meraih paparan dari program magang, kunjungan industri, bincang dengan para praktisi, dan masih banyak lagi.
  • UTAR juga memiliki jaringan kerjasama yang luas dengan berbagai universitas lainnya, menawarkan mahasiswa program kuliah di luar negeri.
  • UTAR membantu mahasiswa bukan penutur asli Bahasa Inggris dengan pengembangan keterampilan Bahasa Inggris yang dibutuhkan untuk tingkat perkuliahan.
  • Mahasiswa juga dapat memanfaatkan banyak layanan dukungan mahasiswa, termasuk konseling dan arahan karir, layanan penjemputan, layanan kesehatan, dan komunitas alumni yang besar.
Kampus-kampus

Kampus-kampus

UTAR memiliki dua kampus – Kampus Kampar di Perak dan Kampus Sungai Long di Klang Valley. Kedua kampus mengakomodasi gedung-gedung perkuliahan, serta pusat kajian dan pusat pembelajaran. Berlokasi dua jam perjalanan darat dari Kuala Lumpur, Kampus Kampar UTAR dikelilingi oleh gunung dan danau yang indah, serta lingkungan yang menakjubkan dan damai yang memperkaya pengalaman belajar. Kota Kampar juga menawarkan berbagai restoran, pertokoan, dan supermarket. Mahasiswa di kampus ini mendapatkan yang terbaik dari kedua dunia. Selain ruang perkuliahan besar yang banyak, Kampus Kampar juga dengan bangga memiliki gelanggang olahraga multiguna dan perpustakaan.

Kampus Sungai Long UTAR berlokasi di Bandar Sungai Long, sebuah kota dekat Kuala Lumpur. Kampusnya yang modern dengan fasilitas-fasilitas mutakhir, termasuk perpustakaan, laboratorium belajar dan mengajar, dan bengkel kerja. Kampus ini menawarkan lingkungan yang tenang dan terpadu untuk belajar di mana mahasiswa dari berbagai disiplin dapat berinteraksi dan belajar bersama secara harmonis. Mahasiswa dapat dengan mudah menjangkau fasilitas-fasilitas, seperti bank, akomodasi, pusat layanan kesehatan, pusat perbelanjaan, restoran, dan pusat hiburan lain di Kuala Lumpur.

Kualitas Pengajaran

Kualitas Pengajaran

Dengan lebih dari 2.000 staf akademis dan administratif, standar pengajaran UTAR yang terbaik. Seluruh programnya telah disetujui oleh Kementerian Pendidikan Malaysia. UTAR juga mengundang lebih dari 120 praktisi dari berbagai industri untuk memastikan seluruh programnya diperbarui sesuai dengan standar internasional. Kurikulum UTAR juga sesuai dengan teknologi paling mutakhir, seperti kecerdasan buatan dan realitas virtual; dengan bidang-bidang seperti analisis data besar dan e-commerce.

UTAR secara konsisten meningkatkan kualitas kinerjanya melalui proses perbandingan internasional; di mana lebih dari 80 panel penguji eksternal dan penasihat industri dari seluruh dunia terlibat dalam menganalisis cara untuk mempertahankan pendidikan kelas dunia di UTAR.

Mahasiswa S1 UTAR meraih paparan unik ke pengalaman industri dan penelitian. Mereka mendapatkan pelatihan industri wajib, yang membantu mereka menghubungkan teori dengan dunia nyata. Mahasiswa juga dapat mengikuti berbagai proyek penelitian melalui Program Penelitian Sarjana.

Kerjasama UTAR dengan lebih dari 330 universitas dan perusahaan di 27 negara membuka peluang bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman global melalui program kuliah di luar negeri, sinau wisata, konferensi, proyek penelitian, dan masih banyak lagi.

Fasilitas

Fasilitas

UTAR memberikan mahasiswa dengan fasilitas terkini yang meningkatkan pengalaman belajar, termasuk laboratorium penelitian, praktek, dan proyek yang dilengkapi dengan lebih dari 3.000 komputer dan perangkat lunak terbaru. Mahasiswa juga mendapatkan manfaat dari internet nirkabel yang tersedia sepanjang waktu di kedua kampusnya. Dua perpustakaan universitas memiliki lebih dari 430.000 bahan bacaan perkuliahan, termasuk buku, buku elektronik, dan jurnal online. Perpustakaan juga menyelenggarakan kelas literasi informasi yang melatih mahasiswa cara untuk mencari informasi.

UTAR mendorong keterlibatan mahasiswa di bidang olahraga melalui berbagai fasilitas di dalam kampus. Mahasiswa dapat menggunakan lapangan dan kompleks olahraga untuk bermain badminton, tenis, basket, dan squash. Dengan lapangan golf dan kolam renang di luar kampus, serta studio tari dan ruang olahraga dengan peralatan lengkap di dalam kampus, terdapat berbagai fasilitas kebugaran yang dapat dipilih di UTAR.

Kampus UTAR di Kampar dan Sungai Long berlokasi di sekitar pemukiman, di mana mahasiswa dapat menemukan akomodasi modern dengan jarak sekitar 300 meter hingga 1,5 km dari kampus.

Dukungan Mahasiswa

Dukungan Mahasiswa

Menjadi rumah bagi banyak bangsa, UTAR berkomitmen untuk meningkatkan pengalaman mahasiswa internasional. Mulai dari pendaftaran hingga kelulusan, UTAR membantu mahasiswa internasional di setiap tahap perkuliahan mereka di universitas.

Beberapa layanan yang UTAR tawarkan, antara lain sesi penjemputan di bandara bagi mahasiswa tahun pertama dan bantuan untuk beradaptasi dengan akomodasi. Universitas juga menyelenggarakan program orientasi, dengan acara dan aktivitas yang ditujukan untuk mengembangkan jejaring di antara mahasiswa baru.

Mahasiswa dapat memanfaatkan layanan UTAR dengan terlibat dengan salah satu dari 75 klub dan organisasi kemahasiswaan yang bersifat akademis maupun non-akademis. Klub mahasiswa terdiri dari klub olahraga, musik, drama, film, yoga, karatedo, dan masih banyak lagi. Beberapa kompetisi antar klub dan antar universitas memungkinkan mahasiswa mengembangkan bakat dan minat ekstrakurikuler mereka.

UTAR menjamin keselamatan dan keamanan mahasiswa dalam kampus dan merawat mahasiswa melalui beberapa kampanye kesadaran mengenai pertolongan pertama, keadaan darurat, manajemen stres, dan masih banyak lagi. Mahasiswa juga dapat menghubungi layanan konseling rahasia universitas untuk mendapatkan bantuan emosional ataupun personal dari konselor berlisensi.

Hasil Kelulusan

Hasil Kelulusan

95% mahasiswa UTAR telah bekerja dalam waktu 6 bulan setelah kelulusan. Universitas menyelenggarakan pendidikan berkualitas bagi mahasiswanya serta mengembangkan keterampilan kerja dan pengetahuan lain yang dicari oleh para atasan kerja.

Selain itu, UTAR menawarkan banyak peluang untuk pengalaman praktek, melalui kunjungan industri, magang, dan program kuliah di luar negeri yang diselenggarakan bersama dengan lebih dari 330 universitas dan perusahaan di seluruh dunia. Mahasiswa dapat memanfaatkan peluang ini untuk mengembangkan jejaring dan meraih keterampilan yang dibutuhkan di industri.

UTAR juga memberikan mahasiswa peluang untuk mengembangkan keterampilan kewirausahaan. Mahasiswa dapat memanfaatkan Unovate Centre, di mana mereka dapat mengajukan pendanaan bagi ide bisnis inovatif. Universitas juga menyelenggarakan Serial Bincang Kewirausahaan, lokakarya, dan masih banyak lagi.

Komunitas alumni universitas terdiri dari lebih dari 56.000 lulusan – sebagian besar mereka telah bekerja di institusi terkemuka. UTAR menyelenggarakan program penempatan kerja bagi mahasiswa tahun akhir dan mengembangkan hubungan antara alumni dan mahasiswa. Sebagai bagian dari inisiatif tersebut, universitas mengadakan berbagai bursa kerja dan lokakarnya; serta menginformasikan mahasiswa mengenai lowongan pekerjaan secara berkala.

Ulasan mahasiswa

Pengalaman secara keseluruhan

Proses penerimaan

Pembiayaan dan beasiswa

Pengalaman studi

Pengalaman hidup

Prospek pekerjaan

Apa kata mahasiswa...

Belum ada ulasan untuk universitas ini.

Jadilah yang pertama untuk menulis.

Tulis ulasan

Fakta-fakta kunci

Peringkat

Times Higher Education World University Rankings 2018-2019
Sumber: THE

501st

Persyaratan skor bahasa Inggris

Skor IELTS Minimum

5.0S1

5.0S2/S3

TOEFL IBT minimum

34S1

34S2/S3

Temukan pusat tes IELTS terdekat kamu

Profile image1
close